STRESS DAN CARA PENANGULANGANNYA

http://ejawantahnews.blogspot.com/2013/05/stress-dan-cara-penangulangannya.html
Stress Dan Cara Penanggulangannya. - Berbicara tentang stres, setiap orang pasti berbeda dan punya cara tersendiri dalam menangani tingkat stresnya, walau sebuah jalan keluar yang akan di hadapai dalam melewati masa proses tersebut tidak dapat dikatan hal mudah.

Terkadang kita mengalamai hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti sedang memikirkan sesuatu yang tidak ada berujung pangkal, munculnya rasa khawatir yang berlebihan jika masalah belum dapat terselesaikan dan segala macam pemikiran dan perasaan yang pada akhirnya akan membuat diri kita menjadi stress.

Berbicara mengenai hal ini memang sangat mengasyikan, apalagi bila hal ini menjadi bahan perbincangan diskusi ringan. Seperti perbincangan pada malam hari ini di bilangan daerah Kota Bekasi, salah satu rumah orang tua angkat penulis.


Dimana penulis mengenal beliau sudah lama. Dalam obrolan ringan ini beliau memberitahukan kepada penulis bahwa ada beberapa gejala ciri-ciri yang dapat dilihat pada diri manusia pada saat dia mengalami tingkatan stres dalam kehidupannya.

  1. Jantung orang tersebut sering megalami berdebar tidak seperti biasanya.
  2. Berkeringat dingin atau merasa menggigil di seitaran tubuh.
  3. Mulut terasa kering dan merasakah selalu ada rasa haus.
  4. Sakit perut atau pun nyeri pada perut bagian atas.
  5. Sering merasakan kelelahan, walau mengerjakan pekerjaan yang ringan.
  6. Sakit kepala tanpa sebab dan datangnya tiba-tiba.
  7. Mudah tersinggung dalam pergaulan.
  8. Merasakan sakit nyeri seluruh otot badan yang tidak biasa.
  9. Kurang rasa humor
  10. Kurang nafsu makan, kesenangan atau pun sek menurun.
  11. Makan terlalu berlebihan dari pada biasanya atau terlalu sedikit.
  12. Kurang punya waktu untuk menjalan hobi atau pun kebiasaan.
  13. Merasa tidak mampu mengatasi permasalahan apapun tanpa mau mencoba.
  14. Kurang tertarik untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan selalu menghindar
  15. Kurang percaya terhadap penampilan diri
  16. merasa segala sesuatu tidak berguna
  17. Selalu merasa kehilangan dan sedih
  18. Selalu menjadi pelupa.
  19. Sulit tidur, tidur tidak nyaman dan mudah terbangun, bila bangun dari tidur badah merasa tidak segar seperti biasa.
Nah teman-teman itulah beberapa gejela stress yang sering tiba-tiba muncul tanpa sebab yang selalu dialami oleh makhluk hidup, dan hal ini bisa juga menyerang kepada diri kita dan tingkatan stress itu dapat terjadi pada hampir semua umur, misalnya saja stress pada anak-anak yang masih belia, remaja, dewasa, setengah baya bahkan pada usia orang yang sudah berumur pun akan dapat mengalami tingkat stress.

Lanjut ,,,,,,,,,
Keterangan dari beliau, yang menjadi masalah utama  banyak orang, baik itu di lingkungan pekerjaan karena banyaknya tekanan dan tanggung jawab yang harus diterima oleh mereka. Atau hal lain yang  dapat timbul dalam masalah rumah tangga disebabkan hubungan yang kurang harmonis, masalah belanja rumah atau mungkin masalah dalam mengurus anak dan masih banyak lagi lainnya.

Suatu hal yang beliau garis bawahi disini, bahwa pada dasarnya ketika kita mengalami masalah seperti ini, berarti kita sedang megalami proses pendewasaan diri dalam menghadapi sebuah tantangan hidup yang harus kita lalui untuk mendapatkan jawabannya.

Stress,,,,,,
Merupakan suatu perkara yang tidak perlu dicegah, karena hal ini akan berjalan secara alami oleh setiap individu kita sebagai manusia. Yang terpenting adalah  bagaimana kita dapat mencegah stress agar tidak berlebihan.

Tentunya hal pencegahan stress agar tidak mudah berdampak lebar dan berlebihan, yang harus kita pelajari adalah, untuk langkah awal, kenalilah setiap akar permasalahan yang timbul dari ciri-ciri setiap gejala stress yang timbul dalam diri kita (lihat diatas). Stelah itu lakukanlah beberapa langkah ringan sebagai korekasi diri untuk melangkah ke depan.
  1. Dengan mengingat kembali apa yag menjadi tujuan atau pun cita-cita hidup kita sekarang ini,
  2. Kembangkan hobi yang dimiliki oleh diri kita, tentunya hal ini dapat berkembang dengan kita berkumpul bersama dalam sebuah wadah komunitas yang memiliki hobi yang sama.
  3. Kurangi prilaku kebiasaan yang kurang baik, dan perbanyak kebiasaan prilaku positif dalam hidup.
  4. Tingkatkan komunikasi yang positif secara intens dengan orang-orang yang berkompeten dalam hal ini.
  5. Perhatikan lingkungan sekitar kita, bila lingkungan dirasa kurang mendukung, maka carilah pergaulan di lingkungan yang dapat mengarahkan kita dalam al yang positif.
  6. Peliharalah kesehatan dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang berprotein dan bergizi cukup.
  7. Menyadari diri dengan melakukan intropeksi diri dengan berani melihat kebelakang dalam kejujuran sebagai cermin diri kita, bahwa kita masih banyak kekurangan.
  8. Kembali kepada jalan agama untuk dapat hidup tertip sesuai denga apa yang diajarkan dan diperintahkan dalam ajaran di setiap agama.
Dalam mengakhiri obrolan ringan antara penulis dengan beliau, belaiu berpesan bahwa,  dalam hidup ini kita akan selalu mendapatkan suatu perbedaan pendapat dan prinsip, maka hal itu tidak perlu dipertajam hingga menimbulkan permusuhan dan dimasukan dalam hati sehingga menjadi pemikiran yang dalam. 

Dikarenakan persoalan yang dihadapi dalam hidup ini tidak akan pernah selalu berhenti di satu titik. Problem lama hilang berganti dengan problem baru muncul. 

"Satu hal yang perlu kita sadari dalam hidup selalu ada masalah, dan akan selalu ada ujian. Bila hidup tanpa adanya masalah maka diri kita sudah tidak lagi bisa dikatakan sebagai makhluk hidup." 


Menyikapi dalam akhir obrolan ringan ini, penulis berpendapat bahwa apa pun masalahnya bila hal ini yang tidak lagi relevan sudah seharusnya kita tinggalkan, karena kehidupan akan selalu terus tetap berjalan seperti air yang akan terus mengalir hingga menuju hulu kehidupan akhir

Namun, apakah suatu masalah itu akan dapat menimbulkan suatu  tingkat kenyamanan pada psiskologi kita yang akan membawa diri kita menuju ketentraman dan kedamaian dalam hidup ?, minimal kita sudah melakukan hal yang terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada.

Dan jalan terbaik dalam hal penangulangan setiap permasalahan tingkat stress yang terbaik adalah kembali tertip dalam melakukan setiap apa yang diajarkan dan dianjurkan oleh perintah dan larangan agama yang kita anut.

Semoga hasil obrolan ringan penulis bersama nara sumber ini akan  dapat memberikan solusi jalan baik bagi rekan-rekan yang sedang mencari jalan keluar dalam hal menanggulangi tingkat permasalahan hidup yang membuat diri kita mengalami pada masa tingkat stres ini.

Bagaiamana dengan pendapat sahabat yang lain tentang masalah ini ? Silahkan berbagi pengalaman dan masukan dalam hal menanggulangin dan mengatasi stress, semoga hal ini dapat membantu rekan-rekan kita yang lain yang sedang menceri solusi dalam negatasi permasalahan hal stres.[]

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

10 komentar

dari 19 tanda diatas wah aku punya 10 mas apa aku stress ya, he he becanda mas terimakasih atas sharenya semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah

Ye,,,,, ya Kang. Jangan dibuat serius ah. Nanti malah kita jadi stress. ha,,,,x9

Salam

Stres kadang timbul karena masalah psikis juga. Yang repot lingkungan sekitar kadang tidak memahami jika kita sedang mengalami tekanan atau stres itu.
Simplenya dari 19 itu kita balikaan keadaan dengan melakukan hal-hal kebalikannya. Tapi ya itu .. kadang permasalahan timbil untuk menyelesaikannya tidak sesimple yang kita kira. Satu sama lain kondisional sekali.
Saya setuju tuh dengan mencoba mendisiplinkan diri untuk tertib. Berusaha sekuat mungkin dengan dibarengi rasa syukur dan mencoba dengan hal-hal kecil yang mengasyikan.
Trims Mas artikelnya menarik.

Sama-sama Pak. Dan terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak dalam kolom komentar ini.

Salam,

Sutressss... skarang orang makin banyak dan cepat sutres.. yg disebabkan pengaruh kejiwaan n lingkungan...jaman dah berubah banyak ya...

Perubahan yang tidak dapat di sesuaikan dengan kesiapan peiskologis manusianya itu sendiri kali ya Kang. Sukses selalu,

Salam,

positive thinking jg yah spy ga stres :)

stress bisa diatasi dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, kalo stress akibat kebanyakan kerja ya refreshing dulu, hehe.. jangan memburu harta mulu Pak, qiqiqi
salam

Wah, kalo ini sih SAYA banget!
Banyak hal bisa bikin kecewa, dan jika dibiarkan bisa menjadikan sumber stres baru.

stress biasanya hadir di saat kita menghadapi masalah diluar batas kemampuan kita, dan kita merasa sulit untuk mencari solusinya, apalagi kalau ternyata kita juga suka lupa berdoa dan bersandar hanya kepada ALLAH SWT :-)

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus