MUSEUM BENTENG VREDEBURG WISATA SEJARAH


Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang pada awalnya merupakan tansi militer bala tentara pemerintahan Belanda. Benteng Vredeburg dibangun oleh VOC pada tahun 1765 pada waktu masa penjajahan Belanda.  

Benteng Vreburg terletak di depan bangunan Gedung Agung Yogyakarta, tepatnya di ujung sebelah selatan Jalan Malioboro. Kali ini penulis akan berbagi informasi tentang pengalaman wisata bersejarah di daerah Kota Yogyakarta.

Benteng Vredeburg dibangun untuk menahan serangan dari Keraton Yogyakarta. Dengan parit yang mengelilinginya benteng vredeburg yag berbentuk segi empat ini memiliki menara pengawas di keempat sudutnya dan kubu yang memungkinkan tentara Belanda berjalan berkeliling untuk berjaga-jaga dan melepaskan tembakan jika diperlukan.

Sebelumnya Benteng Vredeburg memiliki nama Benteng Rustenburg yang berarti Benteng Peristirahatan. Setelah itu di rumah menjadi Benteng Vredeburg yang berarti Benteng Perdamaian dan dijadikan museum setelah direnovasi sesuai aslinya.

Benteng Vredeburg menyimpan berbagai koleksi seperti diorama perjuangan dan benda-benda berejarah serta foto dan lukisan tentang perjuangan nasional ketika merintis, mencapai dan mempertahankan kemerdekaan, serta dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Sebagai salah satu tempat peninggalan bersejarah Benteng Vredeburg sampai sat ini dijaga dan dirawat dengan baik. Benteng Vredeburg sangat mudah dikunjungi di darah Kota Yogyakarta. bila kita melakukan wisata sejarah di sini, maka kita tidak perlu khawatir dengan jajanan makan dan minuman, dikarenakan benteng vredeburg letak lokasinya berdekatan dengan tempat keramaian dekat dengan pasar Beringharjo.


Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

17 komentar

Museum Jendela Kebudayaan :). Dimesum tersimpan berbagai kebudayaan yang dpt kita pelajari.. seperti Mesum Vredeburg yg dari namanya jelas berasal dari bahasa belanda :)

Saya malah belum pernah masuk Pak...
Cuma lewat2 saja.

@ Eel Pecidasase >>> Yups....:)! Semoga bangsa ini dapat selalu mengenal sejarah dan manghargai sejarah dan budayanya yang telah membentuk dan membesarkannya. Sukses selalu.

@ marsudiyanto >>> :) Nanti kalau pak Mars main ke Yogya atau pun membawa rombongan sekolah untuk melakukan wisata budaya dan sejaran ke Yogya dan sekitarnya ini dapat sebagai bahan resensi wisata Pak. Sukses selalu Pak.

aduh~
jogja lagiiiii.....

brasa di jogjaa :)

@ jiah al jafara >>> :) banyak juga orang yang belum mengetahui tentang yang satu ini loh Mba. Sukses selalu.

dulu kalo ke jogja sering tongkrong didepanya

@ soewoeng >>> Semoga hal ini dapat mengingatkan kenangan itu, sukses selalu.

Benteng perdamaian ...jadi tujuan kunjungan ke Yogya berikutnya. Trimakasih mas Indra tlah berbagi. Salam

@ prih >>> jadwal sangat padat untuk berkunjung ke kota Jawa Tengah Sob, sukses selalu

Museum sebagai tempat wisata dan belajar sejarah ya Pak...

Aku belum pernah kemari ;)

@ Yunda Hamasahn >>> banyak hal yang dapat kita ambil bila kita mau berkunjungan di museum Mba, kita dapat menikmati perjalanan sambil belajar. Sukses selalu.

kalo kesini terasa bagai di jogja
berwisata gembira

salam sukses :)

bagai terasa di jogja
berwisata bahagia

salam sukses :)

@ anisayu >>> :) lagi banyak jadwal ke daerah sana Mba, jadi yang diambil ceritanya tentang daerah itu. Sukses selalu.

Sukses selalu dengan perjalanan wisatanya
salam dari pamekasan madura

@ Citro Mduro >>> :) Terimakasih Kang dan sukses selu.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus