PASAR BERINGHARJO MALIOBORO YOGYAKARTA SALAH SATU PASAR TERINDAH DI JAWA

http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/pasar-beringharjo-malioboro-yogyakarta.html
Pasar Beringharjo terletakdi jalan Malioboro Yogyakarta. Beringharjo adalah sebuah nama pemberian dari Hamengku Buwono IX dan didirikan pada masa Hamengku Buwono I. Beringharjo memiliki makna yang berarti bahwa wilayah yang semula merupakan kumpulan pohon beringin (jawa : bering) yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (jawa : harjo).

Pasar Beringharjo mendapat julukan dari para  wisatawan internasional dengan sebutan "eender mooiste passer of Java" ( artimya: salah satu pasar terindah di Jawa ). Menurut penilaian penulis, julukan yang diberikan oleh para wisatawan internasional kepada Pasar Beringharjo ini tidaklah berlebihan, karena hingga sekarang Pasar Beringharjo masih bertahan dan terus tetap eksis menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat Yogyakarta sejak ratusan tahun yang lalu.

Foto by :Indra Kusuma Sejati
Pasar Beringharjo bisa kita telusuri mulai dari bagian depan hingga kebelakang bangunan pasar yang berada pada posisi sebelah barat pasar. Kita akan menjumpai aneka jajanan pasar yang siap memanjakan lidah kita. Kita bisa mencoba jajanan oleh-oleh khas Yogyakarta di sini, dari brem bulat ala Yogya dan Krasikan ( semacam dodol yang terbuat dari tepung beras gula jawa, danwijen), serta oleh-oleh yang merupakan ciri khas Yogya yaitu bakpia isi kacang hijau yang biasa dijual dalam keadaan masih hangat disana,dan banyak lagi jajanan pasar seperti kue-kue basah lainnya.

Foto by :Indra Kusuma Sejati
Pasar Beringharjo juga menjadi tempat yang tepat untuk para pecinta batik. Pasar Beringharjo menjual koleksi batik terlengkap, mulai dari bahan katun hingga sutera,yang harganya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Kain Batik di Pasar Beringharjo kita jumpai dalam bentuk kain ataupun pakaian jadi,semua tersedia lengkap di Pasar Beringharjo ini.


Pasar Beringharjo terkenal juga sebagai tempat bertemunya para penggemar dan pengkoleksi barang antik.Di Pasar Beringharjo kita banyak menemukan barang-barang antik yang ditawarkan. Selain itu, di Pasar Beringharjo banyak dijual berbagai macam barang bekas impor dari tas,sepatu, arloji,bahkan pakaian dengan harga jauh lebih murah daripada harga aslinya dengan kualitas barang yang masih terlihat baik.

Namun, disini penulis sangat menyarankan bila Anda akan mencari barang bekas impor disini, sebaiknya Anda haruslah berhati-hati dalam mengamati setiap barang yang akan beli,telitilah dengan jeli jangan sampai salah dalam memilih dan menilai suatu barang yang akan dibeli.

Pasar Beringharjo juga menjual aneka barang bahan dasar pembuatan jamu jawa dan rempah-rempah seperti kunyit, asam, temulawak, jahe,dan kayu manis. Jadi di sini para pecinta herbal juga dapat mencari bahan dasar untuk pembuatan jamu jawa,dan janganheran bila kitaberkunjung di Pasar Beringharjo kita dapat menemukan bau jamu disekitar kita.

Menurut keterangan pengemudi andong yang ditumpangi penulis dalam melakukan wisata budaya 2011 dengan menggunakan transportasi tradisional andong, penulis mendapatkan informasi tentang wisata kuliner khas Yogyakarta yaitu yaitu gudeg Yogya yang rasanya sangat pedas sekali hingga membuat lidah dan mulut hingga perut terasa panas, sampai-sampai bermandikan keringat pada saat menyantap makanan gudeg tersebut disantap. Tempat itu terletak di depan Pasar Beringharjo, namun waktu berjualannya pada saat malam hari. Dimana pada malam harinya di depan Pasar Beringharjo terdapat jajanan makanan lesehan. "Gudeg nendang" ini hanya di jual oleh penjualnya seorang ibu yang sudah tua renta. Dengan rasa penasaran maka pada malam harinya penulis pun datang ke tempat tersebut. Ternyata benar-benar maknyos..... ! mantaps....!

Nah, para sahabatku bila Anda pecinta Wisata Kuliner, datanglah pada malam hari di depan Pasar Beringharjo Malioboro Yogyakarta. Anda akan menemukan makanan siri khas Yogyakarta yang bernama gudeg nendang. Karena setelah menyantap makanan gudeg ini kita bagaikan ditendang untuk melek sambil berkeringat.He...x9

Selamat menikmati perjalanan wisata Anda di Yogyakarta dengan ciri khas jajanan tradisionalnya.

Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

30 komentar

Saya belum pernah kesana...dulu ke jogja cuman hinggap ke pasar klewer itupun sekali kesana dan dipalak preman.... apezz...apa di situ juga begitu kang...??

@ Coro | go a head >>> :) Sepengetahuan dan pengalaman pribadi saya preman berada dimana-mana, apalagi yang namanya pasar. Mungkin karena letak pasar beringharjo dekat dengan kantor pemerintahan pusat kota maka keamanannya sedikit terkendali, namun kita tetap harus menjaga diri agar tidak menjadi target. Sukses selalu.

jadi kepengen juga jalan-jalan ke pasar beringharjo tersebut...

terima kasih untuk informasinya sobat....

dari segi harga gimana? :woot:

setiap kali wisata ke borobudur atau jogja , tempat terakhir yang dikunjungi adalah malioboro..

tp gak tahu juga pasar yang mana, tp yang jelas malioboro yg aku tahu namanya..

jd penasaran pasar yang dimananya nie yach...

saya belum pernah kesana.. palingan malioboro n lapangan keraton... oya, apa benar kalo pasar bringharjo ada mistisnya. katanya pengunjung suka nyasaaarrr n ga keluar2 dr pasarnya yaa??

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra...

Alhamdulillah, dapat kembali menyambung silaturahmi kemari. Sudah lain aja kandungan blognya mas. Banyak bicara tentang tempat2 wisata aja nich. Blog penulisan lebih bersifat dakwah dulu di mana ya.

Mantap sekali informasinya tentang tempat menarik untuk wisata di sana. Mudahan saya bisa menjejak kaki dan menikmati keindahan pemandangan juga acara kulinernya.

Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

SITI FATIMAH AHMAD

http://webctfatimah.wordpress.com/

belum pernah kesana...
terimakasih sharing infonya...

Salam...

saya juga pernah kesana pada waktu saya masih SMP

@ Asis Sugianto >>>
:) Ok Sob, jangan lupa selalu menjaga barang bawaannya takut tertinggal atau ketukar dengan yang lain, sukses selalu.

@ Nurmayanti Zain >>>
:)Sepengetahuan dan pengalaman penulis dari segi harga relatif murah, tergantung jenis barang dan mutunya Mba. Yang terpenting efisiensi waktu. Sukses selalu.

@ Haf Sari >>>
:)Bila kita posisinya masuk dari jalan Malioboro Sob, semua orang tahu ko. Sukses selalu

@ Punya.Tia >>>
:D Mereka yang tidak keluar-keluar dari pasar karena sibuk dan pusing mau memilih barang yang mana kali Mba :D :D :D. Itu semua tidak benar dan hanya mitos saja. Sukses selalu.

@ SITI FATIMAH AHMAD >>>
Walaikumsalam wr wb.
:) Masih ada Bun dalam bentuk artikel di blog ini. Ini hanya sebagai penyeimbang, sesuai dengan nama yang tercantum dalam blog, bahwa kita bukan hanya pandai mengajarkan atau memberitahu sesuatu yang dikemas dengan bahasa agama ataupun filosofi, namun juga harus dapat mengejawantahkan atau pun mengartikan dan mempraktekan dalam kehidupan keseharian untuk kepentingan yang mengarah kepada kepentingan orang banyak. Itulah sebuah kesejataian pengejawantahan setiap diri individu dalam kehidupan ini. :) :) :)

Terimakasih Bunda telah menyambung kembali talisilaturahmi dalam berbagi informasi dan pengetahuan untuk selalu tercerahkan dengan senyuman manisnya kesejatian iman.

Sukses selalu untuk Bunda Sekeluarga.
Asalammualaikum.


@ Erwin >>>
:) Sama-sama Sob, dan sukses selalu.

@ penyakit darah tinggi >>>
:) Jadi mengenang kembali ya Sob, sukses selalu.

terakhir kesana kalo gk salah pas tahun 2007 pak.. hahahhaah, lamaaa kali.. udah hampir 5 tahun tak menginjakkan kaki di tanah jogja..

pasar bribgharjo ini terkenal juga pak di jawa barat,harga-harganya yang murah dan berkualitas ada di sana,,
'katanya sih gitu banyak yang bilang,kalau ke jogja mampir dulu ke bringharjo ya..

godaan terbesar nih pakkepasar beringharjo apalagi kalau tidak belanja

@ dhenok habibie >>>
:D Lama juga ya Mba, tapi tenang saja Mba lain kali juga bisa hadir lagi disna dengan orang-orang terdekat kita. Sukses selalu.


@ Obat Tradisional HIV >>>
:)Seperi itulah Sob apa adanya, karena disana merupakan pusat belanja kebutuhan barang, apa lagi untuk para pedagang. kalau di Jakarta seperti Pasar Tanah Abanag Sob. Sukses selalu.


@ Lidya - Mama Pascal >>>
:)Iya Mba khususnya bagi kaum wanita yang suka belanja. Bisa-bisa nyasar bingung disana karena banyak pilihan barang dan harga yang murah-murah. Sukses selalu

lama ga menginjakkan kaki di jigja, ini salah satu tempat yang mesti dikunjungi kalau saya kesana, Insya Allah :).

Wah ini pasar yg kerap saya kunjungi kalau pulang kampung ke Yogya bersama istri :)

sudah lama kangen utk makan gudeg yogya sambil lesehan di Pasar Beringharjo, tapi hingga saat ini belum juga kesampaian, mas.

Pengen ke Jogjaaa.... 8-|

jogja memang menyajikan daya tarik yg luar bisa dari segi manapun, tak hanya dari sektor wisata & budayanya. dalam sektor ekonomipun, termasuk pasar ini, sangat menarik untuk dikunjungi

belum pernah kesana...
terimakasih sharing infonya...

Salam...

wah, kalo malam jarang keluar jadi gak nyicipin yang nendang. kalo gudeg ceker pernah waktu sahur bareng abis iktikaf

Ternyata ulasannya lengkap sekali Mas, ingat pada saat kita jalan malam di depan pasar Beringharjo itu ya :) . Keren banget ulasannya, semoga bapak Dirjen membaca postingan dalam blog ini. Sukses ya Mas beserta teamnya.

wah jadi kangen jogja dan selalu ingin kembali kesana...kota ramah dan nyaman :)

saya suka bakpianya. minta donk gan.

@ @yankmira >>> Selamat menikmati sajian yang tersuguhkan ditempat tersebut, dan semoga hal ini dapt merefrensikan objek wista yang akan menjadikan tempat objek wista Anda. Sukses selalu


@ Amril Taufik Gobel >>> Borong ya Mas ? :kikik: Sukses selalu ya mas.



@ sawali tuhusetya >>> Suatu hari nanti pasti samapi ditempat itu pak, sukses selalu ya.


@ ethie >>> Selamat menikmati perjalanan wisata Anda di yogyakarta.


@ mabrurisirampog >>> Mantap.... Sob ! Sukses selalu.


@ veven >>> Jangan lupa mampir suatu hari nanti ya Sob ! Sukses selalu.


@ Ratnawati Utami >>> Terimakasih ya Mba dan sukses selalu.


@ NUYA TOURS >>> Sama-sama Sob, sukses selalu.


@ Jayanti >>> Semoga selamanya dapat seperti itu Mba. Sukses selalu.


@ Obat herbal jantung koroner >>> Silahkan angsung saja diambil :kikik: sukses selalu.

pasar yang rame juga menurut saya, tapi asik buat blusukan meliat liat dalemnya, udah jarang pasar kayak gt sekarang :)

@ Catatan Perjalananku >>> :) Benar Sob, semoga makin tetap terjaga kelestarian pasar ini. Sukses selalu.

Asalamu'alaikum...
salam kenal ya mba/mas...
maaf mba/mas ikut promo yach . . . :)

Di butik kami mngadakan ke-Agenan DROPSIT (NOL MODAL)lhooo...

kami dari nahla fashion ingin menawarkan kerja sama untuk produk
1.mazaya
2.zenitha
3.Qirani
5.sik clothing
6.Three-d celana+rok

jika mba/mas berminat hubungi kami ya (Nahla care-Melia : 0856 228 7671)??
atau chat ke YM kami (nahlafashion@yahoo.com)....

Ditunggu kerja sama nya.
maaf mengganggu dan trima kasih (^_^)

FB : nahlafashion2@yahoo.com
FB fun page : http://www.facebook.com/kaosmazaya

wah sering banget dah kesni,
cz tempatnya rame banget dah

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus