REALITAS HUKUM PROJUSTITIA KEHIDUPAN

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/09/realitas-hukum-projustitia-kehidupan.html
Kata realitas berasal dari bahasa latin. Realitas yang diturunkan dari kata ras, yang berarti benda. Realitas itu mencakup sesuatu yang apa adanya. Dan, realitas tidak akan dapat diketahui melalui pendekatan.

Ketika kita mengamati sebuah objek, maka yang kita perhatikan sebenarnya adalah fenomenanya. Sedangkan realitasnya itu mencakup hakikat dari objek yang kita amati.

Dalam bahasa Indonesia, realitas diterjemahkan menjadi kenyataan, sebuah bentukan ke + nyata + an. Ini merupakan sesuatu yang nyata. Padahal semua benda yang ada tidak nyata sifatnya. Semua benda mengalami perubahan. Sehingga, apa yang kita lihat beberapa saat yang lalu, sudah tidak ada ataupun berubah.

Contoh :
Wajah kita yang kita lihat dalam cermin pada sekarang ini, bukanlah wajah yang kita lihat di cermin yang sama beberapa saat yang lalu. Artinya wajah kita sudah mengalami perubahan seiring waktu berjalan.

Definisi dari realitas merupakan lawan dari apa yang terlihat dan merupakan satu keadaan yang tidak dapat dipisah-pisahkan, ia menjadi bagian-bagian yang harus utuh.

Realitas itu ada dan nyata. Keberadaannya bukan di dalam pikiran, dan memiliki sifat yang tetap dan tidak berubah. namun segala sesuatu di alam semesta ini ternyata berubah, artinya segala sesuatu itu keberadaannya relatif, bergantung dari beberapa faktor-faktor lainnya, tidak berdiri sendiri, hasil proyeksi, selalu berubah, dan tidak solid.

Realitas sebenarnya hadir di balik segala sesuatu, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat dengan kasat mata. Bila segala sesuatu ini berjalan berdasarkan hukum alam, maka sebenarnya realitas yang menetapkan hukum tersebut.

Diri kita merupakan suatu realitas ketika kita menyadari 
Bahwa kita dihadapkan dengan permasalahan dan tantangan.
Ejawantah's Blog @2011 

Hanya manusia yang dapat memperkecil kerelatifannya yang berhubungan dengan masalah dan tantangan yang sedang dihadapinya. Dan hanya manusia yang bisa melupakan ketergantungannya dengan sesuatu yang dapat melepaskan ketergantungannya dengan suatu masalah dan tantangan dalam kehidupan.


%%% = = = %%%
Harapan akan mempengaruhi bagaimana diri kita dapat melihat suatu realita: tetapi,
Harapan juga dapat mempengaruhi realita itu sendiri.

KARENA.......

Masalah dapat mengubah manusia dan
Manusia tidak dapat mengubah masalah.
%%% = = = %%%


Bila diri kita sedang terlibat secara intensif dalam 
suatu persoalan apa pun atau tantangan apa pun 
Mulailah dengan mempelajari masalah tersebut dengan 
cermat secara benar akar permasalahannya.
Dengan mengintropeksi diri sendiri secara runut kebelakang.

SOLUSINYA :

Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka,
Kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.


Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

21 komentar

Bingung komentarnya, Mas. Membutuhkan perenungan panjang, bahasanya berat. :)

hukum yg baru aku tahu dan bagus untuk di pelajari dan dimengerti,,,, :)

setuju sama Mbak Anazkia,perlu perenungan yang panjang untuk memahami setiap kata yang Mas Arif tulis hehehe

yg pasti kita semua akan bertambah tua, ya. btw, blog satu lagi gak bisa dibuka ya.

manusia tdk dapat mengubah masalah namun masalah dapat diperkecil sehingga kecil pula resikonya bagi manusia

Hidup ini penuh dengan resiko yang harus kita hadapi. Semakin kita terlatih mengatasi permasalahan kecil, insya Allah masalah yang lebih besar pun akan dapat kita selesaikan. Pengalaman sekecil apapun penting untuk dijadikan sebagai pelajaran yang berharga.

@ anazkia >>> Jangan terlalu panjang untuk dipikirkan dalam perenungan, namun ini selalu berada dalam kehidupan kita kesehariannya, yaitu perubahan melalui hukum alam yang berlaku. Sukses selalu.


@ anisayu >>> Wah.... hebat ya Mba dengan cepat untuk dapat dimengerti, sukses selalu.


@ Sofyan >>> Dimulai dari hal yang sederhana, bahwa kita tidak akan bisa mengelak hukum sebab akibat dalam kehidupan ini. Sukses selalu.


@ Sang Cerpenis bercerita >>> Benar Mba, dan blog yang satunya belum saya aktifkan, karena saya dengan satu saja saya masih kerepotan. He.....x9. Sukses selalu Mba !


@ ketty husnia >>> Benar sekali Mba, semoga ini akan mengingatkan kita dalam setiap menghadapi masalah dalam kehidupan. Sukses selalu.


@ HALAMAN PUTIH >>> Benar sekali Sob, terkadang masalah yang besar timbul akibat diri kita selalu mengabaikan permasalahan yang kecil. Sukses selalu.

"Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka,
Kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.". Setuju sekali.........

wah tulisannya dengan perumpamaan, mesti baca berkali-kali

karena kita semakin tua kita harus semakin bijaksana...
:)

@ Lukisan Anak Perempuan >>> Sukses selalu Sob.

@ Ami >>> Semoga dapat mengambil isi yang tersurat dalam setiap kalimatnya mba, sukses selalu ya.

@ zone >>> Benar sekali, dan sukses selalu Sob !

Salam sahabat
Bagus sekali sangat memberikan informasi yang jelas
Namun kadang disayangkan jika realita ini tidak seperti yang pernah digembor gemborkan
Maaf telat

sebuah impian apakah dapat diraih dengan mudah atau tidak, terkadang sebuah permasalahan sederhana dapat mengakibatkan sebuah impian kandas dan sirna begitu saja tanpa ada usaha mengetahui penyebab kandasnya impian tersebut
realitanya saya tidak mampu menganalisa kejadian yang saya lewati dengan baik dan sempurna. dan kenyataannya saya sangat terbatas dalam kemampuan tersebut

harap maklum
salam dari pamekasan madura

Semua di dunia ini adalah relatif, tergantung kita memandangnya. Yang tetap dan tak relatif adalah kehidupan setelah kita mati, surga dan neraka adalah sesuatu yang tak bisa direlatifkan. siapa bilang surga tak sedap dan neraka enak pisan? haha *balik merenung*

@ Dhana/戴安娜 >>> Benar sekali Mba, itulah realita sebenarnya dan kita tidak perlu terjebak dengan sebuah dunia hayalan, terkecuali itu merupakan suatu impian yang menjadi motifasi kita dalam bertahan dan melakukan yang terbaik dalam kehidupan. Sukses selalu.


@ Not To Bad >>> Bila kita mengalami kesuitan dalam menghadapi suatu permasalahan, berhentilah sejenak dan kembalilah kepada akar permasalahan tersebut. Mungkin hal ini akan membantu diri kita untuk mengatasinya. Sukse selalu Sob.


@ Reza Pahlevi Lampoh >>> Ya itu benar Sob. Karena hidup tinggal bagaimana kita dapat mensyukuri dalam setiap situasi dan kondisi, dan bukan untuk dikeluhkan. Seperti halnya keberadaan syurga dan neraka. Sukses selalu.

*Langsung ngaca*
Apakah ini masih wajahku yang tadi pagi?

@ DewiFatma >>> Semoga bermanfaat untuk kita semua dan sukses selalu.

Membacanya perlu dicerna per kalimat....tapi saya suka karena tulisannya selalu mengajak saya untuk berfikir ekstra...

@ Darussalam OKU Selatan >>> Benar sekali mas, itu merupakan salah satu tujuan dari blog ini, agar kita sama-sama menjadi cerdas dalam menggali sautu kalimat yang tersirat. Sukses selalu.

setuju, sesuatu yang besar terdiri dari banyak hal kecil yang kontinyu. :)

@ tian >>> Terimakasih Sob dan sukses selalu.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus