BERLIBUR DI ANTARA DUA TELUK DAERAH PANGANDARAN JAWA BARAT

Di antara Teluk Perigi dan Teluk pangandaran terdapat zona tempat wisata yang dapat memanjakan para pengunjungnya yang ingin menikmati keindahan alam dan melakukan aktivitas sesuai keinginan kita di lokasi tersebut.

Pangandaran merupakan sebuah nama yang telah terkenal diseluruh nusantara negeri ini. Pangandaran yang memiliki pantai yang landai dan menarik dengan segudang fasilitas pendukung sebagai icon tujuan wisata utama di wilayah Jawa Barat.Pangandaran yang memiliki kawasan yang terhampar di atas batuan vulkanik yang memiliki ombak tenang dengan hutan cagar alam dalam keindahan yang mengagumkan.

Penulis di Lokasi Pantai Pangandaran
Informasi yang penulis dapatkan dari beberapa daftar pustaka dan keterangan penduduk setempat pada sat penulis mengunjungi pantai Pangandaran. Wilayah Pangandaran dulunya merupakan area perkebunan. Namun Pangandaran menjadi tujuan wisata sudah mulai terlihat pada saat kawasan tersebut dijadikan lahan perburuan untuk  para pecinta olah raga berburu.

Setelah kemerdekaan, para wisatawan domestik mulai berdatangan dan terus meningkat hingga periode 1970-1980. pada waktu tahun 2000 Pangandaran menunjukan tajinya sebagai salah satu primadona tujuan wisata di daerah Jawa Barat. Namun, pada tanggal 17 Juli 2006 silam, kendahan itu punah dengan datangnya bencana alam tsunami di daerah Pangandaran Jawa Barat. Setelah melalui masa keterpurukan selama dua tahun kini Pangandaran mulai bangkit kembali dalam menata daerahnya untuk terus menjadi salah satu primadona kawasatan wisatawan daerah Jawa Barat.

Penginapan
Pengamatan penulis pada saat mengunjungi daerah Pangandaran pada bulan Mei 2012. Pangandaran yang memiliki sarana penunjang yang lengkap sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang berupa banyaknya pondik penginapan, tempat hiburan, lokasi belanja, dan atraksi budaya masyarakat setempat yangmenjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Pantai pangandaran barat yang memiliki jarak waktu pasang surut cukup lama menjadi favorit para wisatawan, karena para wisatawan yang berkunjung di daerah pantai barat ini bisa berenang mulai pukul 06:00 WIB pagi sampai pukul 17:00 WIB sore.

Bersepeda Di  Sepanjang Pantai
Dengan menikmati keindahan pantai Pangandaran penulis pun dapat menikmati secara langsung para pengunjung di daerah lokasi ini. Selain berenang di pantai barat aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai Pangandaran adalah berjalan menyusuri pantai, bersepeda, mengendarai ATV (all terrain vehicle) dan becak mini. Atau kita dapat berbelanja arena belanja di sepanjang pantai pangandaran. Bagi anda yang mau menghiasi tubuhnya dengan hiasan tato, kita dapat mengunjungi gerai tato di pinggir jalan.

Garasi Sepeda


Setelah puas didaerah lokasi pantai barat Pangandaran Jawa Barat , penulis bergeser di daerah pantai timur untuk melihat apa saja yang ada di lokasi pantai timur pangandran Jawa Barat ini. Di lokasi pantai timur Pangandaran Jawa Barat penulis banyak menemui rumah makan yang menghidangkan menu masakan ikan yang dapat mengundang selera nafsu makan kita meningkat.

Dengan rasa lapar yang mengundang hadir dalam dorongan yang kuat, tanpa pikir panjang lebar penulis pun singgah di salah satu warung yang ada di pinggir pantai timur Pangandaran utuk mencoba menikmati kuliner sea food setempat. Sudah pasti setiap daerah memiliki makanan yang khas, begitu juga di daerah Pangandaran ini, ada satu sajian spesial yang tidak boleh dilewatkan bila kita berlibur di tempat ini.

Pasti para sahabat ingin tahu makanan apa yang penulis pesan yang menjadi hidangan kuliner yang khas.. Nama masakannya yang ini unik dan memilki rasa yang lezat dalam memanjakan lidah kita. Bumbunya terdiri atas jahe, kunyit, bawang merah dan putih, kedondong muda,terasi, serta kencur. Semua merupakan bumbu yang terkombinasi dalam satu hidangan yang mantaps....! kombinasi ras pedas dan rasa asam yang menyatu, menghasilkan kelezatan yang unik di lidah.

He....x9 O, ya nama masakannya adalah sop ikan pindang. Dan ternyata hampir setiap restoran yang ada di lokasi ini menyediakan hidangan laut sop ikan seperti ini, karena sop ikan ini merupakan menu andalan di daerah Pangandaran pesisir pantai ini.

Sambil menikmati makanan handalan daerah ini penulis dapat menikmati semilir angin dan pemandangan bahari yang terbentang uas. Agak ke tengah laut, terlihat perahu-perahu nelayan dan tiang-tiang bambu sebagai tempat memasang jaring berbentuk kantung bujur sangkar, semua itu memilki ciri khas suatu nilai bahari Indonesia.

Dari tempat ini penulis dapat melihat aktivitas keseharian para nelayan di daerah ini. Seperti menambat perahu, menyulam jaring, dan menjual ikan.Dan dari informasi yang penulis dapatkan dari para nelayan setempat. Biasanya pada akhir pekan di pantai Panadaran ini sering diadakan pagelaran musik dan seni tradisional.

Dan pada  tiap tanggal 1 Muharam masyarakat di daerah ini selalu mengadakan perayaan laut yang meriah. Perayaan masyarakat penduduk setempat ini merupakan sebagai simbol rasa syukur mereka kepada Tuhan atas rezeki yang telah mereka terima sepanjang tahun. Ritual upacara perayaan laut di pantai Pangandaran dilakukan dengan melepas sesajen ke tengah laut. Biasanya ritual ini sering diebut masyarakat setempat dengan melarum sesaji ke laut,. Dan biasanya juga terdapat festival layang-layang yang tidak kala meriahnya yang biasa diadakan pada bulan Juli.

Bagi anda yang akan berlibur di kawasan Pangandaran, ada baiknya anda mencari informasi hotel dan penginapan di daerah tersebut, karena anda dapat menimati objek wisata Pangandaran yang menakjubkan di kawasan tersebut.

Di bawah ini penulis berikan sarana untuk mempermudah anda mrndapatkan informasi dan ketersediaan kamar hotel pengnapan untuk di daerah Pangandaran. Isilah formulir isisan ini dengan lengkap dan benar, maka anda akan menemukan dengan mudah, cepat, dan tepat hotel di daerah kawasan Pangandaran dengan pilihan harga relatif murah yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda.

Menikmati keindahan Pantai Pangandaran tidak akan pernah ada kata membosankan, dikarekan kita dapat menikmati obyek wisata petualangan yang lainnya yang berada di dekat obyek wisata pantai Pangadaran ini. Seperti objek wisata Taman Cagar Alam Pananjung, dan Green Canyon.

Semoga pengalaman penulis dapat menjadi suatu refrensi bagi para sahabat untuk dapat menentukan objek taempat wisata yang akan dikunjungi bersama para keluarga dan kerabat.




Salam Wisata,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

7 komentar

memang indah pantai Pangandaran, beberapa kali kesana tak pernah ada kata bosan...

@ Dadan Darmawan >>> pantai yang memilki kesan indah yang penuh eksotis nuansa sentuhan alam yang berbeda Kang. He...x9

Pangandaran.. menyimpan sejuta kenangan indah..:music:

Baru 1 kali ke Pangandaran... mengasyikkan.... anak-anak suka...

Saya belum sempat mengunjungi pantai pangandaran, pengen juga :oya:

Sayang sekarang sudah agak kotor.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus