PETUALANGAN ALAM DI GREEN CANYON PANGANDARAN


Untuk kali ini penulis berkesempatan untuk berkunjung ke daerah Ciamis, Pangandaran Jawa Barat bersama rombongan salah satu siswa sekolah menengah atas yang berada di Jakarta. Bila di  Amerika Arizona kita pernah mendengar Grand Canyon, maka di  Ciamis Pangandaran Jawa Barat ada nama yang menyerupainya, yaitu Green Canyon.

Informasi yang penulis dapatkan dilokasi, Green Canyon yang memiliki nama asli Cukang Taneuh, dan tempat ini awalnya di populerkan seorang wisatawatan asal Perancis pada saat ia berkunjung tahun 1993. Green Canyon yang berlokasi di daerah Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Pangandaran, Jawa Barat.

Dermaga Ciseureuh Green Canyon
Pada saat penulis tiba di pintu gerbang dermaga Ciseureuh, suasana hutan dan udara segar sudah mulai dapat dirasakan di tempat ini. Namun, perjalanan yang harus lalui masih panjang. Karena untuk bisa menikmati keindahan alam Green Canyon dengan pesona alamnya penulis harus menyusuri Sungai Citandury dengan perahu sewaan yang hanya dapat di tumpangi oleh lima orang penumpang. Dan ini menjadi satu-satunya alat transportasi untuk melakukan petualangan di Green Canyon dengan menikmati pemandangannya yang indah.

Petualangan Alam Di Green Caanyon Pangandaran..............
Pada saat perahu lepas dari dermaga Ciseureuh, sejuknya udara sudah terasa di sekeliling tubuh. Aliran air yang lambat memanjakan hati yang sedang menikmati perjalanan menyusuri sungai Citandury. Kadang terlihat perahu yang berpapasan meuju arah kembali ke dermaga setelah selesai menikmati petualangan di Green Canyon.

Penulis
 Air sungai Citandury yang jernih, memberikan kesan segar terhadap setiap diri yang menyusuri sungai ini. Hal ini membuat diri ini tidak sabar untuk menikmati kesegaran air bersih yang berasal dari setiap akar dan batuan yang ada.

Suasana mulai terasa sunyi, dan tebing-tebing besar semakin menampakkan kekokohannya. Sungai dengan kejernihan airnya yang berwarna hijau itu semakin menyempit. Dan tibalah pada saatnya suasana yang paling dinantikan setiap orang yang berkunjung di lokasi Green Canyon ini. Luar biasa indahnya. Dan sangat indah. Sungguh pemandangan yang sangat eksotis.

Di lokasi yang indah ini hanya terdengar sepoi angin yang berembus dari balik pepohonan. Ujung perjalanan semakin dekat dengan terlihatnya gua alam dengan cekungan yang dihiasi batu gantung yang terdapat di hadapan penulis sudah ternampak dengan jelas.

Memasuki gua, sang nakoda perahu mengurangi kecepatannya. Dari celah-celah stalaktit di atap gua, kita dapat merasakan tetesan air yang menetaes menciptakan gerimis di  sekitaran daerah dalam gua. tetesan tersebut berasal dari akar tanaman di tebing gua, dan hasil dari setiap tetesan air tersebut tidak pernah berhenti membentuk irama gemercik yang terpola.

Penulis
Ada sebuah cerita yang penulis dapatkan dari salah seorang pemandu lokal di sana. Konon air yang menetes dari celah-celah stalaktit atap gua tersebut jika diusapkan ke wajah kita, maka air itu bisa berfungsi sebagai terapi untuk awet muda. Apakah ini mitos ? tentu saja penulis belum meyakini. Dalam benak penulis hanya terpikir, bagaimana bila yang meraup air dari tetesan stalaktit itu seorang kake atau pun nenek. Apakah mereka akan kembali kelihatan lebih muda setelah kembali dari perjalanan ini ? He..., he...., he.....

Walau cerita tentang tetesan air batu staklatit itu hanya mitos, cerita ini sangat ampun untuk menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. dalam hal ini penulis menyimpulkan bahwa mitos merupakan bahasa sederhana dari sebuah pesan iklan yang terselubung sebagai daya tarik untuk orang mengunjungi tampat ini.

Peserta
Setelah 20 menit menempuh perjalanan dari dermaga Ciseureuh dengan menggunakan perahu motor, maka tibalah penulis beseta rombongan di dalam gua alam. Perjalanan dengan perahu telah berakhir di tempat ini.

Namun, bagi yang mau melanjutkan melakukan petualangan untuk menyusuri lebih jauh, dapat mengkordinasikan dengan pemandu lokal yang telah siap dengan segala fasilitasnya, seperti pelampung untuk para peserta.

Karena perjalanan berikutnya tidak dilakukan dengan perahu. Kita hanya merambat pada tali yang telah tersedia untuk menyusuri, tebing-tebingcuram, berenang melawan arus aliran Sungai Citandury yang dimana pada lorong tertentu terdapat arus yang kuat.

Namun, bagi kita yang tidak siap melanjutkan perjalanan petualangan di Green Canyon ini. kita dapat menikmati keindahan dalam gua yang di aliri air sungai dengan pemandangan yang indah. Penulis dangat menyarankan sekitaranya di tempat ini kita harus dituntut kehati-hatian. karena medan yang terdapat di lokasi ini cukup licin dan penuh bebatuan disekitarnya.

Musim kemarau merupakan waktu yang tepat untuk berpetualang di Green Canyon. Karena kita dapat lebih asyik menikmati hijaunya air sungai Citanduy. Bila kita datang musim hujan, maka kita tidak dapat menikmati air sungai Citanduy dengan kejernihannya yang hijau. karena air sungai akan berubah menjadi kecoklatan, Dan hal ini akan mengurangi keindahan alam di Green canyon.

Di bawah ini penulis siapkan formulir pemesanan hotel di daerah kawasan Pangandaran. Bagi anda yang memerlukan hotel pengipan di daerah  Pangandaran bisa langsung menggunakan formulir ini untuk mencari dan mendapatkan informasi hotel di kawasan Pangandaran.



Isilah formulir pemesanan hotel tersebut dengan benar, maka anda akan menemukan dengan mudah, cepat dan tepat ketersedian kamar penginapan hotel di daerah kawasan Pangandaran. Anda akan mendapatkan penawaran harga bervariasi, dan pilihlah harga sesuai dengan kebutuhan anda untuk penikmati liburan di kawasan Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia.

Petualnagn Alam Di Green Canyon Pangandaran merupakan objek wisata di mana kita  dapat merasakan harmonisasi antara sungai, lembah hijau, dan hutan lindung sepanjang sungai yang tenang merangkai lukisan alam yang mempesona selalu menebarkan wangi surga dunia di sekitarnya, dan hal ini mengingat sebuah cerita Plato mengenai sebuah dunia yang hilang, benua yang diyakini Plato yang dinuhi oleh bangsa Atlantis dengan peradaban yang sangat tinggi dan alamnya yang sangat kaya dilengkapi keindahan surga dunia yang terbentuk melalui proses alam.

Setelah puas dengan perjalanan wisata petualangan alam di Green Canyon, anda dapat mencoba jenis wisata petualangan alam di Taman Cagar Alam Penanjung Pangandaran





Salam,



Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

22 komentar

kok gak ngajak saya kang kalau berpetualang di Green Canyon.. saya kan pingin, apalagi pesertane ayu-ayu hahaha

Pernah sekali ke sana, memang indah sekali Green Canyon

saya pernah kesana pak paling seru diapngandaran menurut saya ya green canyon

wah,,izin lihat dulu videonya sob :)

Beberapa kali ditanyangkan di tipi ya Pak, emang keren. Sayapun kalo nggak jauh pingin kesana.
Mitos terkadang begitu kuat mengakar pada budaya kita, sampe sampe tetesan air stalagtit saja dipercaya bikin awet muda, dan benar kata Pak Indra gimana kalo kakek nenek ?. Sebuah bantahan yang brilian

jujur saja, saya belum pernah berkunjung ke green canyon pangandaran, mas indra, meski sudah sering dengar namanya. namun, membaca review mas indra, gambaran saya ttg keindahan pangandaran makin terlihat jelas.

Ealah, ada toh tempat model gitu di pangandaran??? pemandangan sekelilingnya masih banyak Gua-nya lagi... jadi pengen cuti libur buat nikmatin wisata alamnya :) saya +1 mas, bener2 tempat yang perlu direkomendasikan ke orang2 hhe...

wuiih, jadi kepingin dolan ksana...mudah2an diberi kelebihan rizki dan bsa skalian dolan ke istana'y mas Ejawantah..

wah mudah-mudahan bisa ke sana :oya:

artikel yang sangat signifikan dan berbobot teman,,,,

wah ternyata abis liburan dari green canyon juga. :D

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

pasti seru ya..!!
jadi pngen coba

salam kenal
ditunggu kunjungan baliknya ya..!!

potonya gedein dikit mas, biar tambah josss, hehee :)

memang keren om disana, ane aja minggu depan mau menjelajah lagi kesana hehe..sekalian plgnya langsung berenang di pantai pgndrn nya :)

green canyon sungguh sebuah tempat wisata yang sangat menakjubkan. Indah luar biasa. Air jernihnya jadi pengin kesana berlibur,

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus