KONGKOW-KONGKOW TRADISI LISAN BAWAAN DARI LAHIR

http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/09/kongkow-kongkow-tradisi-lisan-bawaan.html
Tradisi lisan dalam masyarakat perkotaan merupakan kegiatan bertutur baik dalam acara khusus, seperti acara hiburan maupun umum, seperti dalam kegiatan sehari-hari. Di masyarakat modern bertutur secara lisan terus bertahan dan dipertahankan. Hal ini terbukti dengan masih banyak dipentaskan dalam bentuk pertunjukkan, parodi dan dagelan yang pada dasarnya bersifat lisan.


http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/09/kongkow-kongkow-tradisi-lisan-bawaan.html
kongkow-kongkow
Bahkan di media elektronik bila kita lihat dan dengar seperti TV dan radio memanfaatkan kembali aspek kelisanan sebagai alat untuk menyampaikan informasi dan hiburannya. Bertutur secara lisan memerlukan komunikasi langsung yang sifatnya spontan, ekpresif, variatif, improvisatif, dan dapat berada di mana saja , kapan saja dilakukan, serta dapat ditutur dan didengar oleh siapa saja.

Kata Kongkow-kongkow sebenarnya bentuk lama dari kata "ngerumpi" yang berasal dari bahasa anak-anak remaja sekarang ini.. Kata kongkow-kongkow berasal dari bahasa Cina-Betawi yang kemudian menjadi bahasa Betawi. Kedua kata tersebut boleh dikatakan memiliki pengertian yang sama. Hanya saja pada saat sekarang kata ngerumpi menjadi lebih dikenal dari pada kata kongkow-kongkow.

Dari hasil penelusuran penulis kebeberapa tempat diwilayah Kota Glodok Jakarta, dimana di sana terkenal dengan komunitas warga Cina yang telah menetap di Jakarta sejak lama. Dalam setiap pergaulan penulis selalu mencoba memancing sambil mencari tahu sejarah dari bahasa yang dulu selalu terdengar di waktu usia remaja yang kini telah memudar.

Dulu kongkow-kongkow identik dengan para Babah atau para Encim yang sedang asyik ngobrol membicarakan sesuatu topik resmi atau pun santai. Orang-orang Cina Betawi mempunyai  kebiasaan, sejak sore sampai menjelang malam, mereka duduk-duduk diserambi atau di pelataran rumah sambil mengipas badannya menunggu adem. pada waktu itulah mereka mengobrol dengan kerabat, teman atau tetangga.

Selain itu, kongkow-kongkow juga dilakukan dengan kerabat, teman, atau tetangga. Selain itu, kongkow-kongkow juga dilakukan secara tertutup di suatu tempat yang hanya diketahui oleh orang yang perlu saja. Kongkow-kongkow seperti itu biasanya membicarakan masalah bisnis atau masalah kekerabatan yang penting. Dan masih banyak lagi tempat dan keadaan yang bisa dilakukan untuk kongkow-kongkow.

Itulah sedikit pengetahuan penulis tentang kongkow-kongkow, yang mana kalimat tersebut duulu sangat dikenal ditelinga kita sebagai masyarakat awam. Dan kini kata "kongkow-kongkow" telah pudar hampir tidak terlihat. Ada namun tiada.Bagaimana menurut pendapat sahabat netter tentang kata "kongkow-kongkow" ?




Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

18 komentar

yuk kongkow ,,, hehehe

saya selalu ngerumpi setiap sore dg teman2 ketawa ketiwi ...

ternyata kongkow itu ngerumpi :)

salam sukses...

Saya kok malah sudah agak lama nggak kongkow2 Pak...

Kongkow-kongkow kalau di daerah saya disebutnya "NGAHUNTU" Pak

mungkin berasal dari kata ngawangkong kali ya? heheh

Oh itu toh arti kongkow-kongkow saya kira main kungfu gitu artinya. :)

Daripada bengong ya lebih asyik kongkow lah..:fufu:

wah, baru tau ternyata kata "kongkow" itu asal muasal para encim kalau ngumpul yaa. Sekarang menurutku malah udah lebih trend ya. Kongkow identik dengan bertemu alias kopdar di suatu mall (*biasanya)

di Bdg ada tuh namanya Kongkow Cafe.. Konsep cafenya santai, yah sesuai namanya lah..

kalo ibu2 kongkow di warung bisa jadi ngerumpi tuh.......

Kalau konkow-konkow yang begitu, sepertinya masih sering kudengar lho Pak :)

asal jangan ngerumpiin yg negatif aja ya. hehee

masih sering kok mas saya lihat yang seperti ini di warung-warung kopi dekat rumah saya malah bisnis sering terjadi dari hal seperti ini, salam

asalamualaikum
kongkow ya kumpul bareng
seru banget kumpul dengan teman-teman

kongkow ,kumpul bareng asal gak ngerumpi ya :)

jadi inget jaman SMP dulu sama bahasa kongkow-kongkow itu pak,,

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus