BUDAYA DARI SEBUAH CITRA PARIWISATA KEBUDAYAAN

Kebudayaan mempunyai istilah pengertian segala hasil olah pikir dan olah krida manusia, yang secara normatif dimiliki bersama oleh sebuah satuan sosial yang biasa kita sebut "masyarakat".  Sebagai intensitas yang otonom kebudayaan dalam kehidupan manusia juga memiliki sistem, mekanisme, serta tujuan-tujuan pada dirinya sendiri. Sedangkan kaitannya dengan dunia pariwisata secara normatif hanyalah sebatas unsur-unsurnya tertentu yang dijadikan objek daya tarik wisata, dan ini merupakan salah satu saja dari upaya pemanfaatan kebudayaan.


Kebudayaan yang hidup mempunyai dinamikanya tersendiri, baik dinamika pempertahanan maupun dinamika perubahan. Fungsi utama kebudayaan adalah untuk membuat masyarakat pendukungnya tetap mempunyai rasa persatuan dalam memiliki kebudayaan tersebut sebagai jatidiri. Dalam hal ini perlu segera ditambahkan bahwa sejarah suatu bangsa merupakan bagian dari jati dirinya

Kegiatan pariwisata sendiri merupakan salah satu ungkapan budaya. Mungkin tidak semua kebudayaan memiliki konsep yang sama mengenai kegiatan berwisata. Bahkan mungkin ada yang sama sekali tidak mengenalnya. Pariwisata sebagai upaya yang sengaja dengan bertujuan untuk mendapatkan suau pengalaman khusus di tempat lain, di luar tempat asal para wisatawan, untuk kemudian kembali pulang, dan diatur dalam industri jasa. Hal inilah suatu konsep yang pertama kali muncul dan diperkenalkan oleh masyarakat "Eropa"

Kini pariwisata telah menjadi kegiatan umum yang dikenal dan dijalankan di hampir semua negara yang ada di dunia. Jenis kegiatan itu pun telah berkembang dalam suatu jaringan kerjasama lintas negara, yang tentunya dilandasi rasa saling menguntungkan.

Wisata budaya merupakan jenis kegiatan pariwisata yang objeknya merupakan kebudayaan. Objek-objek wisata budaya dapat terbagi beberapa hal seperti ; kesenian (seni rupa dan segala bentuk seni pertunjukan)l tata busana, boga, upacara adat, demontrasi kekebalan dan komunitas dengan alam gaib, lingkungan binaan, serta keterampilan-keterampilan khusus fungsional seperti membuat alat-alat dan sebagainya.

Objek-objek itu tidak jarang dikemas khusus untuk disajikan bagi para wisatawan, dengan tujuan agar lebih menarik. Namun hal ini memerlukan kehati-hatian lebi besar dalam hal mengemas niatan penyajian-penyajian yang bermakna religi bagi masyarakat pemiliknya.

Satu hal yang perlu kita pahami bersama, bahwa kebudyaan-kebudyaan suku bangsa yang masing-masing tela membangun tradisinya bukanlah kebudayaan yang statis. Dari waktu ke waktu kita dapat melihat daya cipta mencuat di dalam tradisi yang dapat membawakan perluasan khasanah dan bahkan penciptaan hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah ada, namun tetap diterima di dalam masyarakat bersangkutan.

Kebudayaan merupakan sebuah rumah, di mana seorang merasa aman di dalamnya, yang dapat dijadikan pandu dalam setiap perjalanan mencari sebuah makna hidup. Dan sebaliknya, ketiadaan orientasi nilai dapat mebuat orang menjadi resah dan memiliki rasa ketidak pedulian terhadap lingkungannya.

Dengan mengenal budaya suatu bangsa, maka kita akan mengenal khasanah tradisi masyarakatnya lebih jauh. Janganlah pernah kita menjelek-jelekan suatu budaya tradisi suatu negara bila kita tidak mengenal dan merasakan sendiri apa maksud dan tujuan dari pada suatu nilai budaya dan tradisi itu sendiri yang akan disampaikannya, karena belum tentu tradisi dan kebudayaan yang kita agung-agungkan merupakan suatu nilai budaya dan tradisi dari masyarakat yang memiliki nilai budipekerti yang luhur. Ikuti perjalanan penulis di suatu daerah dalam rangka perjalanan wisata budaya yang memiliki pesan seni dalam tradisi modern.


Salam,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

19 komentar

setiap negara, daerah atau suku pasti memiliki budaya yang pasti baik dan menarik...

salam sukses... :)

@ anisayu >>>
Benar Mba, salam sukses kembali.

Inilah bangganya kita menjadi Negara Indonesia banyak dan bermacam-macam jenis suku adat dan kebudayaan yang dimiliki oleh setiap daerah dan menjadi kekayaan daerah itu sendiri :)

hal ini yang membedakan manusia dengan hewan
manusia masih memiliki budaya untuk dipertahankan, sedangkan hewan tidak punya :)

wisata budaya harus terus dilestarikan ya pak juga diperkenalkan pada anak2 sekolah supaya lebih mengenal budaya negeri sendiri

@ Lidya - Mama Cal-Vin >>>
Salah satu memperkenalkan dan membuat anak mencintai budaya negeri sendiri salah satunya bagi kita orang tua serta semua pihak dapat memperkenalkan dunia budaya dan seni dalam suatu pembelajaran melalui konsep-konsep yang inovasi tanpa membuat anak-anak merasa tertekan, namun dapat memancing rasa cinta mereka kepada seni budaya bangsanya sendiri.

Terimakasih atas masukan komentarnya untuk ikut memperkenalkan budaya bangsa ini melalui dunia anak sedini mungkin. Sukses selalu.

@ Abed Saragih >>>>

Benar kang, semoga ini dapat terus dilestarikan dalam pengenalannya melalu suatu program yang terkonsep dalam pendidikan, agar anak-anak sedini mungkin dapat mencintai budayanya sendiri.




@ gajah_pesing >>>
Sederhana dan tapa dalam jawabannya Kang. He...x9

Orang yang mencintai kebudayaan akan hidup damai dan suka membangun kerukunan. Orang yang memahami kebudayaan akan hidup dengan toleransi dengan orang lain yang berbeda dengannya. Begitu ya, Pak..

keren.. aku mah kurang mengetahui budaya2 Indonesia, hanya sekedar pernah liat saja :D
salam

Budaya itu adalah tentang cara kita hidup bersama ditengah2 alam semesta ya Pak..Cara kita menyatukan kesepakatan dan memaknai segala sesuatu...

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra kesuma...

Kekayaan budaya yang dimiliki oleh sesebuah negara adalah terhasil dari banyakkan kaum dan etnik yang menonjolkan pelbagai warisan budaya masing-masing.

Kepelbagaiaan ini bisa menghasilkan keunikan yang mencerminkan keindahan dan kesatuan dalam sesbuah masyarakat sehingga menghasilkan kehidupan yang berwarna warni dan sentiasa berubah juga berkembang.

Hal seperti ini sangat menarik sabagai daya pelancungan (wisata) yang akan menambah sumebr ekonomi penduduk setempat melalui perayaan bermusim bagi kaum-kaum tertentu. Oleh kerana itu, negara yang mempunyai kaum yang banyak akan mengindahkan lagi kehidupan berbahasa, budaya, ragam makanan dan olah tingkah.

Salam sejahtera dan sukses selalu dari Sarikei, Sarawak.

Siti Fatimah Ahmad

Salam Takzim
Budaya tak akan harus terkikis, walau banyak orang yang bilang nilai nilai budaya hampir hilang, saya tidak akan pernah percaya.
terbukti masih banyak para nara blog yang masih mengangkat budaya agar tetap terbaca bagi penerus
Salam Budaya dan Takzim Batavusqu

Saya sepakat dan sependapat bahwa janganlah menjelek-jelekkan budaya suatu bangsa tanpa kita tahu dan merasakan sendiri nilai yang terkandung di dalamnya.

Selain budaya atau kebudayaan yang klasik dan turun temurun, kita juga harus berbudaya sesuai perkembangan jaman.
Bukan budaya Barat, tapi tetep budaya yg berakar dan berkembang di negara kita.
Pakaian salah satu contohnya...
Sebagai orang Jawa, saya tak mungkin harus pakai surjan dan beskap...
Tapi tidak juga bercelana pendek kayak bule... :D

Semoga kebudayaan tetap dilestarikan di Indonesia

Kebudayaan adalah karakter atau identitas suatu kelompok masyarakat yang harus dipelihara hingga anak cucu nanti, artikelnya sangat menarik

wah keren tulisannya..salam kenal..:)

sayangnya pariwisata kita banyak yang dikembangkan lebih dominan ke unsur ekonomi. sehingga sisi budaya yang harus ditonjolkan sebagai nilai jual malah jadi kabur. makane aku ga setuju ketika sebuah obyek wisata budaya ditambahin fasilitas permainan modern. kalo mau mainan doang ngapain jauh-jauh ke candi, ke kerpur aja bisa...

dengan mengenal budaya, kita menjadi semakin 'kaya' pengetahuan

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus