BATIK INDONESIA, SATU BATIK JUTAAN JARI


Batik Indonesia merupakan salah satu kekayaan seni budaya bangsa Indonesia yang telah mendapat pengakuan masayarakat Internasional. Batik Indonesia yang memilki berbagai macam ragam bentuk dan ciri khas yang berasal dari setiap daerah yang berada di Indonesia, dengan motif-motif tersendiri.

Awal tahun 2012 ini, suatu gerakan pendidikan untuk memperkenalkan batik Indonesia diselenggarakan dan mendapat perhatian dan dukungan masyarakat. Acara ini diselenggarakan di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Cibubur Jakarta Timur.

Pengenalan dunia pembuatan batik kepada anak usia sekolah dasar, sengaja diselenggarakan sebagai bentuk aksi pembelajaran agar seni budaya batik Indonesia dapat dikenal dikalangan dunia anak. Cinta akan produk dalam negeri  dengan hasil karya seninya merupakan suatu langkah nyata untuk menciptakan masa depan batik Indonesia lebih dicintai oleh bangsanya sendiri.
Foto by : Indra

Dengan rasa bangga semua peserta yang terlibat dalam acara ini dapat belajar membuat batik secara langsung. Tentunya hal ini tidak terlepas dari peran serta dan kerja keras bagi para panitia pelaksananya dalam mewujudakn acra ini terselenggara dengan baik.

Foto by : Indra
Diselah penyelenggaraan acara ini pun, para peserta kedatangan tamu dari teman-teman Tran TV yang membawa tokoh anak dalam acara Laptop si Unyil. Hal ini menambah semangat para peserta untuk mengikuti acara ini. Mereka dapat langsung berkenalan dengan tokoh-tokoh yang berada di balik layar film acara Laptop si Unyil. Kita jadi tahu deh.... siapa-siapa yang ada di balik layar tokoh-tokoh tersebut ? Ini dia orang-orangnya yang berada di foto sebelah kiri kita.

Foto by : Indra
Tentunya kita juga ingin melihat para peserta yang sudah dapat menghasilkan karya dengan memberanikan diri untuk belajar membatik dalam acara ini. Siapa saja mereka ?.... kita dapat melihat melalui foto di sebelah kanan kita. Bagus-bagus bukan hasil karya mereka ?

Foto by : Indra

Dibalik kesuksessan acara ini ternyata ada sentuhan tangan trampil yang mengajarakan peserta untuk membuat batik, yaitu Ibu Ratna B. Prijadi yang memiliki produksi rumah batik di kawasan Bogor, Jawa Barat. Jadi bagi rekan-rekan netter yang berada sekitaran bogor tidak usah bingung lagi mencari batik tulis. Kita juga dapat hadir di rumah blognya di sini.
Foto by : Indra

Disajikan untuk dapat ikut serta dalam hal melestarikan peran serta memperkenalkan dan melestarikan seni budaya bangsa Indonesia dalam hal membatik. Semoga batik Indonesia selalu dicintai masyarakatnya, dan khususnya bangsanya sendiri sebagai ciri khas seni tradisional yang dapat dilestarikan dan dibanggakan dunia Internasional.




Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

18 komentar

sebagai rakyat malaysia, akak tengok batik Indonesia cantik...hari tu kakak pada akak bawa balik batik dari sana..memang cantik

@ Yatie Awang >>> :) Terimakasih Ka dan sukses selalu.

Nah, program yang seperti ini yang harus di lebarkan, mungkin selanjutnya seni2 lain dari budaya bangsa ini harus di tanamkan dari kecil ya sob ;)

aku termasuk pengagum setia batik, suka aku pakenya..unik, klasik, romantis^^

Acara yang mengembangkan dan membangkitkan kreatifitas anak. Ini harus terus dilestarikan ya Mas. Sukses selalu.

Sayangnya banyak beredar batik yang mutunya jauh dibawah standar. Dipakai sekali langsung luntur atau lepas jahitannya.
Apapaun kalau di Indonesia, yang asli dan bagus kalah banyak sama yang palsu dan bermutu rensah
Salam Batik...

serius pengen.. kira2 di Palembang ada gk yaa mas tempat kursus mbatik gitu?? *butuh info* :D

Kegiatan seperti ini yang mustinya makin sering diadakan. Sehingga masyarakat terutama generani muda makin mengenal dan mengetahui proses pembuatan sepotong kain batik. Saya yakin, ini jauh memberikan efek bagi kita semua dan dunia perbatikan.

apakah dengan acara tersebut dapat melestarikan batik di indonesia???

saya pernah sampai ke wilayah timur indonesia... yang menarik perhatian sudah pasti batik indonesia...

acaranya keren,bisa sambil membudayakan batik,,
coba di sini juga ada even kaya gitu

@ Stupid monkey >>> :) Benar Sob, kita berharap bukan hanya batik, namun juga seni kain tradisional dari daerah lainpun dapat mengikutinya, seperti pada waktu SEAGames kemarin di Palembang. Songket juga ikut diperkenalkan. Semoga hal ini dapat menjadi perhatian para generasi muda dan pengusaha melihatnya, untuk bergerak dan mensponsori suatu event tertentu. Sukses selalu.



@ Phuji Astuty Lipi >>> :) Bagi yang pas seperti itulah keadaannya. mungkin kalau dengan pakaian yang lain boleh di coba juga. Sukses selalu.


@ NUYA TOURS >>> :) Semoga saja hal yang sederhana ini dapat tertular di setiap daerah dengan mengangkat potensi daerah yang bersangkutan. Sukses selalu.


@ marsudiyanto >>> :) Benar pak, dan hal itu disebua bidang ekonomi produk juga demikian. Namun kalau bukan kita yang ikut membudayakan dan melestarikan serta memberikan apresiasi untuk produk tradisional yang memilki seni yang tinggi siapa lagi ? :) . Sukses selalu.



@ dhenok habibie >>> :) Saya rasa belum ada Mba, kenapa tidak kursu membuat kain songket saja Mba ? hal itu akan mengangkat citra seni produk budaya daerah setempat. Sukses selalu.



@ alamendah >>> :) Benar sekali Mas, apalagi hal ini diperkenalkan dalam kehidupan bermain anak-anak seusia dini, mereka lebih tahu dan lebih dekat dengan seni produk tradisional bangsanya sendiri. Sukses selalu.


@ agen jelly gamat gold g >>> :) Siapa pun yakin hal dapat melestarikan batik atau pun seni produk budaya bangsanya sendiri, semua elemen masyarakat bangsa ini semua mau ikut bergerak. Bukan hanya batik, namun produk seni yang lainnya juga bisa. Sukses selalu.


@ dwaty >>> :) Terimakasih atas pengalaman pribadinya Mba, sukses selalu.


@ Cara Aman Mengobati Sakit Pinggang >>> :) Semoga ada yang tergerak membuat hal sederhana ini di tempat yang berbeda. Sukses selalu.

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra...

usaha promosi yang bagus untuk mengembangkan perhatian dunia kepada batik Indonesia. reka bentuk batik Indonesia memang menarik dan saya pernah membeli beberapa kain batiknya. Coraknya banyak berbentuk fauna dan flora selain corak lain yang sangat halus kualitasnya.

Tahniah untuk perkembangan batik Indonesia masa kini.

Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.
Siti Fatimah Ahmad

bs minta videonya ngga? thx

ternyata perkembangan batik sungguh luar biasa ya :)

wah seru banget nih,
jadi pensaran nih.
jaid engen nih ikutan
he2

memperkenalkan batik dengan cara langsung praktek pasti hasilnya jauh lebih efektif

@ SITI FATIMAH AHMAD >>>
Walaikumsalam Wr Wb.

Benar sekali Bunda, karena Indonesia memilki aneka macam batik dari daerah. Dan ini merupakan potensi yang besar untuk melestarikandan mengembangkannya untuk perekonomian masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tersebut. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.

Sukses selalu.
Salam.


@ ian >>>


@ Aulia >>> Video yang mana ya Sob ? Sukses selalu.

@ Aulia >>> Benar sekali Mba dan ini bila digali dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat daerah. Semoga pemerintah daerah dan pusat terus dan swasta dapat terus mendorong kemajuan serta pembelajaran batik di negeri ini. Sukses selalu.

@ oleh-oleh haji >>> Boleh Sob ! Sukses selalu.


@ obat herbal disentri >>> Benar Sob ! Sukses selalu.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus