GAMELAN KARYA CIPTA INDONESIA SEBAGAI WARISAN ETNOMUSIKOLOGI BUDAYA DUNIA


Musik gamelan memang telah diminati oleh berbagai bangsa di luar bangsa Indoneisa sendiri. Tarikan pesona musik gamelan di kalangan bangsa-bangsa Barat dapat kita runut kembali ke masa penjajahan dahulu, khususnya di awal abad ke - 20 ini, ketika gamelan mulai dijadikan pokok kajian oleh para sarjana-sarjana Belanda, kemudian ketika gamelan secara fisik diperkenalkan di Eropa, baik melalui pergelaran dalam pameran dagang di Paris maupun melalui siaran dan pergelaran di kalangan Ratu Belanda.


Dari berbagai sumber daftar pustaka yang penulis pernah dapatkan keterangannya, bahwa masyarakat "barat" mulai mengenal gamelan sebagai salah satu khasanah budaya yang menarik perhatian dunia, yang dianggap cukup penting untuk dipelajari, dan perangkat instrumennya pun dianggap cukup berarti untuk dijadikan koleksi museum-museum besar di Eropa.

Sedangkan dari perkembangan studi ilmu Etnomusikologi yang penulis dapatkan informasinya dari beberapa rekan yang berada di Amerika Serikat, dimana disana gamelan telah menarik pusat perhatian ilmu yang relatif baru, sehingga perguruan-perguruan tinggi tertentu dalam rangka pengembangana studi etnomusikologi mencantumkan studi teori dan praktek gamelan di dalam kurikulum mereka.

Sudah barang tentu hal ini mengharuskan pula mereka untuk memiliki perangkat-perangkat instrument gamelan. Yang pada gilirannya, pemanfaatan alat gamelan tersebut untuk kalangan yang lebih luas telah mendorong lebih banyak lagi pihak yang tertarik dan merasa perlu memiliki sendiri kelompok-kelompok gamelan di luar kampus-kampus dimana tempat mereka menganyom pendidikan.


Sedangkan untuk sekolah-sekolah di Indonesia yang memiliki perangkat gamelan untuk kegiatan ekstrakurikuler bagi murid-muridnya, hanya baru dapat dimiliki oleh beberapa sekolah swasta. Sangat disayangkan sekolah yang mampu menyediakan fasilitas gamelan baru sedikit. Hal ini berkenaan dengan penyebaran penanaman minat atau pun penyiaran acara gamelan di jalur pendidikan yang bertujuan sebagai penanaman minat untuk peserta didik kepada kesenian tradisional gamelan.


Salam,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

27 komentar

Rata-rata sekolah yang ada di daerah memiliki kegiatan ekstrakurikuler belajar gamelan, termasuk di Tasikmalaya...

Salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang sudah "mendigitalkan" gamelan secara resmi dan bekerjasama dengan beberapa kraton di Indonesia Pak...
Kita tunggu hasilnya

Disekolah anak saya memang ada perangkat gamelan. Banyak juga murid2 yg mendaftar mempelajari gamelan dalam ekskul mereka. Untuk memacu semangat, sekolah sering membuat pertunjukan, dan sering juga mentas di Bali..:)

wah aku jadi kangen dengan gamelan
ciri khasnya jarang kedengaran
ingat kalo di kondangan...

salam sukses... :)

bagaimana pun juga, gamelan jangan sampai dilupakan :)

Mantap mas,,,tapi ingat jangan sampai diklaim ya oleh negara lain . :)

dulu waktu S saya pernah belajar gamelan

kalo baca tentang gamelan, jadi inget wayang golek :) hehe

Budaya memang harus selalu kita jaga, khususnya bagi anak-anak muda jaman sekarang. jangan lupakan asal usul kita kata kakek dulu.

bagus juga karya karya di indonesia.. sukses terus indonesia

oh begitu ya, asyik ni jiga di mainkan sekarang :D

terimakasih mas atas beritanya... :music:

wooow keren juga ya....makasih banyak atas infonya........

jaga dan lestarikan budaya kita, jangan sampe budaya kita di claim negara lain lagi

sekarang di setiap smp gamelan juga menjadi salah satu alat musik yang di pelajari

siip.. maka dari itu kebudayaan kita jangan sampai di ambil orang lagi

bener tuh budaya sendiri harus dilestarikan

itulah sebabnya, hrs cinta indonesia.. gamelan salah satu budaya dan alat musik yg hrs lestari selalu !

awesome, nice blog on the contents of the article as good

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus