MULTIKULTURAL BUDAYA DALAM MASYARAKAT SEMANIS-MANISNYA SUATU NILAI PERSAHABAT YANG TERJAGA.

Dalam kehidupan manusia senantiasa diri kita ditemukan dengan hubungan tarik menarik dua unsur kekuatan antara yang bersifat universal dan yang beranekaragam. Teringat pada saat masa duduk di bangku Sekolah Dasar. pada saat usia tersebut hingga usia Sekolah Menengah Atas kita memiliki teman-teman yang beragam dari jenis etnis minoritas hingga teman-teman yang berasal dari penduduk pribudmi.

Diantara mereka yang pernah satu sekolah dengan penulis pada saat waktu itu dapat bergaul dengan baik dan bersahabat hingga saat ini. Ada etnis dari keturunan Cina, Arab, India, dan Indo. Selain di bangku Sekolah Dasar, penulis juga masih bertemu dengan rekan-rekan dari etnis minoritas pada saat duduk di bangku sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.


Memiliki teman dari berbagai macam etnis suku daerah dan bangsa merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Walau mereka dapat dihitung jumlahnya, namun keakraban pertemanan diantara kami terus tetap terjalin dengan baik hingga saat ini.



Dari pengalaman pribadi ini, maka bisa penulis katakan bahwa kehidupan multikultural budaya dapat dikatakan sebagai suatu karunia Tuhan dalam kehidupan ini. Karena di dalam multikultural budaya kta diberi peluang untuk mengarahkan tingkah laku kta, dan ini semua sebagai proses makna pembelajaran hidup untuk kita.


Dengan melalui proses pergaulan multikultural budaya dalam kehidupan ditengah masyarakat, kita dapat bergerak melintasi ruang, serta berinteraksi secara fisik dan mental dengan kecepatan yang tinggi atau pun rendah. Tinggal diri kita yang dapat menyesuaikan dengan keadaannya. Dan biasanya hal ini akan terbawa kepada kehidupan kita kesehariannya disaat kita turun di masyarakat.




Walau kami telah berpisah dengan suatu kehidupan dan kesibukan kami masing-masing. Keindahan dalam suatu hubungan multikultural yang selalu kami bangun pada saat sekolah, sampai dengan hari ini hubungan ini masih sehangat  gula yang dimasak di atas wajan hingga dapat merekat dalam suatu kesan dalam keindahan semanis persahabatan kami. Sebuah kenangan manis bersama para sahabat-sahabat sekolahku merupakan sebuah  "Kenangan Manis untuk Giveaway Manis-manis"


Salam,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

13 komentar

ooh kontes ternyata ya pak :) semoga menang ya

Bener sob, Bhineka Tunggal Ika ya sob. Gak kayak sekarang ini bayak yang tawuran hanya karena sedikit perbedaan hehehe...

Salah satu kenangan indah dalam perjalanan hidup seseorang adalah masa sekolah...
Terima kasih atas keikutsertaannya ya Pak...

Dengan bersahabat dengan orang yang berbeda kultural dan budaya justru kita akan semakin mengenal akan kekayaan bangsa kita sendiri dan itu bisa menjadi satu jalan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa pula.

Semoga sukses dengan giveawaynya sahabat

asalamualaikum
manisnya persahabatan semanis senyumannya
sip banget ni, bisa kumpul makan-makan
anggun yang pakai jilbab hijau,mirip dengan temanku.

referensi template yang digunakan diblogku
ketik di google "mas template johny kenthir"

itulah kenapa kita diciptakan berbeda, bersuku-suku dengan bahasa dan karekteristik berbeda agar kita bisa saling mengenal dan saling menyerap perbedaan untuk menjadi kekayaan pribadi yang menyenangkan

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra Kesuma...

Alhamdulillah, akhirnya bisa menemui kotak komentar ini kerana lama juga baru dapat masuk kemari.

Mengenali ramai teman dari pelbagai bangsa adalah satu nikmat sosial yang membawa kepada pengalaman yang luas dan pengetahuan yang banyak.

selain itu, kita bisa memanfaatkan segala budaya, bahasa dan makanan untuk saling berkongsi rasa dan menumbuhkan kehidupan yang harmoni. Negara menjadi makmur dan membangun tanpa ada huru hara yang mengakibatkan kebinasaan yang merencam kedamaian.

Indahnya kenangan bersama teman-teman masa kecil sehingga membuah silaturahmi sehingga dewasa. Salut buat persahabatan mas Indra.

Salam hormat selalu dari Sarikei, Sarawak

Siti Fatimah Ahmad

berbeda-beda tetapi tetapsatu jua :)
semoga sukses giveawaynya :)

Kenangan bersama teman2 memang manis2, Pak. MEnurut saya, pergaulan dengan mereka juga menjadi bekal bagi kita dalam menghadapi berbagai tipe orang :)

salam jejak dari malaysia...

iya kang, bener banget. persahabat itu akan lebih terasa jika berteman seorang yang mungkin adalah lain suku atau bahasa dengan kita :D

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus