ASAL MULA KULINER MAKARONI

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/06/asal-mula-kuliner-makaroni.html
Asal Mula Kuliner Makaroni. - Kuliner Makaroni termasuk makanan yang terkenal di beberapa negara dunia, terutama di negara Amerika. Kulier ini di kenal memiliki protein tinggi, dan dalamnya terkandung bahan dasar semolina yang berasal dari 100% 'durum wheat' yaitu sejenis gandum yang mengandung kadar gluten yang sangat tinggi.

Banyak pendapat yaang mengatakan tentang sejarah asal mula kulier makaroni atau "macaroni".  Dari sumber klasik menyatakan bahwa penemu kuliner pasta makaroni adalah bangsa Cina yang diperkenalkan oleh Marco Polo ke Italia pada tahun 1292.

Namun, di Italia sendiri sendiri kulier makaroni  telah dikenal sejak jaman Romawi Kuno. Konon, makan makaroni ini dihidangkan untuk persembahan bagi para Dewa-Dewi. Dan pada jaman pertengahan di Sisilia, Italia, jenis kuliner pasta makaroni ini kerap disantap oleh bangsa Arab yang menyebarluaskan ke negaranya.

Lanjut..........
Untuk resep makaroni itu sendiri diperkenalkan pertama kalinya oleh Apicius pada abad 1. Dan pada abad ke 12 Guglielmo di Malavalle menyajikan perjamuan pasta yang menyajikan "macarrones sen logama" yaitu macaroni ber saus, makaroni ini disajikan dalam pesta-pesta banguet atau yang disebut dengan pestanya para petinggi pada saat itu.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/06/asal-mula-kuliner-makaroni.html

Ada pendapat yang mengatakan bahwa 'maccheroni' berasal dari bahasa Sisillia 'maccaruni' yang berarti adonan yang dibuat dengan tenaga. Namun, di lain pihak bangsa Inggris mengartikan kata macaroni sebagai segala sesuatu yang perfek dan anggun, yang kemudian hal tersebut tersebar ke Amerika dan diabadikan dalam sebuah lagu. Di bawah ini merupakan kutipan dari syair lagu tersebut :
Yankew Doodle went to town
riding can a pony
stuck a feather in his cap
and called it 'macacaroni'....

Jadi, bila kita mendegar orang Inggris menyebut 'that's macaroni' kita tidak perlu bingung dengan menyalah artikan. Karena kalimat tersebut merujuk pada sesutu yang bernilai tinggi, perfek atau pun anggun.

Terlepas dari permasalahan asal mula kulier makaroni, dan kuliner ini sudah menjadi sangat populer di berbagai negara terutama di negara Amerika, masyarakat bangsa Italia yang paling mencintai kuliner ini, dan menyanjub-nyanjungkannya dalam bentuk puisi.

Konon, bangsa Italia selama ini lebih dari 400 tahun mereka menyimpan resep rahasia pembuatan pasta, dan membuat resep lebih dari 300 bentuk dan sejumlah resep yang tidak terhitung banyaknya. Sehingga bangsa Italia mengabadikanrasa cinta kepada macaroni, mereka mendirikan sebuah museum khusus untuk pasta, dan museum ini di bangun di Pontasio, Italia.

Semoga dari uraian catatan sejarah makaroni tersebut di atas dapat menambah ilmu pengetahuan kita bersama tentang Asal Usul Kulner Makaroni.[]





Salam,

Sumber :
The News Zealend Institute.
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

20 komentar

Saya pikir Makroni ini asli Indonesia, ternyata makana ini aslinya dari luar ya :)

Saya juga sama dengan Heri Assidiqi heran ternyata asli luar, yang diolah sedemikian rupa Indonesia.

Makasih informasiny pak.

pakde pikir makaroni itu hanya untuk sayur sup saja

thanks infonya pak tambah ilmu lagi nih

nggak nyangka Pak, ternyata makanan bagi dewa dewi saya jadikan cemilan menemani kegiatan blogging saya :)

wah ternyata makaroni ya mas, saya kira malah makroni hehehe beda tipis tulisan nya tapi bentuk makanan nya sangat jauh berbeda :D

Begitulah Kang, tapi makanan ini memiliki peminat tersendiri ya Kang.

Salam

Sama-sama Kang, semoga bermanfata untuk kita semua ya...

Salam

Makaroni kalau di beri sambel saus enak banget loh Mba :D

Salam

Kalau yang ini di buat psata ya Pak Dhe Makaroninya :D

Salam

Sama-sama Kang, semoga bisa menambah wawasan pengetahuan untuk kita semua.

Salam

Kalau dari catatan sejarahnya sih Makaroni memang makanan buat persembahan Kang. :D

Salam

Benar Mba, beda tipis, tapi rasanya tetap enak ko :D

Salam

makaroni nya mantapp hihihihihii ..laper dehhh :D

Saya paling suka sama makanan yang satu ini mas ... :D wah, jadi laper deh ...

jd mendadak lapar nih...
terpaksa makan dulu yang ada deh..hehehe

saya mengenal macaroni sudah sejak lama,namun untuk asal usulnya baru tahu dari artikelnya Kang Indra sekarang ini,Terimakaish Kang atas postinganya jadi dapet pengetahuan baru ini hehe

Makaroni enaknya makan anget-anget.. .. Tapi saya lebih suka martabak telor ya.. (biasa lidah lokal he he)

400 tahun nyimpen rahasia? hebat,banget :D

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus