WASIAT UNTUK MELAKUKAN KECERDASAN SPIRITUAL

Rasulullah Saw Muhammad tentu tidak hanya meninggalkan Al Qur'an dan juga meninggalkan keteladanan yang baik. baik dalam bentuk ucapan, perbuatan, maupun caraya memecahkan persoalan dalam kehidupan.

Wasiat Rasulullah Saw di antaranya yang dikenal sebagai wasiat kepada Ali yaitu sepupu dan sekaligus menantu dari Rasulullah Saw. beberapa wasiat yang berguna untuk menyaksikan kebenaran.


Pertama :

Orang yang ingin menyaksikan kebenaran harus berusaha menjaga makanannya. Dalam hal ini, cara mencari makanannya, cara memakannya, dan kualitas makanannya harus berada dalam katagori halal.

Makanan harus diperoleh dari pekerjaan yang halal yang dibenarkan menurut hukum agama dan negara. Memakannya pun tidak berlebihan, tidak didasari nafsu serakah. Dan, kualitas makanan itu haruslah halal, baik dilihat dari kandungannya maupun dari hukum yang sudah disepakati bersama.

Orang yang dapat makan dengan cara tersebut, maka ia dapat disebut sebagai orang yang bersih dalam menjalankan agamanya. Dan, orang itu akan menjadi lembut hatinya karena untuk mendapatkan makanan tersebut ia harus berlatih sabar. Kebiasaan sabar itulah yang melunakan hatinya.


Kedua :

Menegakkan puasa Ramadhan dan Puasa Syawal. Pelakunya disebut sebagai al-shaimin.

Sesungguhnya pria dan wanita yang muslim, pria dan wanita yang mukmin, 
pria dan wanita yang patuh dalam beramal, pria dan wanita yang jujur dalam
perkataan dan perbuatan, pria dan wanita yang dermawan harta dan kebajikan,
pria dan wanita yang banyak menyebut dan mengingat Allah, kepada mereka
telah disediakan Allah ampunan dan pahala yang besar.
(QS. Al-Ahzab : 33)

Makna yang tersirat dalam berpuasa Ramadhan merupakan aksi untuk meluruhkan emosi dan hawa nafsu. Sedangkan puasa Syawalnya merupakan aksi untuk meningkatkan kualitas hidup setelah gugur emosi dan hawa nafsunya.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/08/wasiat-untuk-melakukan-kecerdasan.html

Orang yang menegakkan puasa Ramadhan dan Syawal harus didahulukan dengan cara melatih disiplin dalam hidup dan berlatih ulet dan pantang menyerah dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.


Ketiga :

Bahwa siapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Tuhan maka,
ia diwajibkan mengerjakan amal sholeh dan tidak mendua dalam beribadah.
(QS. Al-Kahf : 110 )

Ibadah kepada Allah merupakan hidup saling melayani dan saling memberi. hidup demikianlah yang mampu membangkitkan kehidupan masyarakat dan bangsa. hidup saling mengasihi inilah yang membuat bencana urung menimpa.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/08/wasiat-untuk-melakukan-kecerdasan.html
Sedekah itu mencegah timbulnya bencana dan bahaya.

Bila yang tinggi mengayomi yang rendah maka akan tercipta keseimbangan yaitu memperkuat pijakan yang tinggi. Dalam keadaan hidup yang seimbang, kebenaran akan mudah disaksikan.


Keempat :

Membangun transparasi atau keterbukaan dalam hidup. dengan penegakan kejujuran akan tercipta kehidupan yang baik yang akan membawa pada kehidupan yang sejahtera.

Kebohongan itu akan menghasilkan sistem yang buruk bagi kehidupan. Bila kehidupan umat dipenuhi keburukan, maka akan tercipta api yang menghancurkan kehidupan umat itu sendiri.

Bila kehidupan masyarakat dan negara dipenuhi kebohongan, maka kehidupan berbangsa dan bernegara itu bagaikan dipenuhi oleh borok yang menghancurkan kekebalannya.

Kehidupan berbangsa dan bernegara yang dipenuhi kebohongan, tidak akan mampu melihat ke jalan terang. karena hidup di alam yang serba gelap membawa kepada kehancuran.


Kelima :

Senantiasa mengingat anugerah Allah yang telah diberikan kepada kita. Dengan mengingat anugerah Allah, maka Allah SWT akan memenuhi semua janji Nya.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/08/wasiat-untuk-melakukan-kecerdasan.html


Dengan jalan menempuh kehidupan yang dilandasi kesadaran yang tinggi di hadapan Allah, tetap memelihara kehidupan ini dalam kebenaran, dan senantiasa melaksanakan komitmennya, maka Allah SWT akan terus-menerus mendatangkan generasi pengganti yang kokoh.



Masalah dapat merubah masalah; tetapi 
Manusia tidak dapat merubah masalah

SOLUSINYA :

Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka
Kita akan dapat mengatasi permasalahan yang besar



Disajikan dan didedikasikan untuk menjadi contoh
kebaikan dan nasehat kebaikan untuk bersama.
Ejawantah's Blog


Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

6 komentar

wasiat yang bagus dan baik untuk dijaga dan di amalkan serta dijalankan ....

@ anisayu >>>
Amiiiiin ! Sukses selalu Mba.

intinya banyak wasiat baik yg harus kita tauladani dari kehidupan beliau, bahkan sampai kepada hal-hal kecil seperti cara mendapatkan makanan dan cara memakannya.... bener2 aku setuju Sob... :)

Ikut nyimak mas, salam kenal..
Semoga juga dapat menjalankan wasiat tadi dengan baik.. :)

Wasiatnya sudah diterima dan berusaha untuk bisa menjalankannya
Salam!

maaf OOT, mas indra. selamat idul fitri, minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. semoga kita bisa terus membangkitkan semangat menuju hakikat "kesucian" diri sesuai fitrah-Nya, amiin.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus