Cegah Penyalahgunaan Narkoba Sedini Mungkin

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/02/cegah-penyalahgunaan-narkoba-sedini.html
Cegah Penyalahgunaan narkoba Sedini Mungkin. - Usia muda merupakan fase usia yang labil, gampang terpengaruh dan rasa penasaran yang luar biasa yang selalu mendorong rasa ingin tahu untuk melakukan coba-coba dalam hal baru. Pada usia labil inilah pada umumnya mereka berubah dan sering terusik, baik secara nurani, emosi, mau pun secara fisik.  Dan pada usia ini merupakan usia yang paling rawan untuk mereka terjerat penyalahgunaan dari narkoba. Hal tersebut merupakan salah satu pintu celah yang dapat di manfaatkan bagi para pelaku pengedar narkoba sebagai objek target pasar bagi usia remaja dan mahasiswa.

Melihat kelabilan usia remaja dan mahasiswa tidaklah mengherankan bagi kita bila angka pertumbuhan dari korban penyalahgunaan dalam catatan Badan Narkotika Nasional (BNN) mengalami penambahan yang sangat signifikan. Pada tahun 2011 ada sekitar 4,2 juta jiwa korban penyalahgunaan narkoba  untuk tingkatan usia ini.

Dan bukan hanya itu saja, yang lebih mengejutkan dan membuat hati menjadi lebih miris lagi, angka korban dari penyalahgunaan narkoba pada masa sekarang ini sudah menghinggapi pada usia anak-anak Sekolah Dasar (SD). Dan hal ini terjadi di seluruh propinsi Indonesia. Hal ini terungkap pada acara Forum Group Discussion (FGD) yang di selenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional dengan para blogger pada hari Sabtu, 22 Febuari 2013.

Tentunya hal ini sangat membuat hati kita sebagai orang tua menjadi begitu prihatin dengan keadaan seperti ini. Sikap was-was untuk berhati-hati dalam menjaga buah hati kita agar tidak terjerumus dan menjadi korban dari penyalahgunaan narkoba. Selaku orang tua kita pun harus mampu menanamkan rasa sikap berani dan bertanggung jawab kepada diri sendiri untuk menjadi generasi anti narkoba.

Salah satu solusi pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat di lakukan sedini mungkin oleh para orang tua terhadap anak-anaknya. Salah satunya adalah dengan menerapkan pendidikan karakter anak dalam keluarga dari usia anak sedini mungkin. Pendidikan karakter ini sangatlah penting dalam memberikan pendidikan anak akan pengetahuan dengan pola kasih sayang yang terus di terapkan di tengah-tengah keluarga, terutama untuk membantu pembentukan nurani anak dari usia dini, dari keluarga, lingkungan sekolah, mau pun lingkungan pergaulan si anak.

Dalam lingkungan keluarga inti, pendidikan karakter anak dapat kita lakukan dengan mudah. Sebagai orang tua kita di tuntut harus memainkan peranan yang sangat penting di keluarga inti. Di mana seorang ayah dan ibu harus dapat menjadi suri tauladan bagi anak-anak mereka yang dapat membangun komunikasi aktif dengan perhatian dan kasih sayang.

Sebagai orang tua kita tidak perlu memahami dan menjalankan pola asuh yang tepat bagi anak-anak kita. Karena anak tidak akan bisa dibentuk hanya sekedar memberikan konsep pendidikan modern yang hanya fokus pada hukuman dan kepatuhan belaka yang di tanam oleh orang tua yang otoriter atau hanya memikirkan kepentingan pribadinya sendiri tanpa memperdulikan dampak dari prilakunya kepada si anak.

Contoh kecil ; bila seorang anak melakukan kesalahan ada tipe orang tua yang hanya memarahi anaknya secara berlebihan, dan biasanya orang tua tersebut hanya melakukan penekanan kepada si anak untuk patuh atau pun menuruti perintah dari apa yang di katakan orang tuanya saja.

Bila hal ini terjadi dan kita lakukan dalam kehidupan anak di keluarga, maka hal ini dapat mempengaruhi jiwa psiskologi si anak. Dan kita sebagai orang tua telah melupakan akan satu hal bahwa dunia anak merupakan dunia bermain dan dunia makan.

Konsep pendidikan karakter kepada anak usia dini, dapat membentuk sikap positif kepada anak-anak kita dalam hal positif, bila saja dalam pendidikan karakter tersebut dapat kita lakukan dengan pengetahuan yang dapat kita ajarkan kepada anak, dan biasanya anak-anak akan melihat apa yang orang tuanya lakukan dari pada yang hanya orang tuanya katakan tanpa mereka lakukan.

Menurut pendapat Thomas Lickona pakar psiskologi guru besar University of New York Amerika Serikat, karakter seseorang pada saat menginjak usia dewasa sangat dipengaruhi oleh pengalaman ketika orang tersebut masih berusia di bawah 10 tahun. Dalam hal ini peran orang tua dalam menciptakan suasana kehangatan hubungan cinta kasih sayang di dalam keluarga yang memiliki peranan yang sangat penting.

Sedangkan dunia pendidikan sekolah, peran guru sebagai pengganti dari setiap orang tua bagi anak-anak didiknya. Dan guru di lingkungan sekolah merupakan pusat tokoh perhatian yang dapat memainkan peran penting yang patut di "gugu" dan di tiru oleh para anak-anak didik.

Sedangkan untuk menjaga keseimbangan bagi pembentukan karakter seorang anak, lingkungan pergaulan merupakan salah satu yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter anak sedini mungkin. Bila anak-anak yang tumbuh di lingkungan yang baik dan positif, dia akan menghasilkan pergaulan dan pertumbuhan karakter positif yang melekat dalam kepribadian si anak. Dan hal ini juga berlaku sebaliknya, bila anak-anak tumbuh di lingkungan yang kurang baik atau pun negatif, maka pertumbuhan karakter si anak akan terpengaruh melalui lingkungan yang negatif.

Dengan mengenal arti pentingnya pendidikan karakter dalam kehidupan anak sejak usia dini, maka kita selaku orang tua dapat melakukan pencegahan dalam penyalahgunaan narkoba sedini mungkin, maka kita selaku orang tua dapat melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba sedini mungkin dengan  membentengi anak-anak kita dengan memberikan pengetahuan dengan sentuhan kasih sayang dari suri tauladan yang da di sekitar mereka. Bila hal bisa bisa di lakukan oleh masing-masing keluarga inti di Indonesia tidak musatahil akan membawa keadaan Indonesia bebas narkoba pada tahun 2015 nanti, mari kita Cegah Penyalahgunaan Narkoba Sedini Mungkin.




Salam,

Sumber :
1. Badan Narkotika Nasional.


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

39 komentar

gk bisa klo hny mengharapkan guru disekolah, orangtua harus berperan serta!
makasih infox pak *smile

Hal yang perlu di perhatikan saat ini mas

narkoba sudah banyak menelan korban jiwa, kasihan anak - anak pelajar saat ini yang sudah terlibat dalam narkoba. orang tua , guru sekolah, aparat kepolisian dan masyarakat harus bekerja sama untuk memberantas penyakit ini. thanks mas informasinya :)

Kalau waktu kecil biasanya saat coba-coba dan rasa ingin tahunya besar. Takutnya kalau sudah coba nanti jadi ketagihan

Pergaulan biasanya juga menjadi faktor yang sangat besar pengaruhnya.. Coba-coba sekali gk akan ngaruh apa2.. Itu biasanya kata2 yang sering terdengar dari teman saat mencoba mempengaruhi kita untuk mencoba narkoba..

memang harus sejak dini, sinergi antar org tua dan guru disekul juga sangt diperlukan
katanya rokok jug bisa jadi pintu masuk menuju narkoba, karena sifatnya yg bikin kecanduan
makasih bang, mencerahkan dan mengingatkan kita yg sdah punya anak

Saya sepakat bahwa pendidikan karakter memang harus dilakukan sejak dini, dan efektif kalau dilakukan dengan keteladanan. Ini untuk membentuk karakter anak sejak dini, termasuk juga untuk mencegah penyalahgunaan narkoba ..

Pendidikan moral dan karakter memang lebih cenderung ke keluarga mas, di sekolah tidaklah cukup.

salam
edi padmono

Benar Mas, semoga keluarga Indonesia bisa menyelamatkan generasi bangsa ini dari penyalahgunaan narkoba ya mas.

Salam

Semoga bermanfaat ya Sob, dan Indonesia bisa bebas dari narkoba.

Salam

Sama-sama Sob, semoga genarasi Indonesia dapat terhindar dari pergaulan yang membahayakannya untuk penyalahgunaan dari narkoba. Trims atas partisipasinya.

Salam

semuanya harus bermula dari rumah.. ibu dan bapa seharusnya mendidik anak-anak agar tidak terjebak..

angka 4,2 juta itu yang terdeteksi, berarti aslinya lebih banyak dari angka itu ya kang.
emang seh...kekhawatiran orang tua saat ini adalah penyalahgunaan narkoba ini, post seperti ini sangat diperlukan untuk jadi peringatan bagi kita....ngga cuma keluarga yang punya peranan penting, lingkungan dan segala yang terkait dengan kepemudaan haruslah bergandeng tangan mencegah sejak dini....bener kan?

Yang dikautkan sekarang ini sudah banyak macam dan ragam makanan dan jajanan yang terbuat dari bahan dasar narkoba ya Mas. Semoga semua pihak dapat menjadi pengawas dalam hal ini, dan tidak tergiur dengan kesenangan yang sementara.

Salam,

dan pemerintah juga harus mendukung dengan tidak sembarang memberikan grasi kepada pengedar narkoba

setuju bos, hehehe.......

narkoba ini sebenarnya sangat bermanfaat apabila digunakan pada tempat nya ya mas, seperti untuk kebutuhan medis kedokteran. Tapi kalau disalahgunakan, jadi nya bisa bikin fatal akibatnya :)

Na'uzubillah....orang tua sangat berperan penting untuk mengarahkan anaknya ke hal yang baik,namun lingkungan sekitar juga sangat mempengaruhi anak remaja yang masih labil,untuk itu kita semua harus lebih berhati-hati untuk lebih memperhatikan pergaulan anak kita semua...

setuju sekali mas, banyak pihak yang harus bertanggung jawab dan peduli masalah ini, tidak hanya orang tua,namun pendidik dan juga masyarakat ikut andil didalamnya

narkoba sangat merusak generasi muda, harus diberantas tuh para pengedarnya hingga ke akar2nya ya mas krn mereka adalah kanker bagi bangsa :D

Benar mas, untuk tu kalau bisa jangan deh coba-coba dengan zat narkoba dalam bentuk apa pun. Apalagi smpai menyalah gunakannya.




Salam

Sama-sama Kang, semoga kita semua bisa menjadga diri dan keluarga. Terutama bagi generasi bangsa yaitu anak-anak kita.

Salam

besok lagi nulis pencegahan narkoba pada remaja aja ya :D

Peran orangtua sangat penting terhadap tumbuh kembang anak. Dengan banyaknya kasus-kasus penyalahgunaan narkoba sebaiknya orangtua bisa memberi contoh dan berusaha menjadi sahabat anak

NB: *setting kolom komennya gak bisa dipke all url ya Pak*

yuniarinukti.com

Yang terpenting bimbingan orang tua
Hasilnya pasti dan nyata
Anak-anak ga tergoda narkoba

yang penting dari muda udah harus dibuat ngerti ttg efek dan bahaya pakai narkoba, spy mereka bisa menghindari dengan penuh kesadaran sendiri ya

Benar Mba, orang tua memeang merupakan peran aktif sebagai benteng terdepan untuk menjaga anak-anaknya, tentunya dengan mengarahkannya dengan bijaksana suri tauladan yang baik.

Bisa ko Mba Yuni, buktinya punyanya Mas Edi Padmo yang di atas bisa langsung ke URL nya. Coba pakai open ID. :D

Salam

memang narkoba dapat merusak generasi muda saat ini yah mas, susah juga mau memberantasnya, peran orang tua tentunya sangat penting agar anak-anak muda tidak mudah jatuh ke narkoba, makasih sharingnya mas :)

Sayangnya nilai keteladanan kini di lingkungan keluarga sudah semakin menipis Mas, dan banyak orang yang menganggap masalah ini penting. Kebanyakan sih selalu menilai dengan kuno. Tapi kalau sudah kena masalah baru pada mikir deh.... :D

Salam

Benar Mas Edi, semoga anatara keluarga dan sekolah erta lingkungan dapat menyadari hal ini penting dan menjalankan peranannya ya....

Salam

Benar sekali Mba Mizz, semoga bermanfaat untuk kita bersama ya...

Salam

@ Cilembu Thea >>> benar Kang, biasanya data itu angkanya tidak ada yang pas dari kenyataan, karena bisa saja bertembah banyak. Nah tinggal kita deh sebagai orang tua bisa saling membentengi keluarga dengan keimanan yang baik bersama keluarga inti. Semoga bermanfaat ya Kang.

Salam

Ada yang bilang sih, kalau pengedar juga korban Kang, namun kalau masalah ini hanya berputar dan saling menyalahkan juga tidak ada habisnya ya..... yang terpenting sekarang adalah bagaimana semua masayrakat dapat dan berani bertindak tegas. Karena korbannya juga ada di kalangan oknum aparat juga sih Kang. :D

Salam

Benar sekali Mba Eka, narkoba bila digunakan sebagai keperluan medis sangat bermanfaat, dan bila di gunakan secara yang salah atau berlebihan malah menjadi racun dan juga bisa membunuh.

Salam

Benar Kang Dede, hal ini harus di mulai dari lingkungan terdekat yaitu keluarga, dan tempat tinggal serta sekolah. Bila hal ini dapat di mengerti dan diterapkan oleh setiap lapisan masyarakat tidak mustahil Indonesia akan bebas dari narkoba nantinya. :D

Salam

Benar mas Muroi, semoga semua lapisan masyarakat dapat berperan aktif untuk menjaga dan menghindar dari permasalahan dari narkoba ya....

Salam

Pengedar dan bandar narkoba itu sudah menjadi pola kehidupannya Mba, hidup dan bersenang-senang di atas penderitaan orang lain. padahal diri mreka juga adalah korban dari kebodohan mereka sendiri.

Salam

Biasa Mba, panggilan hati orang tua.

Salam

jadi orang tua ternyata memang berat, tidak hanya memberi makan tapi pendidikan juga sangatlah penting demi terjauhkan dari narkoba.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus