DORA SAMBADA

Dora Sambada  merupakan ungkapan yang ada dalam budaya Jawa, yang berarti suatu perbuatan untuk menutupi aib orang.

Tidak semua yang benar kita sampaikan, kita perlu juga menimbang-nimbang dulu. Bila kemudaratan yang akan terjadi, sesuatu yang kita ketahui terpaksa kita tutupi.

Dora Sambada tidak termasuk perbuatan bohong yang menjurus kemudaratan, karena tujuan utamanya adalah kemaslahatan atau pun keselamatan orang lain. Dalam kehidupan pragmatis dora sambada merupakan produk kearifan seseorang.

Hanya kebohongan yang menimbulkan penderitaan dan kehancuran orang lain yang harus dihindari. Kebohongan yang merugikan orang lain harus di cegah. Kebohongan yang akan menimbulkan bencana yang harus dihentikan dari dalam dengan meningkatkan kualitas moral, dan hanya dapat dilawan dengan keimanan.

Obat paling mujarab melawan kebohongan hanyalah keimanan.

Salam,



Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

16 komentar

wah walau saya wong jawa, baru tau pak istilah ini
hehehe

hmm,, jd seperti berbohong tuk kebaikan,, gt ya

Betul Bang.... keimanan adalah obat yang paling mujarab.

O itu artinya DORA SAMBADA ya Pak, baru tau... tadi awalnya kukira nama tokoh kartun baru ;)

bener Pak, menutup aib orang lain sudah seharusnya kita lakukan.
"Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, niscaya Allah menutup aibnya di dunia dan akherat" (HR Muslim, At-Tirmidzi, Abu Daud dan dalam sunan Ibnu Majah)

Assalaamu’alaikum wr.wb,mas Indra yang dihormati..

Hadir untuk menyapa bagi terakhir kalinya sebelum mengundur diri dari keindahan persahabatan di maya. Saya sangat menghargai segala sapaan dan silaturahmi selama kita bersama.

Kita hanya bertemu lewat catatan di poskad kenangan. Hanya memandang kaburan wajah di potret khayalan. Hanya mengetik huruf-huruf di tinta minda. Maafkan saya lahir dan batin jika…. pada tutur kata yang sesekali mencalar hati dalam penulisan dan pendapat diberi.

Semoga Allah selalu memberkati persahabatan yang terjalin baik ini. Sebuah KENANGAN TERINDAH akan menyusul dalam diari kehidupan kita sebagai satu ikatan yang tidak bisa terlerai, andainya pertemuan itu bukan lagi milik kita. Doakan saya dalam kehidupan ini di dunia dan akhirat. Aamiin.

Salam mesra penuh ukhuwwah berpanjangan hingga ke akhirat dari saya.

Siti Fatimah Ahmad, Sarikei, Sarawak.

Sekali berkata bohong dan itu asik pasti akan melakukannya terus...

Menjadi orang yang di amanatkan dan di percayakan emang sangat sulit utk di jaga ya Om, tapi semoga saja saya dan kita semua bisa menjalankan itu.

saya baru dengar istilah ini pak

setuju banget dengan filosofi yang dituliskan,..memang juga telah dicurahkan dalam Al Quran..
Mas..nih templatenya cerah banget lhooo nyaman di mata hehehe

@ ria haya >>> Semoga dapat menambah pengetahuan kita Mba, sukses selalu.

@ al kahfi >>> Tepat sekali Sob, yang penting niatnya dan sukses selalu.

@ Bang Iwan >>> Tidak ada obat yang lebih manjur dari itu Bang, sukses selalu.

@ Djangan Pakies >>> Terimakasih atas penambahan dari dasar agama Pak Ies, sukses selalu.

@ Siti Fatimah Ahmad >>>
Walaikumsalam Wr. Wb.
Sama-sama Bun, semoga selalu mendapatkan keberkahan dalam kehidupan dunia dan akhirat. Dan terimakasih atas pembelajaran yang diberikan kepada kami arti sebuah kreasi tulisan yang dapat menghasilkan karya yang membawa manfaat untuk kehidupan ini.

Sukses selalu
Salam.

@ IbuDini >>> Amiiiiin ! Semoga saja kita dapat selalu beristiqomah. Sukses selalu.

@ Lidya - Mama Pascal >>> Semoga menambah pengetahuan untuk kita semua ya Mba, sukses selalu.

@ ketty husnia >>> Terimakasih Mba atas masukannya, semoga menambah betah bagi para sahabat menikmati dan memetik hasil karya kami, sukses selalu.

ya Jika hati bersih maka tidak akan terhindar dari penyakit hati seperti suka bicarakan aib orang, fitnah, bohong, jadi Iman itu haruslah di jaga agar hati tetap bersih :)

Aib :membicarakan aib sama artinya Ghibah... malah membicarakan aib kini menjadi mata pencaharian.. Dunia entertainment pastinya...

Dora Sambada berarti bohong untuk kebaikan ya, jd berbohong untuk keselamatan itubbaik juga ya ....
baru tahu bahasa jawa ternyata Dora Sambada ...

oh itu artinya ya, pak

@ Eel Pecidasase >>> Benar Sob, semoga hati kita selalu dapat terjaga daripada berburuk sangka. Trims dan sukses selalu.



@ Investasi Murah >>> Tinggal dari sudut kacamata mana kita melihatnya Sob, tentunya kembali kepada hati orang tersebut. Trims dan sukses selalu.



@ anisayu >>> Tapi jangan malah dijadikan alasan ya Mba kalau bisa terus berbohong. Semuanya harus melihat sebab musababnya, dan kepentingannya. Sukses selalu.

@ Sang Cerpenis bercerita >>> Ya seperti itulah yang saya ketahui dari berbagai banyak sumber, semoga dapat menambah pengetahuan untuk kita semua. Sukses selalu.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus