GREBEG MULUD

Grebeg Mulud adalah acara upacara peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw. Upacara ini dilakukan pada bulan Mulud (kalender Jawa) atau bulan Rabiul Awal (kalender Islam), yaitu bulan ke tiga untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad saw.

Grebeg Mulud diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga, beliau merupakan salah seorang tokoh agama dan juga merupakan salah satu wali dari sembilan wali yang menyebarkan agama Islam (berdakwah) di daerah pulau Jawa.

Melalui upacara Grebeg Mulud ini Sunan Kalijaga menawarkan agama Islam tanpa ada unsur paksaan kepada masyarakat untuk mau memeluk agama Islam. Terlihat dalam upacara Grebeg Mulud tersebut semua narapraja, adipati, demang, dan lain-lainya diundang ke Ibukota Kerjaan Demak, Pajang, awal Mataram.

Pada upacara Grebeg Mulud tersebut rakyat atau pun masyarakat pada berdatangan ke alun-alun untuk menyaksikan jalannya upacara tersebut. Terjadilah hubungan yang dekat antara para kawula (abdi dalem), rakyat, dengan para gustinya, paranaraprajanya.Tidak ada pemaksaan agama sedikit pun. Mereka telah memeluk agama Islam tanpa harus mendapatkan penekanan untuk menjalankan ritual Islam lainnya.

Dalam upacara Grebeg Mulud tersebut dilakukan pula sekatenan, yaitu suatu upacara pengucapan "Syahadatain", pegucapan dua kalimat syahadat. Dan upacara Grebeg Mulud ini diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga tanpa menyinggung perasaan mereka yang berlainan agama.

Upacara Grebeg Mulud sendiri merupakan pengejawantahan sunah Rasul dalam meminta keteladanan Nabi Muhammad saw mengikuti pola pikir dan cara Nabi Muhammad saw dalam menghadapi masalah untuk mensyiarkan agama Islam di tanah Jawa.

Dakwah Islam dalam upacara Grebeg Mulud selalu diiringi dengan bunyi gamelan. Bahkan gamelan yang spesial, tari-tarian yang disertai gamelan juga berkembang di keraton. Apresiasi seni dalam dakwah Islam begitu bernilai relegius tinggi pada acara ini.

Kita dapat menyaksikan perpaduan antara seni budaya masyarakat daerah yang dapat mempersatukan mayarakat demi suatu hal yang dicintainya.Sesuatu yang positif dan bermanfaat dalam kehidupan haruslah dilestarikan agar tidak pernah pudar atau pun hilang.

Grebeg Mulud merupakan acara tradisional budaya miliki bangsa Indonesia yang selalu dilestarikan setiap satu tahun sekali. Dalam acara ini kita dapat mengambil suatu pembelajaran yang berarti dalam hidup untuk dapat hidup guyub, rukun dalam damai, tidak melihat sesuatu dengan pola ektrim yang merusak tatanan kehidupan sosial berbangsa dan bernegara, yang belum tentu kita dapat mengetahui unsur akar permasalahannnya dan hanya sebagai tunggangan kuda hitam untuk mereka yang selalu menindas suatu budaya dengan terselimuti bahasa kebenaran yang belum tentu tercermin dalam pola kehidupan prilaku kesehariannya.


Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

25 komentar

grebeg mulud, sangat unik ya acaranya, jadi teringat kalo dulu saya suka lihat film sunan kalijaga...

salam sukses... :)

Aku sering denger sebenernya tentang GREBEG MULUD kang, tapi sampe sekarang jujur aja belum pernah liat langsung acaranya itu kaya apa... klo boleh tau itu dikota mana aja biasanya ya yang memperingati dengan cara itu? soalnya dikampungku kayanya gak ada deh :)

betapa kayanya ragam budaya di negeri kiya ya Indra ..............
masing2 daerah punya kekayaan budaya sendiri utk memperingati Maulud Rasulullah saw
yg pada intinya tetap ingin memasyarakatkan sunah2 Rasul
salam

Pasti rame banget tuh ya yang ngerebut hasil bumi di grebed~ :woot:

wakmenarik sekali tulisannya, dan aku paling suka dengan upacara adat seperti ini. Karen berarti melestarikan kebudayaan kita.

Salam Hangat

Semoga sucses ya Program Visit Jawa tengah nantinya... ini full infonya, ragam budaya yang menarik hati...

ayooo...visit jawa tengah :D

salam sahabat
ehm di jawa tengah?kemungkinan saya juga pas berada di jawa tengah mas hehehe terima kasih infonya ya

oh iya mas,, pengejawantahan ini artinya apa ya,, kan sama tuh dgn id blog nya,, dari kemaren penasaran..:)

Banyak istilah dalam jawa..tapi aku hanya mengetahuinya yang umum-umum saja. Maklum meskipun keturunan jawa tapi tidak banyak belajar tentang kejawaan....
termasuk grebeg mulut ini....

huwaaa.. pengen jalan jalan ke sana :-0

Saleum,
Sebuah tradisi yang harus tetap ada, dan terjaga ditengah hebatnya kemoderenan zaman.
Saleum dmilano

@ anisayu >>>
:) Banyak keunikan dalam unsusr budaya kita yang digunakan dalam penyampaian pembelajaran langsung kepada masayarkatnya Mba, dan itu selalu dipergunakan oleh para "wali" untuk dapat mengarahkan masyarakat dalam tatanan kehidupan yang lebih baik lagi. Sukses selalu.

@ Ferdinand >>>
:) Acara Grebeg Suro selalu dilakukan di Daerah Surakarta dan Yogyakarta setiap tahunnya. Dan acara ini telah menjadi daya tarik tersendiri dalam menghibur wisatawan yang hadir di daerah tersebut. Ada juga acara ini diselenggarakan ditempat-tempat lain, seperti di Demak tentunya setiap daerah memiliki ciri dan caranya masing-maing dalam melakukan acara adat ini. Sukses selalu.

@ bunda Lily >>>
:) Benar Bun....
Disetiap daerah pasti memiliki unsur budaya sendiri dengan cara prilaku yang memiliki ciri khas tersendiri, namun bertujuan sama. Ini merupakan suatu aset bagi bangsa Indonesia bila dapat dilestarikan dan diarahkan untuk dapat dijadikan daya tarik wisata. Sukses selalu ya Bun.

@ Sitti Rasuna Wibawa >>>
:D Kalau sudah masuk acara puncaknya pasti seru Mba, ini merupakan suatu acara yang dapat mempersatukan masyarakat, dan disetiap tempat darah pasti juga ada. Sukses selalu.


@ RUANG JINGGA >>>
:D Terimakasih Mba, dan sukses selalu.

@ Yunda Hamasah >>>
:D Bukan hanya di Jawa Tengah saja Mba, tapi kita harus memiliki suatu impian bahwa setiap daerah Indonesia yang memiliki beragam budaya dapat menjadi kunjungan wiasata. Karena sudah terbukti keampuhannya, hanya melalui budaya bangsa maka indonesia dapat selalu bersatu. Sukses selalu.

@ tunsa >>>
:D Terimakasih Mas, dan sukses selalu.

@ Dhana/戴安娜 >>>
:D Salam juga Mba, dan sukses selalu.

@ al kahfi >>>
:) Pengejawantahan artinya adalah pengimplementasian atau lebih jauh dapat mengartikan suatu pesan yang tersirat dari suatu kejadian/makna dengan suatu tindakan nyata. Ini bersifat universal dan yang terpenting mengarah kepada suatu hal yang positif. Lebih kurangnya begitu. Sukses selalu

@ Adini >>>
:) Sama Mba, awalnya saya juga seperti itu. Namun dalam budaya Jawa terdapat pembelajaran mengenai budipekerti/akhlaq yang tentunya bila dikaji lebih dalam memiliki arti tersendiri dalam kehidupan kita yang berhubungan dengan sesama makhluk hidup dan alam untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan ini. Sukses selalu.

@ Miss 'U >>>
:)Paling asyik bila kita dapat menikmati wisata budaya Mba, kita bukan hanya terhibur namun kita juga dapat menikmati keanekaragaman makanannya, dan juga ilmu pengetahuan yang baru dalam perjalanan tersebut.

@ dmilano >>>
:)Walaikumsalam
Benar Mas, semoga sukses selalu.

biasanya yg gnrebut malah bukan orang situ sendiri ,orang pendatang dari jauh

@ bopfive5 >>>
:kikik: Tahu saja Sob, sering meyaksikan acara ini ya Sob ? :kikik: :kikik: :kikik: Sukses selalu ya Sob !

DI Serang acara Muludan lebih meriah dibanding Agustusan .... disini orang berlomba untuk bisa memberi kepada orang lain

bapakku dulu sering ke Solo untuk ikut grebeg ini...

kalau saya karena kuliah di Yogyakarta ya akhirnya ikut lihat di Keraton Jogja... he he :)

OOoo.. Grebeg Mulud asalnya dari Sunan Kalijaga toh, baru tahu saya.

@ Omiyan >>>
:)Melalui upacara adat budaya kita dapat membuat masyarakat untuk dapat hidup rukun dan damai berdampingan, sekaligus sebagai daya tarik pariwisata daerah itu sendiri. Sukses selalu Mas.


@ Muhammad Gustavie >>>
:) Karena beliau merupakan salah satu wali sanga yang melakukan pengenalan syiar agama melalu budaya. Karena budaya merupakan bahasa penyambung ke hati masyarakat tanpa menyinggung dan merugikan orang lain. Sukses selalu.

Promosi VISIT JAWA TENGAH 2013 GREBEG MULUD kok masih jauh. Kenapa nggak 2012 saja ?

baru tau nih ada acara namanya Grebek Mulud..
kyknya boleh nih klo liburan kesana hehhe:woot:

@ lenterak >>>
:) Langkah sederhana yang terbaik kita lakukan sekarang ini jangan selalu menunda Sob. Sukses selalu.

@ JIMMY >>>
:) Silahkan hadir dan saksikan secara langsung Sob, sukses selalu.

Semoga sukses selalu Sob

@ Slas >>>

:) Amiiiin ! Terimakasih atas doa dan dukungannya. Sukses selalu.

Wah menarik, kalau di tempatku Purwodadi, walau masih wilayah Jateng, namun nggak ada acara kayak gini, kalau acara kenduri selamatan sih masih ada....

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus