KOPI JOSS WISATA KULINER ANGKRINGAN TRADISIONAL YOGYAKARTA

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/kopi-joss-wisata-kuliner-angkringan.html
Foto Angkringan di Yogya
Kopi Joss adalah minuman rasa kopi kental yang memilki cara penyajian yang sangat khas dan unik. Kopi Joss merupakan kopi tubruk panas yang dalam penyajiannya diberikan bara arang yang dituangkan dalam seduhan air kopi, dan pada waktu bara di masukan dalam air kopi maka, terdengarlah bunyi joss yang disebabkan proses perubahan hukum alam.

Kopi Joss merupakan ciri khas minuman kopi tradisional yang berasal dari masyarakat daerah Yogyakarta. Kopi Joss dapat ditemukan pada jajanan pinggir jalan yang sering disebut dengan jajanan warung angkringan. Pada saat penulis melakukan perjalan di Yogyakarta, penulis menyempatkan diri sambil melepaskan rasa kangen menikmati suasana wisata kuliner tradisional menikmati jajanan yang merupakan ciri khas Yogyakarta, salah satunya kopi joss.

Kopi Joss dapat dinikmati dalam suasana malam hari sambil menemani diri kita sambil bersenda gurau di wisata angkringan tradisional Yogyakarta. Dalam pengamatan penulis, proses pembuatan kopi joss terbilang sangat unik, yaitu :
  1. Seduh kopi tubruk dengan air mendidih, lalu
  2. Saat kopi dalam keadaan terseduh, maka kopi segera dimasukan bara arang.
Arang yang di masukan ke dalam seduhan kopi tubruk tersebut yang berwarna merah menyala segera dicelupkan dalam gelas kopi yqang telah terseduh air panas dengan sedikit ditekan kedalam permukaan air kopi. Setelah dalam keadaan arang mengambang, kopi tubruk pun siap dinikmati oleh para pecinta kopi.

Sangat unik dalam proses pembuatan kopi joss tersebut, dan sangat membuat diri kita menjadi lebih penasaran yang belum mencobanya. Bagi  penggemar kopimania, belum srek kayanya sebelum kita menikmati kopi joss dalam suasana yang unik seperti di tempat aslinya.

Kopi Joss yang asli hanya dapat kita jumpai di daerah Kota Yogyakarta, tepatnya ke arah selatan Tugu Yogyakarta disebelah Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta. Menurut perbincangan penulis dengan salah seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogya yang terkenal, ternyata kopi joss ini telah diteliti melalui penelitian ilmiah di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Dan kopi joss tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan kopi joss berguna untuk kesehatan tubuh sebagai penetralisir racun yang ada, dan jumlah kafein dalam kopi pun dapat dinetralisir kadarnya.

Kopi Joss sangat bermanfaat bagi kita pecinta dan penikmat wisata kuliner tradisional malam hari di Kota Yogyakarta.Kopi Joss berfungsi sebagai pemulih tenaga dan pencegah masuk angin untuk tubuh kita.

Bagi Anda penderita penyakit tertentu, penulis tetap menyarankan agar Anda terlebih dahulu  berkonsultasi kepada dokter Anda sebelum Anda menikmati Kopi Joss ini di warung angkringan Yogyakarta, dikarenakan walau bagaimana pun, dokter Anda mengetahui yang terbaik bagi kesehatan Anda menurut bidang kesehatan.

 Kenali makanan tradisional Yogyakarta Gudeg Kendil


Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

16 komentar

ya waktu lebaran kemaren aku kesana, tpi fotonya ga ada karena batre low.

menurutku kopi joss rasanya ga jauh beda ama kopi2 lain.

@ Baha Andes >>> justru suasananya Sob, yang mebuat suasana unik. Sukses selalu

kalo yg namanya kopi aku suka sekali
karena setiap pagi aku minum kopi
apalagi yang namanya kopi joss berbeda pasti

salam sukses... :)

Owh..
Baru tahu ada kopi jos ini..
Musti nyobain >.<

Itu rasa kopinya apa gag kecampur sma rasa batu baranya, ya :kikik:

kopi Joss kadang pait banget masss.. kaya capucinoooo

wah baru tahu arang dimasukin ke kopi..

saya suka pesan terakhirnya, bagi yang sakit tertentu, konsultasi dulu ke dokter sebelum menyeruput kopi joss.... seru broooooo. bikin kangen kampung halaman aja

gak suka kopi jadi gak bisa cicipi deh :)

Unik sekali ya kopi joss ini, saya pingin nyobain ini pengalaman baru tentunya ya :)

JAman saya masih di Jogja dulu, saya suka beli Kopi Joss ini Pak...

huee, saya kurang suka kopi mas. pahit soalnya. hehe

enak banget nih,
cz pake areng gitu.
unik aja

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus