TARI BARONG BALI KEINDAHAN SENI BUDAYA TRADISIONAL INDONESIA

http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/tari-barong-bali-keindahan-seni-budaya.html
Tari Barong adalah pertunjukan seni tari tradisional Indonesia paling populer yang banyak diminati oleh para wisatawan di Bali. Tari barong merupakan peninggalan kebudayaan pra Hindu. Tari barong dipentaskan dan diusung oleh dua orang penari, satu penari berada dibagian kepala dan yang lainnya di bagian pantat atau ekornya.

Barong yang berbentuk binatang mytologi ini banyak sekali macamnya yang dapat kita temui yang berbentuk kepalanya seperti singa, harimau, babi hutan jantan (bangkal), gajah, lembu atau keket. Keket oleh orang Bali dianggap sebagai raja hutan yang disebut dengan nama Banaspati Raja.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/tari-barong-bali-keindahan-seni-budaya.html
Foto by : Indra
Barong yang berati binatang beruang, yang berasal kata dari bahruang, merupakan seekor binatang mytologi yang memiliki kekuatan gaib, dan ini dianggap sebagai binatang pelindung. Di Bali pada kenyataannya barong bukan hanya diwujudkan dalam binatang berkaki empat, akan tetapi ada pula yang berkaki dua.







Jenis-Jenis Tari Barong Bali yaitu :

  1. Tari Barong Ket (ketet) adalah barong yang paling banyak terdapat di Bali dan yang paling banyak dipentaskan serta memilki jenis perbendaharaan tarian yang lengkap. Barong Ket (ketet) merupakan perpaduan antara singa, macan, sapi atau bona.  Barong Ket (ketet) memilki badan yang dihiasi dengan ukir ukiran yang terbuat dari kulit, ditempeli kaca dan bulunya terbuat dari braksok, ijuk atau dari bulu burung gagak. Barong Ket (keket) dibawakan oleh dua orang penari yang dinamakan juru saluk atau  pun juru bapang. Barong ket (keket) selalu memilki tema dasar dalam lakon-lakon seni pertunjukan Bali yaitu melukiskan tentang pertarungan kebajikan (dharma) dan keburukan (adharma).Tari barong Ket (ketet) diiringi dengan gamelan Bebarongan yang berlaras pelok, dan di beberapa tempat pertunjukan seni tari barong ada juga yang diiringi dengan gamelan Semar Pegulingan. 
  2. Tari Barong bangkal yang berarti barong babi besar yang berumur tua, barong ini menyerupai eekor bangkal biasa disebut barong celeng atau pun barong bakung. Tari Brong bangkal selalu diiringi oleh gamelan batel, dalam pementasannya sangat jarang disertai suatu lakon dan biasanya cara pementasannya berpindah-pindah tempat dari satu tempat ketempat yang lain, ada juga yang diusung keliling.
  3. Tari Barong Asu yang berarti barong yang menyerupai anjing, terutama pada topengnya. Tari Barong Asu sangat dikeramatkan, terutama di daerah Pura Puncak Dawa, Baturiti, Tabanan, Bali.
  4. Tari Barong Gajah yang berarti barong yang menyerupai gajah. Tari Barong Gajah sangat dikeramatkan, terutama di daerah Desa Singapadu, Bali.
  5. Tari Barong Macan yang berarti yang menyerupai seekor macan. Tari Barong Macan dalam pementasannya dibawakan oleh dua orang penari dan ada pula yang dilengkapi dengan suatu dramatari semacam Arja. Tari Barong Macan selalu diiringi dengan gamelan batel.
  6. Tari Barong Landung adalah barong yang berwujud manusia purba berkaki dua. Pada umumnya barong landung dibuat berpasangan, yang terdiri dari ratu lanang (barong landung laki) dan Ratu Luh (barong landug perempuan). Barong Landung berbentuk besar dan tinggi, sama seperti ondel-ondel bila di Jakarta. Dalam pengambarannya tokoh Ratu Lanang wajahnya sangat menakutkan, bermuka hitam dengan giginya mencolot keluar; sedangkan Ratu Luh, berupa perempuan tua seerti perempuan Cina. Dalam pementasan barong Landung yang dilengkapi dengan seperti Mantri, Baluh, Limbur  dan lainnya selalu mengambil lokon Arja (terutama di daerah Badung) dan diiringi dengan gamelan batel. Barong Landung banyak terdapat di daerah Tabanan dan biasanya dipertontonkan pada acara ngaben (pembakaran jenasah)
  7. Tari Barong Blasblasan atau juga disebut dengan nama lain Barong Kedingkling. Barong Blasblasan  adalah suatu bentuk pementasan yang dilakukan secara ngelawang, penari hanya mengunakan topeng topeng wayang wong (orang) dengan lakon cerita cuplikan-cuplikan dari cerita Ramayana yang pada umumnya merupakan adegan peperangan. Tari Barong Blasblasan banyak dipentaskan pada Hari Raya Galungan maupun Kuningan, dan biasanya yang membawakannya sebagai penarinya adalah anak-anak. Tari Barong Blasblasan diiringi dengan gamelan batel, dan ada juga yang mengiringinya dengan gamelan bebarongan (gamelan batel yang dilengkapi dengan reyong).
  8. Tari Barong Brutuk yaitu tari barong yang berasal dari Desa Truyan, Bali (sebuah desa kecil yang terdapat dipinggir sebelah timur dari Danau Batur).


http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/tari-barong-bali-keindahan-seni-budaya.html
Foto by : Indra
Dalam menikmati sajian pertunjukan seni tari barong, kita sebagai pengunjung dapat terhibur dengan lakon-lakon yang di mainkannya (khusus pertunjukan barong Ket atau Ketet). Kita tidak akan pernah bosan menyaksikan pegelaran seni tari barong ini, karena selain ceritanya yang menarik dan bagus,  juga sarat akan dengan pertunjukan humor yang penuh canda tawa. Kita juga dapat melihat langsung dalam pagelaran tari barong juga terdapat kesan mistisnya (seperti debus kalau di Banten).


http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/tari-barong-bali-keindahan-seni-budaya.html
Foto by : Indra
Dalam pengalaman perjalanan penulis di pulau Dewata saat mengikuti program pembuatan video multimedia di bidang pariwisata pada acara Wisata Budaya, penulis menyempatkan diri untuk membuat suatu liputan khusus untuk memperkenalkan seni budaya bangsa Indonesia yang banyak aneka ragamnya yang menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Hal ini sebagai bukti nyata keseriusan Pemerintah Daerah Bali melalui hubungan kemitraan  dengan beberapa biro perjalanan wisata sebagai mitra usaha untuk dapat mengenalkan potensi budaya bangsa Indonesia di masyarakat Internasional.


http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/tari-barong-bali-keindahan-seni-budaya.html
Foto by : Indra
Para penonton dapat terkesimak dan terhanyut dalam suatu lakon cerita yang dibawakan oleh para seniman di atas panggung pada saat mengikuti pertunjukan seni tari barong. Walaupun para wisatawan hampir rata-rata tidak mengerti bahasa yang disampaikan dalam dialognya, namun mereka dapat terhanyut dalam seni tari dan gerak yang dimainkan oleh para seniman tersebut. Lihatlah ekspresi wajah para penonton hasil bidikan foto penulis di sebelah kanan.



Wisata Budaya Indonesia sangat banyak macam ragamnya. Semoga tulisan ini dapat menjadi sebuah refrensi untuk kita lebih banyak mengenal tentang budaya bangsa Indonesia yang beranekaragam. Disajikan untuk sebagai bentuk apresiasi penulis bagi para pelaku pecinta seni tradisional Indonesia yang terus melestarikan budaya daerah bangsa Indonesia dan masyarakat Indonesia. Setlah kita mengikuti perjalanan wisata di daerah Bali,




Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

20 komentar

saya pernah lihat tuh barong bali di GWK, duh jadi kangen pulau dewata uey :D

Aku blm pernah melihat langsung tarian bali,jd kepengin nih.?

@ HEЯRY >>> :) Semoga dapat mengingatkan objek wisata di Pulau Dewata, dan sukses selalu.


@ Suratman Adi >>> Selamat menikmati secara langsung objek wista ini di Pulau Sewata Sob ! Sukses selalu.

Tari barong memang unik.saya dulu pernah menyaksikan sewaktu study tour ke bali waktu SMA

Mas, dari semua jenis Tari Barong diatas, apakah semua ceritanya tentang perang antara baik-buruk?

asalamualaikum
menarik kalau lihat pertunjukan barong
apalagi suara gamelannya berdentang meriah sekali

tari barong sungguh unik
menggugah mata tuk melirik
kekayaan budaya dari Bali yang cantik

salam sukses...

jadi inget jaman2 SMA dulu waktu ke Bali liat tarian barong ini..
happy blogging gan.

serial tulisan wisata budaya yang diposting di blog ini bener2 inspiratif. makin terbukti kalau keanekaragaman budaya di negeri ini bukan retorika semata.

Wah ternyata kesenian Barong ini beragam ya dan banyak macamnya, selain itu betapa kaya nya budaya bangsa ini tak terhitung nilainya, patut kita jaga dan lestarikan :)

saya pernah nonton beginian di bali.. ada ceritanya, dan ada beberapa babak. tiap babak diselingi dengan tarian komedi..

akhir acara kadang bisa foto bareng sama penarinya. gak gratis siiih

@ riez >>> :) Semoga hal ini dapat mengingatkan kembali perjalanan pada waktu tersebut Sob ! Sukses selalu.


@ Evi >>> Benar sekali Mba intinya seperti itu dan memilkiki pesan tersendiri dari setiap pagelarannya. Sukses selalu.


@ NURA >>> Walaikumsalam, benar Mba, karena musiknya memilki ciri khas tersendiri dan memilki nuansa budaya yang kental dengan budaya Indonesia. Sukses selalu.


@ anisayu >>> Terimakasih Mba atas apresiasi puisinya, sukses selalu.


@ Outbound Malang >>> :) Happy blogging juga Sob ! dan sukses selalu.


@ sawali tuhusetya >>> :) Terimakasih Pak, semoga ini merupakan langkah sederhana untuk selalu menjaga dan ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia. Sukses selalu.


@ anny >>> :) Semoga upaya sederhana ini dapat membantu untuk ikut melestarikannya. Sukses selalu.


@ Gaphe >>> :) Benar Mas, karena mereka hidup untuk melestarikan seni budaya Indonesia, dan kitalah yang memberikan apresiasi untuk mereka. Sukses selalu.

oh banyak jenisnya toh ternyata..baru tahu..

saya melihat tarian kalau ada acara2 khusus aja pak

@ Sang Cerpenis bercerita >>> :) Benar sekali Mba, semoga postingan ini memberikan informasi baru bagi pengetahuan tentang seni tari barong. Sukses selalu.



@ Lidya - Mama Pascal >>> :) sama dong Mba sama saya. Sukses selulu ya Mba.

saya belum pernah lihat acara ini gan

@ agen xamthone plus >>> :) acara ini dapat dilihat dan disaksikan di Bali gan. Sukses selalu.

saya baru tahu gan kalau tari barong juga banyak jenisnya.

#katrok saya gan

@ Pengobatan Penyakit Demam Berdarah >>> :)Semoga hal ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan baru untuk kita semua. Sukses selalu.

Jadi inget bali, udah lama juga gak kesana, tari barong emang jadi kebanggan kita. thank

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus