SITUS BATU KALDE SEBUAH PRASASTI BATU NISAN MENTERI PERTANIAN KERAJAAN PENANJUNG

Belum lengkap rasanya bila kita mengunjungi pantai Pangandaran tanpa mengunjungi Taman Cagar Alam Pananjung. Taman Cagar Alam Pananjung yang merupakan pegalaman petualangan yang paling mengasyikkan dan sesungguhnya. Di dalam area Taman Cagar Alam Penanjung kita akan menjumpai salah satu situs Hindu Kuno yang bersejarah dan memiliki daya tarik tersendiri untuk di pelajari oleh kita semua.


Pada saat penulis menelusuri Taman Cagar Alam Pananjung. Penulis banyak menemukan bebatuan yang ada di kawasan Taman Cagar Alam Penanjung. Menurut informasi salah seorang pemandu lokal Taman Cagar Alam Penanjung, bebatuan tersebut merupakan reruntuhan Candi Hindu Kuno. Yang mana candi tersebut sebagai tempat pemujaan kepada arca yang bentuknya mirip anak sapi yang terdapat di lokasi tersebut.


Menurut cerita legenda masyarakat setempat. Konon arca sapi itu merupakan penjelmaan Raden Arya Sapi Gumarang, salah seorang menteri pertanian Kerajaan Pananjung. Yang mana semasa menjabat  Raden Arya Sapi Gumarang memiliki reputasi yang baik dan berhasil memenuhi seluruh kebutuhan rakyat Penanjung melalui sistem logistik yang ia jalankan dengan maksimal. Berkat jasa-jasanya Raden Arya Sapi Gumarang mendapat penghargaan dari raja.


Setelah Raden Arya Sapi Gumarang meninggal penduduk setempat mengenang beliau dengan memahat batu kuburnya yang menyerupai sapi jantan. Di kalangan penduduk setempat, arca sapi itu dikenal dengan nama Kalde (bahasa Sunda) dan dalam bahasa Indonesia yang berarti keledai. Sampai saat ini oleh masyarakat setempat, situs Batu Kalde dianggap sebagai tempat yang sakral dan memiliki nilai histori sejarah cerita mengenai Kerajaan Pananjung.

Pada saat penulis mengunjungi situs Batu Kalde, suasana di sana terasa sangat tenang dan khimat. Penulis bisa merasakan aura magis yang terpancar dari bebatuan yang ada di lokasi tersebut, yang dapat menghantarkan kita merasakan suasana pada masa lalu, seperti apa yang penulis dapatkan informasi dari sebuah keterangan dari salah seorang pemandu lokasi Taman Cagar Alam Pananjung Pangandaran.

Dekat lokasi situs Batu Kalde penulis  menemukan 5 buah makam kuno yang berada di sekitar area yang memilki luas 75 x 15 meter tersebut. Makam-makam tersebut diperkirakan makam para pembesar Kerajaan Pananjung.

Menyelusuri Taman Cagar Alam Pananjung penulis tidak hanya menyajikan keindahan alam disekitarnya, namun penulis juga dapat pembelajaran dari banyak cerita sejarah yang menarik di lokasi ini. Yang penulis rasakan, kita dapat bersama-sama menyusun sebuah puzzle masa lalu di tempat ini dengan mempelajari simbolis arca-arca Hindu serta mencari tahu kegigihan sang menteri Kerajaan Pananjung dari bentuk keunikkan nisannya.

Perjalanan penulis kali ini memberi pesan kepada kita semua, bahwa sejarah dapat mengantarkan kita pada suatu masa kejayaan seseorang yang dapat diambil dari sebuah cerita suri tauladan dari tokoh tersebut. Dan bukan sejarah yang memerlukan manusia, namun manusialah yang memerlukan sejarah sebagai bahan pembelajaran dalam menggali potensi yang terdapat di dalamnya untuk selalu dilestarikan dan di jaga demi sebuah pembelajaran ilmu pengetahuan.

Bagi anda yang memerlukan penginapan di daerah Pangandaran dapat mengisi formulir pemesanan pengnapan hotel di bawah ini yang akan membantu anda untuk mendapatkan dengan mudah, cepat, dan tepat ketersedian kamar hotel di kawasan Pangandaran dengan harga bervariatif yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda.

Semoga perjalanan penulis kali ini sangat bermanfaat untuk kita semua, serta dapat menambah pengetahuan kita tentang sejarah dari sebuah situs batu kalde yang berada di daerah Taman Cagar Alam Pananjung Pangandaran.

Setelah puas dengan wisata di kawasan Taman Cagar Alam Pananjung, anda dapat melanjutkan petualangan alam di Green Canyon




Salam Wisata,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

26 komentar

Foto komplek makamnyamana ya?pengen liat nih..

Tak disangka, komplek Priangan Timur memiliki peninggalan kerajaan ya?

nice post. I think this place is awesome. It is best place for vacation.

Pangandaran sekarang dah kayak Bali..Mantap luar biasa

Dimana tepatnya lokasi ini?

Ni tempat, serba ada. Mulai dari keindahan alam hingga wisata sejarah. Pangandaran memang lengkap...

wow.. dari ceritanya, sepertinya ni tempat sangat luar biasa...

jadi ingat ada tanaman namanya kuping kalde, eh beda ya pak itu :) maaf baru bisa BW lagi

ini pertama kali saya mendengar tentang situs ini pak luar biasa bisa mengunjungi tempat-tempat hebat seperti ini

Aku belum pernah kemari :-)

Tampak sejuk ya pemandangan sekitarnya...

saya baru mendengar cerita seperti ini, meski suka ke Pangandaran

Klo aku boleh tau, gimana keadaan arca-arca itu sekarang kang? apa masih terawat dalam bentuk aslinya sekalipun hanya tinggal puing? atau justru sudah dibuat replikanya? kayanya sekali-kali aku mesti kesana nih hhe... sering ke pengandaran tapi belum pernah ketempat satu ini :)

pengen kesana lihat batu2 prasasti
yang unik sekali ...

Aku sering ke sana..
dan pernah trauma, di gelayutin sama monyet MAs..hihihi..kapook, ga mau nerusin perjalanan..

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra...

Sejarah adalah masa lampau yang membawa kepada kejayaan masa depan. Sejarah memberi kita pengalaman yang hebat untuk dikesani melalui pengetahuan yang kita perolehi darinya melalui sumber-sumber yang dipercaya agar kita bisa belajar dari sejarah lalu.

Apa yang kita nikmati kini adalah kesan dari terungkapnya sempadan dan teladan sejarah masa lalu.

Informasi yang mengesankan. Teruja sekali dengan segala pengalaman mas Indra. Banyak sekali tempat wisata menarik di sana ya. Menambah informasi saya ke tempat-tempat menarik di Indonesia.

Salam sukses dan hormat dari saya.

SITI FATIMAH AHMAD
Sarikei, Sarawak.

Ni tempat, serba ada. Mulai dari keindahan alam hingga wisata sejarah. Pangandaran memang lengkap...

mau tanya sama masnya, mahal ndak pergi kesana :D

@ reachschools.org >>> Bisa di lihat lebih lengkap dalam portofolio multimedia perjalanan yang saya buat. Silahkan langsung menuju ke TKP Sob !


@ dwarfhammies.org >>> Benar Sob, semoga pengalaman dan hasil karya ini dapat mengangkat sebuah dampak positif untuk edukasi sejarah negeri ini di mata internasional.


@ jugglingart.org >>> Thanks, your welcome.


@ bevelyn.info >>> Pangandaran merupakan Balinya bagi wilayah Jawa Barat. Namun, sebenarnya Indonesia memilki kekayaan alam, budaya, dan sejarah yang bernilai tinggi. Semoga masyarakat kita dapat lebih mencintai dunia pariwisata negerinya sendiri dari pada senang dengan budaya orang lain.


@ maselino.com >>> Tepatnya di daerah Pantai Pangandaran Sob. Di Taman Cagar Alam Pananjung Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat.


@ oceanoffish.blogspot.com >>> Dan ini merupakan salah satu aset kekayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan juga Sob.


@ satuwaktu.net >>> Benar sekali Sob.


@ sekolah perikanan >>> Benar sekali, coba lihat melalui portofolio multimedia, mungkin akan membuka cakrawala kita bertambah Sob.


@ Lidya - Mama Cal-Vin >>> benar mba, aku jugabaru sempat balas komentarnya. He...x9


@ Munir Ardiku >>> sebuah dedikasi untuk megeri Pak. He...x9



@ Yunda Hamasah >>> Benar sekali mba, serba sejuk. Karena banyak tanaman pohon besar dan rindang.


@ Dadan Darmawan >>> Semoga dapat membangkitkan semangat para putra daerah dengan potensi daerahnya.


@ Ferdinand >>> Dapat dilihat di film yang telah terpasang linknya Sob.


@ anisayu >>> jangan lupa bawa anti nyamuk ya mba. He...x9


@ Nchie Hanie >>> He....x9 namanya juga masuk hutan mba, untung masih monyet. He....x9


@ webctfatimah >>> Indonesia banyak tempat wisata yang menarik Bun, semoga dalam setiap perjalananku dapat berbagi indormasi tentang keunikkan tempat-tempat di negeri yang indah ini.


@ Dewi >>> Benar Sob.


@ naussea >>> Menurut saya relative murah mas. Dibandingkan dengan apa yang bisa kita dapatkan dari perjalanan menuju ke sana. Tidak sampai menjual BB atau android (he...x9). Saran saya lebih enak menggunakan travel bila menuju kesana. Tapi pergunakanlah travel yang memiliki crew yang berpengalaman dan berwawasan luas. Dan mereka menguasai medan dan pengalaman di Pangandaran. Semoga berhasil dan dapat menikmati perjalanan di daerah Pangandaran.

saya baru tahu soal situs ini dari blog bapak ni, keren..

terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini, hampir satu jam saya ada disini maklum disini banyak info yang menarik, nanti bila ada waktu saya akan kembali mengunjungi blog anda lagi :D



#Semoga Sehat Selalu :)

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

:woot: jadi pengen coba lihat kesana deh

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus