TEMPAT PASCA REHABILITASI NARKOBA DI LAMPUNG

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/tempat-pasca-rehabilitasi-narkoba-di.html
Tempat Pasca Rehabilitasi Narkoba Di Lampung - Indonesia memiliki pusat paska rahabilitasi  narkoba yang berada di dalam terbuka dan juga hutan liar. Konon, metode ini merupakan pertama kali digunakan di dunia, di mana melalui metode ini residen yang pernah mengikuti rehabilitasi di Unit Pelaksana Terapi Dan rehabilitasi Badan Narkotika di Lido, Sukabumi, Jawa Barat akan direferal untuk mengikuti program pasca rehabilitasi yang berbasis konservasi di lokasi ini. Seluruh peserta bekas korban narkoba di ajak untuk menyatu dengan alam sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dari kecanduan narkoba.

Tambling Wildlife Natur Canservationa (TWNC) Lampung Barat melalui Arthagraha peduli telah bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional untuk mengembangkan pusat konservasi alam di kawasan daerah Tambling. Tempat ini di jadikan sebagai salah satu kawasan untuk tempat mereferal bekas korabn narkoba pasca rehabilitasi narkoba setelah mereka menjalankan proses dasar rehabilitasi selama 6 (enam) bulan.

Tentunya Badan Narotika Nasional yang merupakan induk dari Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) bagi para korban narkoba memiliki alasan dasar memilih kawasan ini di jadikan tempat merefel bekas korban narkoba yang habis melalui proses dasar rehabilitasi. Menurut informasi berbabgai survei yang menunjukan proses pemulihan para korban narkoba pasca rahab akan berjalan sangat cepat jika mereka berada di kawasan yang alamiah dan asri seperti Tambling ini. Di mana mereka dapat di berikan program kegiatan seperti meneglola tanah, betani, dan berternak untuk mempercepat proses pemulihannya.

Tentu para klien yang dikirim ke lokasi tempat ini akan tetap didampingi oleh para petugas dari Badan Narkotika Nasional yang berupa dokter, perawat, dan konselor. Kondisi tempat tinggal yang alami dan asri sangat membantu proses percepatan pemulihan kesehatan para klien yang di di tangani oleh Badan Narkotika Nasional.

Lanjut..........
Untuk program pasca rehabilitasi yang mengikuti progaram di kawasan Tambling Wildlife Natur Canservationa (TWNC) Lampung Barat ini akan menjalankan programnya sealam +/- 3 bulan, selanjutnya setelah dari lokasi ini para klien akan menjalni program peningkatan ketrampilan di Rumah dampingan dan Rumah mandiri yang lokasinya berdekatan dengan masyarakat agar mereka nantinya belajar berintegrasi ke masyarakat melalui kegiatan ketrampilan kompetensi diri guna mempersiapkan menju klien yang mampu menjadi wirausaha seutuhnya bila kembali ke tengah masyarakat.

Dan selama di Tambling Wild Life Nature Councervation (TWLNC) para kline dari Badan Narkotika Nasional yang sedang menjalani rahabilitasi lanjutan dapat bersahabat dengan alam terbuka. Sehingga para korban dapat lebih mencintai alam, serta menghargai arti kehidupan yang lebih luas. Maka dari itu menurut Badan Narkotika Nasional Tambling sangat cocot di jadikan tempat pasca rehabilitasi narkoba di Lampung.

Lanjut............
Tambling yang merupakan salah satu kawasan konservasi alam baru yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Konon, dulunya kawasan ini merupakan lokasi kawasan berburu. Hal ini di karenakan populasi hewan pada saat itu melimpah, namun sejak tahun 2001 kegiatan berburu di kawasan ini sudah di larang.

Menurut letak geografis lokasi Tembling ini terletak di Lampung Barat dengan luas mencapai 45.000 hektar. Dan kawasan ini banyak menyimpan begitu banyak kekayaan alam khususnya satwa langka yang di lindungi, salah satunya adalah harimau Sumatera yang kini populasinya hanya +/- 300 ekor yang masih tersisa di Pulau Sumatera.

Selain harimau Sumatera yang menjadi icon daerah Tambling ini kita juga dapat menemukan sebuah danau yang indah yang terdapat di dalam kawasan konservasu Tambling. Nama danau tersebut adalah danau Sleman, dan memiliki luas +/- 850 hektar.

Kawasan Danau Sleman Tambling merupakan kawasan habitat yang memiliki beragam jenis satwa disekelilingnya dan di tumbuhi pohon mangrove. Tidak jauh dari lokasi Danau Sleman ini kita akan menemukan  kawasan di mana terdapat sekelompok kelelawar yang hidup di kawasan Tambling ini.

Selain memiliki potensi kekayaan alam, Tambling juga merupakan saksi sejarah peradaban Indonesia. hal ini bisa dibuktikan dengan di temukannya sebuah menara mecusuar yang berusia lebih dari 100 tahun di lokasi ini.

Tidak hanya kekayaan flora dan fauna, Tambling juga memiliki peranan penting dalam menjaga kestabilan iklim. Pasalnya Tambling merupakan wilayah pertemuan arus air hangat dari Pasific dan arus dingin dari Samudera Hidia. Itu sebabnya Tambling juga memiliki beragam biata laut yang indah untuk dinikmati bagi pecinta alam.

Tempat Pasca Rehabilitasi Narkoba Di Lampung dengan segala keanekargaman yang dimilikinya merupakan kawasan hutan hujan tropis dataran rendah yang masih tersisa ditengah ancaman defortasi, sama halnya dengan para penacandu narkoba yang terus menggila di Indonesia. kawasan konservasi Tambling bakwase yang menyejukan kehadirannya dibutuhkan sebagai penyemimbang kestabilan ekosistem antara alam dan manusia yang dapat menyelaraskan dirinya untuk kembali kepada alam, di mana kita di lahirkan ke alam untuk dapat ikut melestarikan dan menciptakan alam dengan keharmonisan dalam hidup ini.





Salam,

Sumber :
Badan Narkotika Nasional.
www.tamblingwildlife.com   
http://lampost.co/berita/bnn-gandeng-twnc-lampung-rehab-pecandu-narkoba


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

25 komentar

tempat - tempat seperti ini memang harus di jaga dan kalau bisa manajemen pengurusnya orang2 profesional. thanks mas sudah berbagi :)

anak Lampung yang terlanjur terjerumus ngga usah lagi masuk ke jakarta untuk rehabilitasi nih, tapi alangkah indahnya kalau semua anak muda Lampung menghindari penyalah gunaan narkoba mendingan ge' supaya ngga perlu masuk ke tempat rehabilitasi...lebih baik

wah prosesnya cukup lama ya mas untuk rehabilitasi pecandu narkoba hingga menjadi pribadi yang baik dan mandiri .. semoga semua berjalan lancar seperti yang kita harapkan semua ya mas...?

berarti rehabilitasi yang berada di alam terbuka dapat membantu proses pemulihan pasien.

semoga tempat rehabilitas ini bisa membantu banyak pecandu narkoba kembali ke masyarakat ya pak.. :)

ooo..klo si junkies-nya dah dianggap sembuh lalu di bawa ke sini,,pasti makin ilang tuh sakaunya.. , Indonesia memang penuh dgn keanekaragaman hayatinya, ..apa pernah lokasi ini dipake buat diksar ato kegiatan alam Pak..?

Saya pernah berjumpa dan berkenalan dengan ODHA malah Pak ... :) Dia saya kenal sebagai pria yang betul-betul bersemangat ... :) Semoga saja fasilitas yang satu ini bisa membantu lebih banyak pecandu barang haram itu untuk bisa sembuh ...

Sepertinya tempatnya asyik ya Mas ...

Mantep banget nie Mas melihat fotonya di atas, bisa dijadikan tempat bolang nie ... :D

Dengan adanya tempat Rehabilitasi Narkoba ini, semoga
Bisa mengurangi korban Narkoba yah Mas Indra amin
Makasih atas info beritanya . salam santun dari saya :)

Sipp sependapat saya dengan Mas Ferdon
Terima kasih Mas Indra artikelnya, bisa menyelamatkan Putra Bangsa

Kalau bisa di hindari ya Kang Narkoba, biar generai bangsa Indonesia bisa maju dan sukses tanpa narkoba. :D

Salam

Butuh keseriusan dan ketelatenan sih Mas, Khususnya dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat yang terus mensuport mereka. Minimal agar mereka jauh dari lingkungan negatifnya, dan bisa membuat lingkungan yang positif.

Salam

Benar Mba, Mungkin ini yang di katakan sumbernya dari alam, dan kebalinya pun ke alam ya ? :D


Salam

Benar Mas, dan kita pun berharap Indonesia dan anak-anak bangsa ini terbebas dari pengaruh penyalahgunaan oba terlarang juga. Amiiiin.... :D


Salam

Tempat ini memang sering di gunakan sebagai tempat konservasi alam Mas, dan banyak kegiatan di sana yang sudah di kelola secara profesional. :D

Salam

Benar Mas, dan kita berharap di setiap daerah Provinsi Indonesia memiliki tempat rehabilitasi untuk anak bangsa Indonesia ini. Dan pastinya kita ikut prihatin dengan para sahabat di Indonesia yang terkena dengan masalah ini ya :D

Salam

Tempat ini memang asyik dan indah ko Mba, makanya di pilih sebagai tempat yang sesuai untuk tempat paska rehabilitasi sebagai pemantapan mental. :D

Salam

Tempat ini bisa juga di jadikan tempat ngebolang ko, dan sampai hari ini banyak yang berkunjung ke sana untuk melakukan perjalanan wisata petualangan dan observasi penelitian.

Salam

Sama-sama Mas Saud, dan terikasih atas supportnya. :D

Salam,

maen lagi ke Lampung selain ingin meninjau tempar rehabilitasi narkoba, juga pengen borong kopi lampung untuk di jual lagi di sumedang nih...;o)

gambaran tempat ini memang sesuai sekali untuk rehabilitasi korban narkoba ya mas

ini tempat pembersihan para pengguna narkoba supaya insyaf

tempat-tempat seperti ini harusnya sudah tersebar merata di seluruh nusantara ya mas...

jadi penting sekali ya mas buat para pelaku penyalahgunaan narkoba atau pecandu narkoba agar bisa sembuh dengan cara di rehabilitasi ;)

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus