KETENANGAN JIWA

http://ejawantahnews.blogspot.com/2010/10/ketenangan-jiwa.htmlKetenangan Jiwa.- Di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, kita menghadapi banyak perselisihan, pertentangan dan kepentingan yang berlawanan, sehingga sangat perlu kita berlatih untuk menguasai diri untuk membentengi jiwa kita dengan ketenangan, kekuatan dan ketabahan.

Ketenangan dapat datang dari luar, juga dapat datang dari dalam diri kita sendiri. Betapapun sulitnya pekerjaan dan peliknya persoalan dalam kehidupan, dapat diselesaikan dengan mudah dan santai.

Ketenangan dapat dimiliki dengan latihan meditasi dan melakukan pekerjaan spiritual secara disiplin dan teratur sesuai aturan dan ajaran agama yang dianut oleh masing-masing manusia.

Orang hidup itu harus menyelelaraskan antara batin dan rasa. Dikarenakan batin dan rasa sangat mudah untuk dipengaruhi, terseret dan dikuasai oleh kemarahan, kebencian, kedengkian, iri hati, kesombongan , keserakahan, kesusahan, ketakutan dan sebagainya.

Dengan menyelelaraskan suasana batin dan rasa, maka batin dan rasa akan menjadi selaras, serasi, seimbang. Dengan begitu batin pun akan mencapai ketenangan. Dan di dalam ketenangan akan muncul pekerti-pekerti yang luhur. Kehidupan pun terasa damai, dan orang lain pun merasa aman.

Semua harus diawali dari diri sendiri, jangan menunggu orang lain. Dalam hadist shphenya Rasulullah SAW pernah bersabda, "Mulailah (semuanya) dari dirimu sendiri." Artinya, untuk mencapai ketenangan bersama , maka setiap individu harus menanamkan kesadaran dalam diri mereka masing-masing, supaya ketenangan yang ada dalam "diri" personal akan memancarkan ke "diri" sosial, sehingga ketenangan bersama pun tercapai.

Jiwa butuh makanan
Makanan jiwa adalah ketenangan
Ketenangan merupakan unsur terpenting untuk
Mewujudkan kedamaian dan kebahagiaan hidup
Dunia maupun di akhirat.

Allah SWT sendiri telah menyeru kepada jiwa yang tenang untuk kembali ke hadhirat-Nya dengan perasaan yang puas. Dalam versi Islam, untuk mendapatkan ketenangan manusia dapat selalu melakukan dzikirullah dalam setiap waktu. Seperti yang tertera dalam Al-Qur'an surat Ar-Ra'du ayat 28, "Ingatlah, dengan mengingat Allah dapat menenangkan hati."

Dengan demikian, ketenangan selain diperoleh dari menyelaraskan batin dan rasa, juga dapat didapatkan dengan dzikirullah atau selalu mengingat Allah. Inilah pandangan Islam terhadap proses pencapaian "Ketenangan Jiwa".

Kehidupan ini sering diguncang oleh hal-hal yag merisaukan jiwa dan raga, seakan kita hidup harus berani dihadapkan dengan ketidak nyamanan, dikarenakan ada saja yang menjadi penyebab ketidak tenangan dalam kehidupan ini.

Penting sekali bagi kita untuk menanamkan prinsip bahwa yang terpenting dalam hidup ini adalah ketenangan. Kita harus berusaha mendapatkan ketengan itu dengan berbagai cara, baik secara spiritual agama maupun non spiritual agama. Dikarenakan "Ketenangan Jiwa" merupakan suatu impian idaman bagi setiap individu setiap manusia.

Jangan sekali-kali melakukan hal-hal yang berat sebelah, jangan mengurangi sesuatu yang sudah seimbang, jika tidak ingan dihantui ketidaktenangan. Jangan melanggar hukum alam yang telah diatur dan diseimbangkan Tuhan, jika tidak mau menerima akibatnya. Ketidaktenangan pada hakikatnya merupakan ulah manusia itu sendiri.

Bahwa "Ketengan Jiwa" merupakan sumber kebahagiaan hidup yang menjadi impian setiap manusia yang hidup bersosial, berbangsa dan bernegara dalam konteks dunia nyata atau riill. Tidak ada alasan untuk tidak menginginkan ketenangan jiwa, karena tanpa "Ketenangan Jiwa" seseorang akan merasa selalu gelisah, takut, dan mendeita. Oleh sebab itu mulailah dari diri sendiri untuk mewujudkan kehidupan yang memiliki jiwa yang tenang. Semoga kita dapat meraih dan memperoleh impian yang paling dasar dan sederhana ini, agar dapat membantu memecahkan segala persoalan yang ada dalam hidup ini.

Dengan mengatasi permasalahan yang kecil
Dapat
Menyelesaikan Permasalahan Yang Besar

Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

13 komentar

salam sahabat
sangat memberikan inspirasi dan motivasi tersendiri bagi saya,makasih yach

yups, bnr skali sob, kalo jiwa kita tenang, hidup pun trasa tenang, dan kalo hidup kita tenang, niscaya kebahagiaan akan terwujud..

Sejuk sekali membaca artikel ini.

Salam cinta dan persahabatan

salam persahabatan aaja deh :D

Ketenangan jiwa merupakan faktor penting buatku, semoga bisa memperbanyak dzikir untuk mewujudkannya..

Mohon dukungannya untuk blogku dalam kompetisi blog beswan, caranya http://blog.beswandjarum.com/puspitaningtyasaisyah/profil/http://blog.beswandjarum.com/puspitaningtyasaisyah/profil/

Ketenangan jiwa bisa diperoleh dengan berdzikir kepada Allah SWT yang membuat hati menjadi tentram.

semoga kita semua diberi ketenangan jiwa agar hidup kita bnr2 menjadi lbh baik lg
amin

sALAM kENAL KUNJUNGAN BALIK...

saya komen dengan tenang deh..*napas wushu*

subhanallah, semoga kita semua dikaruniai jiwa yang tenang sehingga sanggup menyelesaikan setiap masalah dengan hati yang tenang, kepala yang dingin, dan kearifan hati, amiiin.

Salam saudara, ini kunjungan pertama saya ke blognya. Minta izin untuk membaca kandungan didalamnya yach..

hehehe..
jd keinget lagu "slow down baby",take it easy just let it flow,,

alon2 asal kelakon bahasa jawanya,, ^^

Hanya dengan dzikir (banyak mengingat Allah) baik dikala tidur, duduk dan berdiri maka ketenangan jiwa yang hakiki akan kita miliki.

Kalo kita dekat dengan Allah, maka pertolongan dan kelebihan akan Allah sematkan pada diri kita. Itulah kekuatan yang sebenarnya

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus