BERENDAM AIR PANAS BERDAMPAK BAGI KESEHATAN TUBUH

Berendam air panas menimbulkan sensasi rileksasi. Tapi rileksasi dengan cara ini tidak boleh sembarangan dilakukan. Berendam di air panas saat cuaca dingin dapat menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian ilmiah, kebiasaan berendam di air panas saat cuaca dingin beresiko menimbulkan gagal jantung.

Studi tim penelitian yang dipimpin Chika Nishiyama dari Kyoto Prefectural University of Medicine School of Nursing ini mengungkapkan, kasus gagal jantung saat mandi meningkat 10 kali lipat di musim dingin dibandingkan musim panas. Fakta ini penting bagi masyarakat Jepang, karena sebagian besar penduduknya senang mandi dengan air panas selama berjam-jam, guna menenangkan diri setelah sibuk seharian dengan aktifitasnya.

Nishiyama dan tim menggunakan data 11.000 (sebelas ribu) kasus gagal jantung 2005-2007 di prefectur Osaka Barat sebagai dasar studi. Berdaarkan data itu 22 persen kasus terjadi dalam keadaan tidur dan sembilan persen saat sedang mandi. Sekitar 3 persen mengalami gagal jantung pda 10 juta orang terjadi saat sedang berendam. Kemudian, 10 kasus dari 10 juta orang terjadi saat berolahraga.

Penelitian lain menyebabkan bahaya berendam air panas. Dr. Paulo Turek dari University of California, San Francisco berhasil membuktikan, lima dari 11 pria yang dia teliti mengalami penurunan kesuburan setelah berendam selama tiga bulan di air hangat. Mereka berendam di jacuzzi dan bath tub dengan suhu ait diatas suhu tubuhnya selama 30 menit atau lebih selama seminggu.

Sementara itu dr. Handrawan Nadesul, penulis buku "Kolumnis Kesehatan" menegaskan mandi di air hangat mengurangi penyakit yang diakibatkan penyempitan pembulu darah. Tapi dolter ini juga menambahkan dampak negatif berendam di air panas, sperma rentan terhadap suhu panas. Jika terkena suhu yang terlalu panas, apalagi terus menerus maka kualitas sperma terganggu.

Jadi kesimpulan penulis mengenai hal ini berdasarkan dari beberapa sumber artikel dari para akhlinya menyimpulkan, mandi atau berendam di air hangat tidak masalah namun yang harus di perhatikan suhu airnya. Selesai kita mandi air hangat, sebaiknya kita mengkonsumsi minuman hangat, dan hal ini dapat juga menetralkan suhu tubuh kita. Air seduhan jahe yang paling enak diminum pada saat hangat, dan minuman ini diyakini berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.


Disajikan dari beberapa sumber artikel bacaan untuk menambah pengetahuan.

Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

12 komentar

Oh gitu ya Pak, padahal berendam ketika cuaca itu dingin wuenak pooll lho :P

@ yuniarinukti >>>

:) Boleh saja tapi jangan terlalu panas, yang penting hangat saja. Sukses selalu.

Sipp Pak, suhu lingkungan sama suhu tubuh tidak boleh terlalu ekstrim berarti ya.

@ ysalma >>>
:)Seperti itulah Mba, untuk tetap menjaga kestabilan suhu tubuh. Sukses selalu.

kalau anak2 badannya hangat saya suruh berendam di air hangat

Terima kasih infonya mas bro.


Salam Persahabatan.

untuk usia lanjut biasanya max 40 derajat. Bagi yang masih muda bisa sampai 42-43 derajat. Memang harus hati-hati kalau berendam di air panas.

8-) wah bisa warning buat kita,
makasih infonya.

wah kalau begini mesti beli shower yang seperti di hotel nih mas

Artikel yang mencerahkan, suka banyak orang yang maunya pintas, kalu dingin cari rendaman air hangat, tak tahunya malah bahaya...

Trims Pak, berguna sekali ;)

Kunjungan balik y gan ^^
Thx infonya

http://4share-information.blogspot.com

Salam blogger Indonesia
Jangan lupa komentarnya ^^
Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

jangan lupa follow jga ^^
( bila berkenan )
Atau subscribe
Pastinya akan saya foll back / subscribe back
:sleepy:

Padahal sy suka yg ginian ... di ciater lembang n cipanas garut .. berendam memberi efek bugar sampe dua tiga hari

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus