KAMI HADIR KARENA ANDA


Awal Ramadhan 1431 H / 2010 M merupakan tahun yang penuh dengan rahmat Allah yang penuh dengan suatu kebarokahan, karena di Ramadhan ini terlahirlah suatu ide sederhana untuk melanjutkan dan melestarikan suatu program yang sudah tercetus dan berjalan selama ini di lingkungan penulis. Yang mana semua ide itu berawal di Ramadhan 1428 H / 2008 M. Dengan memberikan suatu rangsangan terhadap anak untuk dapat mau hadir dalam rangka belajar agama tanpa membebani orang tua peserta didik dengan harus mengeluarkan biaya, sekaligus menciptakan suatu sarana pendidikan yang dapat dinikmati untuk warga tempat tinggal kami.

Dengan dukungan dari beberapa sahabat yang berkeyakinan bahwasanya ide penyelengaraan dunia pendidikan agama gratis berupa  "Pesantren Kilat" dan "Penyantunan Untuk Anak Yatim Piatu; Para Janda Manula; dan Fisabilillah" di bulan Ramadhan 1431 H yang bertepatan pada tanggal 5 s/d 7 September 2010 M alhamdulillah terlaksana dengan baik dan memuaskan.

Acara ini diikuti oleh 39 peserta didik yang berusia 4 s/d 13 tahun, dan diasuh oleh dua orang pengasuh pengajar dari warga setempat. Adapun paket lebaran sebanyak 20 paket yang telah disalurkan panitia pelaksana yang mendapat amanah dari para donatur dalam acara ini.


Dalam media ini penulis ingin berbagi kebahagian bagi siapapun untuk keberhasilan acara ini.


Gambar  (1) Merupakan kegiatan rutin selama "Pesantren Kilat" berlangsung setelah melakukn sholat dzuhur berjamaah, peserta didik bertadarus (membaca Al-Qur'an) surat pendek. Kebahagiaan orang tua kandung pada saat anaknya dapat mengalunkan ayat-ayat Tuhan yang dikumandangkan dengan baik dan benar.


Gambar (2) Merupakan proses kegiatan belajar mengajar untuk menghafal bahasa Arab untuk mengenal beberapa kosa kata. Ini bertujuan agar peserta didik dapat menambah pengetahuan bahasa, dan mengenal suasana kehidupan pesantren yang sesungguhnya.  


Gambar (3) Merupakan proses pembelajaran untuk mewarnai sambil mengenal hasil karya para sahabatnya. Sekaligus peserta dapat saling sosialisasi dalam kehidupannya tanpa memandang kedudukan dan tingkat status sosial dari setiap keluarganya.


Gambar (4) Setelah seharian mengikuti proses belajar-mengajar sambil berpuasa Ramadhan, tanpa terasa tibalah saatnya mereka mempersiapkan diri untuk berbuka puasa bersama, sambil membaca sholawat nabi yang di pimpin oleh para pembimbing. Dan panitia pelaksana mempersiapkan segala sesuatu untuk hidangan buka puasa.



Gambar (5) Peserta menikmati hidangan buka puasa bersama, setelah melakukan sholat magrib berjamaah

Gambar (6) Pada malam terakhir di malam ke 29 Ramadhan 1431 H / tanggal 7 September 2010 M di 2/3 malam para peserta didik melaksanakan sholat tahajud bersama


Gambar (7)  Setelah melakukan sholat Tahajud bersama, para peserta didik beritikaf sambil berdoa. Alangkah bahagianya orang tua mereka, di karenakan pada 2/3 malam ini mereka semua bersama-sama mendoakan orang tua mereka di bulan yang terbaik.



Gambar (9). Para peserta didik yang berprestasi mendapatkan suatu bingkisan  dari para donatur yang telah mensaqohkan sebagian rejekinya untuk terlaksananya kegiatan ini.


Gambar (10) Puncak acara "Pesantren Kilat" diakhiri dengan memberikan sertifikat kegiatan penilaian selama anak mengikuti kegiatan ini.

Gambar (11) Foto bersama beberapa peserta didik, pengajar, dan salah seorang panitia pelaksana sekaligus pengawas acara "Pesantren Kilat".


Gambar (12)
Terimakasih bagi para Hambah Allah yang telah menjadi donatur. Ini merupakan paket sembako untuk hari raya, yang telah kami salurkan untuk santunan anak yatim, janda manula, para fisabilillah. Semoga amal ibadah kita semua mendapatkan Rahmat dan Maghfirah dari Allah. Dan Allah akan membantu menyeleaikan permasalahan kita melalui sadaqoh kita. Ami.......n.


Alangkah bahagianya bila kita dapat berbagi dalam hal sadaqoh. Terutama di saat kita sedang mengalami tingkat kesulitan tertinggi sekalipun, kita harus memberanikan diri untuk bersadaqoh. Karena sadaqoh dapat membantu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan kita. Kepedulian seperti ini bukan hadir dikarenakan dari suatu golongan orang yang berada, namun dari orang biasa yang memiliki suatu cita-cita yang luar biasa.

Hal terpenting dari kita sebagai manusia, ialah seberapa banyak peluh mengucur ke bumi demi mencipta kelapangan hati dalam menghadapi kehidupan ini beserta ujian dan cobaannya.
Dan tidak lupa penulis mewakili dari pihak panitia pelaksana mengucapkan terimakasih untuk para hamba Allah sebagai donatur dalam pelaksanaan acara ini. Semoga kita semua dapat merasakan kebahagian dalam pelaksanaan acara ini. Dan Allah SWT akan memberikan balasan yang berlipat ganda sesuai dengan janjin-Nya.



Salam,



Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

46 komentar

Senang sekali rasanya melihat anak2 yang sangat antusias mempelajari ilmu agama. Mudah2an mereka kedepannya menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1431 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga amal ibadah puasa yang kita laksanakan selama 1 bulan diterima Allah SWT. Juga mohon dimaafkan apabila selama ini ada komentar-komentar saya yang saya utarakan di blog kerabat tidak berkenan di hati kerabat. Semata-mata karena ketidaktahuan dan ketidakpekaan saya. Semoga persahabatan dan silaturahmi ini selalu berkekalan

Hm..... betul2 menyejukan hati dan jiwa melihat generasi muda Islam melaksanakan kegiatan2 tersebut. Kedepan nya dengan mengikuti kegiatan itu keimanan mereka semakin tinggi dan bisa membawa Islam menjadi lebih baik lagi.
Buat penyelengaranya, sukses pak semoga diganjar Allah dengan pahala yang setimpal.
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Dalam keindahan dan kesucian hati berpadu dalam hembusan nafas di hari yang Fitri, melapangkan dada dan membersihkan noda yang mengotori,perlahan kusandarkan perahu pada lautan yang Fitrah.
Atas rasa yang begitu tulus kuucapkan ...

Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Selamat hari Raya Idul Fitri 1431 H, Semoga Allah menjadikan kita umatNYA yang Mulia.

Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon maaf lahir dan bathin.
Terimakasih sudah berkunjung ke blogku.
Salam hangat dari Flores.

subhanallah, mulia sekali...mudah2an banyak menginspirasi pembaca blog ini...

salam hangat mas...

saya sekeluarga mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin

maaf sobat ^_^ hanya ,mengucap terimakasih dan mohon maaf lahir dan batin.....

salam survive

kegiatan yg sgt mendidik bagi generasi muda. Semoga sertifikat bukanlah akhir dari kegiatan tsb, dan smg sertifikat jg bukan hnya sbg simbol kebanggaan tanpa adanya aplikasi di kehidupan nyata.

Motivasi yg sgt berguna bagi anak-anak,sukses terus sobat...maaf gambar 6-nya kok agak aneh. Sholat tahajjud kok didokumentasikan. Yg mendokumentasikan ga ikut sholat ya? walah-walah....

Sekalian mo ucapin
Minal aidzin wal faidzin
mohon maaf lahir dan bathin

Salut! Semoga dari semua yang telah diupayakan mendapat berkah-Nya, amin.

semoga kelak mereka menjadi manusia yang bermanfaat bagi keluarga, lingkungan, masyarakat & negara

Minal ‘Aidin wal Fa’idzin

Mohon Maaf Lahir & Bathin

salam sahabat
emlihat artikel dan beberapa fito jadi pingin pulang kampu ng berkumpul bersama anak anak asuh ..makasih ya mampir di log saya dan saya dah follow anda udah follow saya terima kasih

mudah mudahan kegiatan ini dapat berjalan terus, sehingga akan tercipta manusia-manusia yang bertaqwa dikemudian hari, dan kegiatannya menjadi amalan sholeh bagi para pendidiknya dan para donaturnya dan juga para penggagasnya

tak lupa pakde juga mengucapkan

"SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN"

Sepertinya menyenangkan kegiatannya. :)

Loewyi sekeluarga mengucapkan
selamat hari raya idul fitrih 1431H
Minal Aidzin Walfaidzin... Mohon Maaf Lahir dan Batin

Selamat hari raya 'idul fitri,mohon maaf lahir batin...
semoga kita semua dikembalikan pada fitrah...amin....

Salam kenal...dan salam persahabatan...

minal 'aidin wal faidzin yah sob ^^
maapkan lahir dan bathin ^^

selamat hari raya idul fitrih 1431H
Minal Aidzin Walfaidzin
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Mohon maaf lahir batin..mudah-mudahan program mulianya dapat terus berjalan ya.

Alhamdulillh disaat zaman yang tdk menentu,,ada hal yan baik demikian..
Selamat lebaran
Mohon maaf lahir bathin

MENONE mengucapkan
SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN............salam persahabatan

selamat idul fitri pak.
mohon maaf lahir batin.

semoga pesantrennya makin maju.:)

tersentak.itulah yang saya rasakan saat membaca Posting anda. membuat bulukuduk terasa merinding..



salam hangat n senang bisa mampir disini. Selamat Idul Fitri 1431 H

Semoga program mulia ini menginspirasi yang lain.
Selamat ied 1431 H, maaf lahir dan batin.

wahhh, hebat nih. semoga bisa banyak menginspirasi yang lain

assalamualaikum wr wb :)
selamat idul fitri..

ini juga sebagai salah satu amal jariah...

minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin...

mereka2 semua adala calon generas bangsa yg munkn akan bsa merubah bangsa ni semoga saja, sekalian saya follow

generasi penerus yg akan menentukan nasib bangsa kita dimasa depan ... nice artikel ... :)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Mohon Maaf Lahir & Bathin

selamat idul fitri, mas, minal aidin walfaizin, mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan saya selama ini.

seeprtinyas sukses besar acaranya
Taqoba lallahu minnaa wa minkum
Shiyamanaa wa shiyamakum

:)

Hartohadi dot com mengucapkan :
Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim,
Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

jadi teringan waktu TPA dulu :D
semoga mereka menjadi anak yang berguna untuk agama dan bangsa

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H. Taqobbalallahu minna wa minkum. Mohon Maaf Lahir Dan Batin.. makasih silaturahmi-nya

seru tuh, puasa jadi g berasa laparnya kalo diisi kegiatan yg bermanfaat ky gitu :D

wohoo, udah lama juga ga ngumpul2 gitu ama anak2 kecil :)

Semoga amal yang dilakukan oleh semua pihak untuk Pesantren Kilat dilipatgandakan. Amin.

Sekalian saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin :)

acara2 kayak gini yg bikin dasar akhlak jadi makin baik ya..

nah, ini dia nih acara2 yg bermanfaat bagi kita. apalagi dijalankan pd bulan puasa. dan ini sangat mendidik bagi yg asih kecil, besarnya jadi anak sholeh.

Terimakasih karena sudah mengunjungi blogku.
Kapan kapan datang lg ya! krn yg pastinya sering aku updet setiap harinya.... :mrgreen:

Mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi pembaca blog ini, dimana kegiatan ini sangat mulia sekali, apalagi dilakukan di bulan yg penuh barokah ini, WWW.Rajakupu.wordpress.com mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin salam kenal

Semoga Allah SWT membalas kebaikan dan amalan yang telah dikerjakan, da semoga menjadi sumber inspirasi bagi siapapun untuk berbagi dan memberi sesuatu yang berarti bagi sesama.

Subhanallah.. Ini kegiatannya dimana?dijakarta bukan?kalo iya, mau dong sy jd relawan...

Salut, semoga Allah memberkahi, amiin

selamat atas acaranya...
mohon maaf lahir bathin yaaa :D

Artikelmu bagus, Inspiring, aku suka. Aku juga suka nulis artikel bisnis, Traveling dan pengalaman pribadi. Silahkan berkunjung ke blogku http://www.yohanwibisono.com, Kita bisa sharing :)

Sugeng Riyadin
Mohon maaf lahir bathin

Kegiatan mulai bernilai ibadah ini patut dilestarikan mas.
Salam hangat dari Surabaya

nice article..

btw, templatenya pink lucu lho.. :D

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus