UDJO NGALAGENA SANG MAESTRO ANGKLUNG SENI TRADISIONAL INDONESIA


Udjo Ngaladena lahir 5 maret 1929 - meninggal 3 Mei 2001 pada usia 72 tahun. Udjo Ngaladena merupakan salah seorang seniman musik angklung, beliau bersama istrinya bernama Uum Sumiarti (panggilan akrabnya) mendirikan Saung Angklung Udjo pada tahun 1966 hingga sekarang yang merupakan sanggar seni sebagai tempat pertunjukkan seni, laboraturium, pendidikan sekaligus sebagai objek wisata budaya khas daerah Jawa Barat dengan menghandalkan semangat gotong royong antara sesama warga desa.

Cita-citanya untuk dapat mewujudkan pesan dari Bapak Angklung Dunia yaitu Daeng Soetigna (alm), untuk dapat mmemperkenalkan ANGKLUNG ke semua orang di seluruh dunia, agar dikenal dimana-mana. Dengan gagasan inilah Udjo Ngaladena melalui penampilan kesenian musik ANGKLUNG dapat membantu mendorong terciptanya perdamaian di dunia yang kita cintai ini.


Pada saat penulis hadir dalam acara di Saung Angklung Udjo dalam acara Wisata Budaya 2012. Sungguh luar bioasa kecintaan (alm) Udjo Ngaladena dalam memperjuangkan untuk memperkenalkan alat musik seni tradisional. Hingga pada tahun 2010 UNESCO sebagai Badan dunia yang membawahi salah satunya mengenai kesenian tradisional, memberikan penghargaan dan pengakuannya, bahwa angklung merupakan salah satu alat musik tradisional dari Indonesia.

Foto Penulis bersama MC
Angklung tidak hanya dipakai hiasan, namun dapat untuk memainkan lagu-lagu sederhana. Pertunjukan yang disajikan para anak didik di Saung Angklung Udjo dapat membuat para wisatawan yang hadir terpesona dengan penampilan mereka, sekaligus para wisatawan dapat belajar menggunakan aklung untuk dimainkan bersama-sama. Sebuah lagu anak-anak yang cukup populer di banyak negara, termasuk di Indonesia. penontonton pun ikut diajak bernyanyi bersama.

Foto by : Indra Kusuma

Dengan angklung Pa Daeng yang disebut juga angklung Do - Re - Mi, angklung dengan laras nada diatonis yang diciptakan oleh Bapak Daeng Sotigna (Alm) pada tahun 1938, angklung bukan hanya dapat digunakan untuk membawakan lagu-lagu daerah, namun juga lagu-lagu nasional dan internasional. Para wisatawan yang menyaksikan pertunjukkan tersebut juga diajarkan dalam bermain angklung. Foto disamping sebelah kiri merupakan beberpa cuplikan pada saat para wistawan menadapatkan instruktur bermain angklung bersama.
Foto by : Indra Kusuma
Sekarang angklung sering dimainkan sebuah penampilan seni orkestra, dan sering dikombinasikan dengan permainan alat musik seperti gitar, perkusi dll. Angklung dapat juga memainkan hampir semua jenis lagu, klasik, kontemporer, pop serta mengiringi vokal.Keistimewaan angklung adalah sebagai alat musik yang sangat menarik dibawakan secara massal, karean permainan angklung yang baik akan tercipta bila di antara pemainnya terdapat kekompakan. Dan di Saung Angklung Udjo kita akan mendapatkan tekhnik cara bermain angklung dengan langsung mempraktekkan dalam permainan dalam membawakan beberapa lagu dengan sedikit orang.

Foto by : Indra Kusuma
Pada akhir acara, para pemirsa yang membawa anak-anaknya dapat terlibat dalam permainan seni tradisional yang langsung ditemani dan diarahkan oleh para anak asuh di Saung Angklung Udjo dalam permainan ini. Suasana menjadi tambah meriah dengan melibatkkan para penonton untuk turut serta mengisi acara ini. Lihatlah suasana di sana dalam foto sebelah kiri ini.
Foto by : Indra Kusuma

Walau pun kini Mang Udjo telah tiada, namun hasil dari suatu ide gagasannya yang dimulai dari langkah sederhana, kini banyak telah melahirkan para seniman-sniman angklung dengan peningkatan perekonomian di daerahnya bahkan di negeri Indonesia, sebagai objek wisata budaya. Mungkin hal ini dari penduduk Indonesia belum banyak mengetahui tentang hal ini. Namun hasil kerja Mang Udjo kini telah terkenal oelh masyarkat Internasional. hasil karya anak-anak didiknya dan masyarakat setempat sudah banyak singgah di negeri Jepang, Korea, Inggris, Belanda, Amerika, Perancis dll.

Dan tentunya masih banyak potensi masyarakat Indonesia yang masih belum bermunculan dan dikenal dengan dunia internasional.Semoga mereka dapat bertahan dalam suatu komitment sederhana untuk kesenian tradisional, karena tradisional itu bukanlah suatu hal yang kuno dan tertinggal jaman; namun dengan tradisional dapat mengimbangi kemajuan jaman dan hidup selaras beriringan dengan menghasilkan suatu karya yang lebih sempurna dalam kesenian yang unik.

Ini merupakan suatu apresiasi dari penulis untuk sebuah hasil karya (alm) Mang Udjo beserta keluarga besarnya dan juga masyarakat setempat sebagai bentuk rasa hormat kami, untuk para pejuang seni budaya Indonesia yang terus bergerak memperkenalkan hasil karya seni tradisional di mata Internasional.


Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

22 komentar

alat musik tradisional yang perlu dilestarikan angklung itu ya

Masih kepunyaan Nicki astria Gak Bos

belum pernah main angkulung :kikik:

tapi saya seneng denger angklung :music:

pencinta seni memang selalu di kenang..

Angklung termasuk salah satu alat musik yang saya suka Pak...
Kalau gamelan ada yg saya tidak suka. Pokoknya yg Sunda2 saya suka, padahal saya bukan orang sana

muzik angklung ni lama2 dengar best juga..

angklung sudah menduia ya pak sekarang

@ Ratnawati Utami >>> :) Bukan hanya angklung Mba, tapi semua jenis alat musik tradisional daerah yang ada di Indonesia. Sukses selalu.


@ Dangstars >>> :) Informasi itu tidak saya dapatkan dilokasi Bang. Sukses selalu.


@ jiah al jafara >>> :) Bila main ke Bandung mampir ketempat ini saja Mba, nanti pasti bisa main angklung. Sukses selalu.


@ Jelly Gamat Gold G >>> :) Benar Sob ! Sukses selalu.


@ marsudiyanto >>> :) Mantap pak Mars, sukses selalu ya pak !


@ Yatie Awang >>> :) Bila berkenan kaka dapat datang kesana dan menikmati pagelaran musik tradisional angklungnya. Sukses selalu ya Ka !

@ Lidya - Mama Pascal >>> :) Benar Mba, dan bukan hanya angklung saja. Bahkan alat seni musik tradisional bangsa Indonesia yang lainnya sudah mendunia. karena terdapat keunikan tersendiri di alat musik tersebut. Sukses selalu.

angklung kebudayaan daerah yang sudah terkenal kemana-mana dan memperkuat kebudayaan nasional

@ smp3lembang >>> :) Benar Pak, semoga semakin dicintai masyarakatnya untuk selalu dpat dilestarikan. Sukses selalu.

Perjuangan dan ketelatenan sang maestro dalam mengembangkan dan melestarikan seni angklung patut diteladani ya Gan. Sukses selalu.

semoga perjuangan Udjo Ngaladena dalam melestarikan sekaligus mengembangkan seni tradisi angklung bisa terus berlanjut meski beliau sudah tidak ada.

@ sawali tuhusetya >>> :) Benar sekali Pak, dan banyak akan melahirkan Udjo Ngaladena yang baru dan lebih berinovasi dlam mengembangkan seni tradisional angklung.

Di tempat saya kayaknya sudah ga ada yg mainin. Dulu kayaknya di grup reog desa saya ada angklungnya juga. Skrng grupnya sudah bubar :).

ku jadi kangen dengan suara merdu angklung
indah dan menarik :)

salam sukses...

Semoga angklung menjadi alat tradisional yang luar biasa dan juga sebagai warisan budaya yang harus kita lestarikan.

hebat ya pak Udjo ini.

Sering mampir di saung Udjo..
Baru tau yang mpunya ini..hiih..

your post is nice.. :)
keep share yaa, ^^
di tunggu postingan-postingan yang lainnya..
angklung dan alat musik lainnya harus di jaga dan dilestarikan, agar tidak di akui oleh negara lainn, dan juga untuk menghormati para nenek moyangg kitaa.. :D
jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
terima kasih.. :)

semoga saja alat kesenian tradisional ini terus bisa di jaga kelestariannya dengan mengajarkan ke generasi selanjutnya ya, ^_^

angklung selain sebagai alat musik kebanggaan orang sunda juga sebagai kebanggaan bangsa indonesia

Seruuu tau main angklung!!
Aku udah pernah main angklung, asiik deh seru!!

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus