GAME ONLINE SEBAGAI SARANA EDUKASI ANAK

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/game-online-sebagai-sarana-edukasi-anak.html
Game Online Sebagai Sarana Edukasi Anak - Perkembangan dunia teknologi sekarang ini sangat memungkinkan bagi kehidupan anak-anak cepat mengenal suatu permainan yang menyenangkan dari sebuah game yang dapat dia mainkan. Baik itu melalui komputer atau pun laptop dan gadget yang di milikinya.

Walau banyak pendapat orang di luar sana mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif, namun, kita juga harus bisa melihat dari dampak positif yang di timbulkan dari permainan game online juga. Karena hal ini tidak terlepas dari peran serta para orang tua, dan masyarakat serta negara yang dapat menghasilkan sebuah permainan game online yang positif untuk dunia anak.

Salah satu manfaat dari permainan game online pada umumnya dapat meningkatkan ketrampilan pada tangan dan mata para pemainnya. Karena kedua panca indera inilah yang selalu terlatih dalam permainan game. Di sadari atau tidak para pemain game juga dapat mengarahkan otak mereka untuk selalu berpikir, dan secara otomatis hal ini dapat juga merangsang keterampilan daya berpikir secara kritis.

Namun, semua ini harus di dasari dari konsep permainan game online yang dapat memberikan penddidikan dan mengarahkan dalam hal positif. Bagi para orang tua yang memiliki anak masa pertumbuhan dari usia 5 sampai 15 tahun kini bisa menemukan sebuah sarana permainan game online yang memperkenalkan dunia pendidikan kepada anak. Kususnya untuk memberikan pendidikan betapa pentingnya hidup sehat dan bahaya narkoba bagi kehidupan mereka.

Sarana permainan game online di sediakan oleh pemeritah Indonesia, yang dalam hal ini melalui situs resmi yang di miliki oleh "DEDI". Dan bagi para orang tua dapat mengajak main bersama sambil memperkenalkan metode pendidikan dengan konsep visualisasi melalui media game online yang dapat dinikmati kapan saja.

Ada banyak jenis permainan yang dapat kita temukan dalam situs game online ini. Situs resmi Badan Narkotika Nasional ini menyandang nama (DEDI) yang kepanajangan dari "Drug Education and Drug Informastion". Di dalamnya kita akan dengan mudah memperkenalkan anak dengan segala informasi yang tidak hanya dikemas melalui tulisan, namun kita juga dapat menemukan permainan game online dari permainan yang biasa di mainkan, contohnya ;
  1. Terbang Tanpa Narkoba.
  2. Awas Narkoba
  3. Balap Kerupuk.
  4. Balap Karung.
  5. Adu Wawasan.
  6. Susun Gambar.
  7. Susun Peti.
  8. Hancurkan Narkoba.
  9. Lapor BNN.
  10. Piih-pilih makanan.
  11. Bantu Mas Dedi.
  12. Tarik Peti.
  13. Tangkap Si Peng.
  14. Tarik Tambang.
  15. Ayo Pulang.
  16. Jaga Si Peng.
  17. Perangkap.
  18. Pengantar Tahanan.
  19. Siaga Satu.
  20. Panjat Cita-cita.
Jenis game di atas merupakan jenis game online yang saya kutip dari situs resmi "DEDI" di mana situs tersebut memiliki tujuan yang sama dengan Badan Narkotika Nasional dan institusi POLRI sebagai bentuk kepedulian dalam pencegahan dan bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan anak-anak dan rumah tangga.

Melalui permainan game onlie ini, kita dapat berinteraktif dengan anak-anak lebih dekat dengan mengarahkan anak tentang bahaya narkoba, di mana banyak sekali permainan game online  di dalam situs tersebut yang bisa kita pelajari juga loh.....

Dengan game ini di harapkan agar keluarga Indonesia, dan ana-naka Indonesia menambah wawasan, dari model permainan tradisional rakyat Indonesia seperti balap kerupuk dan balap karung. Dan hal ini akan membawa kita juga sebagai orang tua yang pernah mengalami masa-masa lomba makan kerupuk, dan balap karung pada saat 17 Agustus -an ya ? he,, he,, he,,

Untuk kita dapat memainkan game online ini, tidak rubahnya seperti kita main game di media sosial lainnya, atau melalui situs-situs game online lainnya. Karena kita di haruskan melakukan regristasi melalui alamat email kita. 

Setelah kita melakukan regristasi melalui alamat email dengan mengisi data diri, maka kita langsung dapat memainkan game online ini. Cara memainkan game online -nya pun sangat mudah, karena di dalam situs DEDI kita akan menemukan panduan cara memainkan game ini secara langsung secara langsung, dengan penyampaian bahasa yang mudah di mengerti.

Melihat perkembangan teknologi yang berkembang cepat, maka lahirlah ide-ide sederhana untuk pendidikan dan pengenal drai bahayanya narkoba yang di kemas secara inofatif dari para kreator  dunia game online, saya beranggapan hal ini merupakan langkah postif,  Karena kita dapat menggunakan media situs game online sebagai media pembelajaran bersama anak.

Bila sarana permainan dan pembelajaran bagi dunia anak dan keluarga sudah mudah di dapatkan, tinggal kitalah sebagai orang tua yang dapat mengarahkan dan memanfaatkan media ini secara benar dan tepat sebagai sarana pembelajaran. Karena kita tahu bahwa betapa pentingnya penyelamatan keluarga dan generasi bangsa dari bahaya narkoba itu sendiri.

Dimana kita ketahui dari data informasi Badan Narkotika Nasional bahaya dari penyalahgunaan narkoba sudah tidak mengenal umur dan batas usia, dan golongan. Dan kita tidak melakukan pencegahan dalam bentuk pengarahan pendidikan dan permainan yang positif maka, keluarga kita akan menjadi salah satu sasaran target pasang pasar dari para sindikat narkoba yang selalu membayang-bayangi setiap hari dalam kehidupan ini.

Dengan mengenal game onlie sebagai sara edukasi anak, mereka dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka dan juga menemukan teman baru dan membentuk komunitas yang baru melalui game online ini, maka saya yakin akan banyak anak-anak Indonesia yang dapat berinteraksi dalam hal positif untuk berbagi pengalaman mereka dalam kebersamaan dalam dunia game online yang lebih positif, dalam menjadi Indonesia Bebas Narkoba pada tahun 2015 nanti. Dan tetaplah berhati-hati kepada game oline yang akan menyesatkan pemikiran anak-anak kita.




Salam,

Sumber :
Dedihumas Badan Narkotika Nasional.


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

9 komentar

wah game online ini tentunya menarik nie mas terlebih lagi ada unsur edukasinya buat anak-anak, terimakasih atas sharing infonya :)

bisa langsung di coba Mas. :D

Salam

sekarang ini memang banyak game yang bernuansa edukasi ya mas. Jadi bagus juga untuk di mainkan oleh sikecil :)

Bukan hanya anak anak saja mas.. tapi juga orang remaja ataupun yg sudah tua.. semuanya suka game online.. hehe

ternyata ada juga game online yang bermanfaat buat anak ya pak.. tapi sebaik-baiknya game harus jangan berlebihan juga.. :)

bagus juga nih game edukasi seperti ini sehingga anak-anak bisa diarahkan agar terhindar dari narkoba, makasih sharingnya mas :)

Saya baru tahu ada game online edukasi pak .. :) bisa dicoba ini .. anak saya benar2 maniak game ... :D

Game ya. Wah anak saya paling suka brmain game oNline. Terima kasih sudah memberikan masukan sekaligus peringatan buat saya. Saya akan coba arahkan anak saya untuk tidak bermain game untuk kesenangan saja tetapi juga sebagai metoda belajar. Itulah game game edukasi. Terima kasih sudah berbagi

wah
baus banget postingannya

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus