LEGENDA MITOS TENTANG KUCING DI BEBERAPA NEGARA

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/08/legenda-mitos-tentang-kucing-di-beberapa-negara.htmlLegenda Mitos Tentang Kucing Di Beberapa Negara.-  Hewan yang termasuk jenis mamalia karnivora berkaki empat, dan termasuk salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia yang menjadi hewan pilihan yang sering banyak dipelihara orang.

Muka dan tekstur tubuh serta bulu yang bagus dan unik, merupakan salah satu penyebab hewan ini sangat digemari bagi para pecinta hewan kucing. Namun, di balik keunikan dan kebagusan hewan kucing ini ada beberapa cerita legenda tentang mitos yang beredar luas di tengah-tengah masyarakat di berbagai negara tentang hewan kucing yang bisa kita temukan.

Menelisik cerita tentang legenda tentang kucing dari beberapa daerah negara yang ada di belahan dunia ini akan menjadi sebuah informasi pengetahuan yang positif dimiliki oleh hewan kucing tersebut seperti;

Cerita tentang Kucing dari Arab Saudi.
Di kawasan daerah Arab Saudi terkenal dengan cerita mitos tentang hewan kucing yang masuk ke dalam rumah sering di artikan sebagai sebuah tanda akan ada tamu yang akan datang atau bertamu ke rumah tersebut. Konon cerita ini berasal pada waktu jaman Kenabian Muhammad S.A.W, pada saa Rosulullah S.A.W berkunjung kerumah sahabat Abu Hurairah yang pertama kali menyambut kedatangan Rosulullah S.A.W bukan si pemilik rumah, namun se ekor kucing yang memberikan tanda bahwa akan ada tamu yang akan datang ke rumah tersebut.

Cerita tentang kucing dari Mesir Kuno.
Pada masa Mesir Kuno di kawasan ini hewan kucing di kenal sebagai hewan penjaga makam keluarga pharaoh sebagai wakil kepercayaan dari Oshiris atau dewa yang di Tuhankan. Konon menurut ceritanya hewan kucing inilah yang akan menghakimi orang-orang yang telah meninggal. Namun bila kita mau melihat lebih jauh cerita ini pada awalnya bersumber hewan ini sebagai salah satu hewan penjaga yang meberikan sebuah tanda kepada para prajurit bila ada orang asing yang datang ke daerah makam keluarga pharaoh dan akan membongkar makam untuk mengambil hartakarun di dalam makam tersebut, kucing ini akan bersuara, sehingga prajurit tersebut akan mencari orang yang tidak di kenal yang berada di daerah makam.

Cerita tentang kucing dari Britania Raya.
Di kawasan Brtania Raya ini hewan kucing memiliki sebuah cerita mitos, bahwa bila ada orang yang memilihara atau pun kedatangan seekor kucing maka marahabaya akan melanda dalam kehidupannya. Hal ini di sebabkan dari sebuah cerita pada jaman kepemimpinan Raja Arthur banyak warga sipil dan prajurit yang mengeluh sakit, meninggal serta cerita warganya yang sering makan malamnya dicuri dengan hewan kucing yang menjadi hewan peliharaan putra mahkota, sehingga membuat raja mengambil keputusan untuk membebaskan kucing untuk hidup liar dan mencari makan di luar istana. Sehingga cerita ini berkembang bila ada warga yang kedatangan hewan kucing, maka hidupnya akan terancam.

Cerita tentang kucing dari Yunani kuno.
Konon di kawasan Yunani hewan kucing d yakini sebagai hewan kesayangan para dewa bahkan di dewakan, bahkan seorang filsuf ternama Yunani terkenal bernama Yunani Socrates pernah merayakan hari kucing di salah satu kuil di Athena.

Cerita tentang kucing dari Cina.
Dari cerita negeri tirai bambu Cina hewan kucing ini memiliki beberapa versi yang berkembang, salah satunya adalah sebagai salah satu hewan yang dimuliakan. Konon di daerah China asalnya, dulu terdapat sebuah daerah yang sedang di landa wabah tikus yang menyerang ladang  warga yang pada saat melakukan panen di sana. Dan pada saat terjebit mereka melakukan doa kepada para dewa untuk diberikan petunjuk sebagai penghalau hama tikus tersebut, dan dewa pun memnganjurkan agar warga masayrakat tersebut mencari hewan kucing untuk dapat memangsa tikus di ladang-ladang mereka.

Cerita tentang kucing dari tanah Jawa.
Banyak versi yang berkembang cerita tentang kucing yang berasal dari tanah Jawa Indonesia, salah satu yang dapat dapat dan menarik adalah cerita tentang kucing untuk sebuah pesugihan kekayaan. Konon dari kisah cerita kucing untuk pesuguhan ini sangat di perlukan sebuah bentuk tekstur hewan kucing yang khusus, dari bentuk muka dan warnanya. Jadi tidaklah heran bila kita juga pernah mendangar bahwa hewan ini juga sering digunakan sebagai sarana ritual di beberapa daerah. namun, terlepas dari cerita itu semua kita harus pandai menyikapinya dengan logika keimanan kita kepada Tuhan yang memberikan segala bentuk rejeki dan kehidupan di atas permukaan bumi ini.

Dari banyak versi cerita legenda dan mitos tentang kucing dari beberapa negara yang ada di belahan dunia ini, kucing merupakan hewan yang di ciptakan Tuhan sebagai hewan penyemimbang siklus kehidupan dan tentu saja cerita dari beberapa legenda mitos terseut berkembang dari daya pikir  dan keadaan masayrakat pada masa tersebut.

Dan pada masa modern sekarang ini hewan kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat menyenangkan, untuk menjaga rumah sampai dengan sebagai bentuk hobi teman bermain bagi para pecinta kucing sendiri di rumah dan di setiap kesempatan sebagai hiburan. Dan dia tetap akan menjadi hewan ciptaan Tuhan yang dapat menghibur siapa saja pada saat-saat tertentu diluar dari semua cerita Legenda Mitos Tentang Kucing Di Beberapa Negara.[]





Salam,

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kucing
http://web.budaya-tionghoa.net
http://anak-berdarah-kediri.blogspot.com/2011/02/mitos-mitos-tentang-kucing.html



Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

1 komentar:

Abu Hurairah sendiri dalam bahasa Arab berari (ayah/pemilik kucing) karena konon beliau suka merawat dan memelihara kucing.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus