WISATA BUDAYA GOA JATIJAJAR KABUPATEN KEBUMEN

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/wisata-budaya-goa-jatijajar-kabupaten.htmlGoa Jatijajar adalah goa alam yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah. Goa Jatijajar merupakan tempat Objek Wisata Alam yang dapat memberikan informasi tentang suatu nilai Budaya Trasisional Indonesia.

Goa Jatijajar identik dengan sebuah legenda masyarkat Jawa Barat yaitu Raden Kamandaka (Lutung Kasarung). Karena menurut cerita legenda masyarakat yang penulis terima dari beberapa tokoh masyarakat disekitar Goa Jatijajar, Raden Kamandaka yang merupakan seorang Putera Mahkota Kerajaan Pajajaran yang bernama asli Banyak Cokro atau Banyak Cakra, pernah melakukan ritual tapa di dalam Goa Jatijajar.

Goa Jatijajar terdapat 7 (tujuh) sungai atau sendang, tetapi yang dapat dikunjungi dan dilihat oleh penulis hanyak 2 (dua) buah sendang, yaitu :


Sendang Kantil yang memilki sebuah mitos beredar sekitaran masyarakat setempat. Konon bila air sendang ini di gunakan untuk mandi atau cuci muka, maka niat atau cita-cita orang terebut mudah dikabulkan. Ini meupakan suatu mitos Sendang Kantil Goa Jatijajar yang berhasil penulis dapatkan.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/wisata-budaya-goa-jatijajar-kabupaten.html
Gambar Sendang Mawar

Sendang Mawar juga memilki cerita mitos tersendiri. Mitos Sendang Mawar Goa Jatijajar, konon jika airnya untuk mandi atau di pergunakan untuk cuci muka, maka di percaya akan berkhasiat sebagai awet muda.

Sedangkan 5 (lima) buah sendang lagi yang terdapat di dalam Goa Jatijajar tidak bisa penulis liput, dikarenakan tempatnya sangat licin dan curam serta masih terlalu alami dan sangat berbahaya untuk dikunjungi.

Di dalam Goa Jatijajar kita dapat melihat Patung Deorama yang melukiskan tentang Legenda Raden Kamandaka atau yang sering disebut Lutung Kasarung. Dimana dari setiap Objek Wisata Budaya Goa Jatijajar merupakan Objek Wisata Alam yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum untuk mengenal lebih jauh tentang legenda Raden Kamandaka.


http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/wisata-budaya-goa-jatijajar-kabupaten.html
Foto Anak Tangga Goa Jatijajar
Anak tangga menuju pintu Goa Jatijajar yang harus dilalui setiap para pengunjung. Penulis menyarankan agar pada saat kita melalui setiap anak tangga ini agar kita dapat mengontrol keadaan fisik. Karena untuk mengunjungi tempat Objek Wisata Alam Goa Jatijajar ini diperlukan kondisi fisik yang cukup sehat dan kuat.


http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/wisata-budaya-goa-jatijajar-kabupaten.html
Foto Ornamen Di Pintu Masuk Goa Jatijajar
Sebuah bangunan yang mencerminkan citra budaya tradisional Jawa yang di bangun dan ditempatkan di pintu masuk Goa Jatijajar oleh Pemda Kebumen sebagai penyambutan selamat datang kepada para wisatawan yang mengunjungi Goa Jatijajar. Di lokasi ini kita dapat mengabadikan foto gambar dengan pemandangan yang indah dan alami.




http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/wisata-budaya-goa-jatijajar-kabupaten.html
Foto Pintu Air di Lokasi Goa Jatijajar.





Pintu air yang mengatur pengairan untuk sawah penduduk sekitar Goa Jatijajar yang berasal dari Sendang atau sungai yang berasal dari Goa Jatijajar.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/wisata-budaya-goa-jatijajar-kabupaten.html
Gambar Deorama
Sebuah Deorama yang berada di dalam Goa Jatijajar, yang menggambarkan Raden Kamandaka sedang memadu kasih dengan Dewi Ratna Ciptoroso.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/wisata-budaya-goa-jatijajar-kabupaten.html
Gambar Menuju Pintu Keluar Goa Jatijajar.
Sebuah medan anak tangga yang terjam dan berbatuan yang licin karena tetesan air yang berada dalam goa menuju pintu keluar setelah kita menikmati Objek Wisata Alam Goa Jatijajar.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/12/wisata-budaya-goa-jatijajar-kabupaten.html
Gambar Di lokasi Pintu Keluar Goa Jatijajar.

Foto bersama dengan hewan merupakan suatuhal yang sangat mengasyikan yang dapat dinikmati para wisatawan setelah kita keluar melalui pintu keluar Goa jatijajar. Dan ini merupakan suatu event yang terindah untuk dilestarikan.

Jajanan pasar yang memilki ciri khas tradisional masyarakat setempat kita dapat menjumpainya di warung-warung tenda di lokasi sekitar Goa Jatijajar. Makanan yang merupakan menjadi primadona di darah ini adalah tempe mendoan.

Objek Wisata Alam Goa Jatijajar merupakan Objek Wisata yang dapat memberikan suatu kesan tersendiri bagi para wisatawan penikmat wisata alam. Karena kita bukan saja mendapatkan informasi tentang kulture budaya tradisional Indonesia melalui sebuah legenda cerita rakyat dengan mitos sebagai bumbu pelengkapnya. Namun para wisatawan dapat juga merasakan udara yang segar yang masih alami, baik untuk kesehatan paru-paru kita.

Semoga perjalanan penulis dilokasi Goa Jatijajar ini akan meberin informasi kepada para sahabat yang akan melakukan perjalanan menuju lokasi tersebut.




Salam,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

15 komentar

informatif mas tentang potensi wisata jawa tengahnya,,,btw seandainya air2 sendang itu mmg berhasiat beneran ya,,:)

@ al kahfi >>> itu hanya berupa mitos mas. Tetapi yang saya tahu dan saya buktikan air-air sendang yang ada disana berhasiat untuk mensejahterakan masyarkat disekitarnya, karena apat mengairi sawah penduduk disekitar Goa Jatijajar. Sukses selalu mas.

masih kelanjutab postingan sebelumnya ya pak?

@ Lidya - Mama Pascal >>> Benar Mba.Sukses selalu.

wah asyiik ni....
:)

jd pengen kesana...
blm pernah je...

masyaAllah
ini keren-keren~ :woot:

Saya sudah ke Goa itu berkali2 Pak...
Sayangnya, tempat wisata di Indonesia rata2 banyak sampahnya

dulu pas belajar ips penah baca Goa Jatijajar, jadi pengen ke sana. kayaknya mistis gitu ya

wah jadi ingin kesana mandi atau cuci muka biar awet muda, tapi kapan ya hehehe

info wisata yang menarik...

salam sukses... :)

menarik sekali tempat wisatanya Mas jadi kenal deh sebuah tempat menarik di Jawa

Kapan bisa kesana ya... :-?

sepertinya keren tuh wosata kesana, pasti banyak pengalamannya :)

wah bisa sambil belajar sejarah juga ya

Aku ke Goa Jatijajar saat masih duduk di bangku SMP kalau gak salah... tapi sepertinya masih sama seperti saat aku kesana dulu itu ya keadaannya?

SY pernah ke goa jatijajar kira2 14 thn yg lalu sy pernah cuci muka dikedua sendang karena airnya bersih dan karena wajah saya terasa penat biar seger saya cuci muka masalh awet muda atau keinginan terkabul tergantung dr diri kita menjaga wajah dan usaha kita memang pemandangannya bagus tp sudah banyak tangan jahil mengotori goa....entah kalo sekarang mudah2an sudah makin terawat

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus