GUNUNG BROMO DAN KEINDAHAN FENOMENA ALAMNYA

http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/gunung-bromo-dan-keindahan-fenomena.htmlGunung Bromo adalah salah satu gunung merapi yang masih aktif yang berada di tanah Jawa, Indonesia. Gunung Bromo berada di daerah Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo masih menjadi salah satu objek wisata unggulan untuk selalu di kunjungi bagi para wisatawan, apalagi dimusim liburan akhir tahun.

Banyak para wisatawan yang hadir di Gunung Bromo, mereka selalu mengabadikan fenomena alam yang dapat dilihat dan dirasakan sendiri. Menikmati pemandangan matahari terbit dari balik  sebuah gunung yang memberikan sinar alam yang menarik dan indah di pandang mata, hal ini merupakan suatu fenomena langka yang tidak dapat kita jumpai di daerah perkotaan. Banyak para fotographi amatir hingga profesional yang selalu menyempatkan diri untuk membindik kameranya kearah fenomena tersebut untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk diabadikan. Tidak jarang alam pun menjadi salah satu penghambat dalam pengambilan foto tersebut. Misalnya saja, awan sedang mendung atau pun suasana hujan turun.
http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/gunung-bromo-dan-keindahan-fenomena.html
Foto Sunrise Puncak Bromo
Namun pada saat penulis mengunjungi objek wisata Gunung Bromo di akhir tahun 2011. Penulis merasakan suasana fenomena alam yang sangat bersahabat dan memberikan penampakan yang sangat indah. Terbukti dalam kunjungan kali ini, penulis dapat merekam dan mengabadikan foto fenomena alam yang sedang tersenyum indah kepada makhluk bumi ini di sekitaran Puncak Gunung Bromo.


Gunung Bromo banyak menyajikan pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata. Objek wisata Gunung Bromo memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Lautan pasir yang menghampar di Puncak Gunung Bromo , hal ini merupakan bukti fenomena alam  yang sangat indah. Dimana terdapat bangunan Pura untuk peribadatan.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/gunung-bromo-dan-keindahan-fenomena.html

Gunung Bromo terletak di ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut.Gunung Bromo berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti Brahma atau seorang Dewa.yang utama yang terletak dalam empat wilayah Kabupaten di daerah Jawa Timur, yaitu Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Malang


http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/gunung-bromo-dan-keindahan-fenomena.html
Foto Penulis Dengan Tunggangannya.
Kita dapat mengunjungi area tersebut dengan menggunakan kendaraan Jeep atau pun berkendaraan dengan menggunakan tunggangan kuda yang disediakan oleh pengelola objek wisata Gunung Bromo oleh pemerintah daerah setempat dan masyarakat sekitar daerah Gunung Bromo.Namun pilihan ada pada diri kita. Bila kita ingin segera sampai maka kita dapat menggunakan kendaraan jeep. Dan kalau ingin sambil menikmati pemandangan dan untuk foto-foto kita dapat menggunakan kendaraan tradisional, yaitu kuda.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2012/01/gunung-bromo-dan-keindahan-fenomena.html
Foto Area Kawah Puncak Bromo

Dari kaki gunung pada hamparan padang pasir vulkanik, kita dapat menaiki setiap anak tangga menuju puncak kawah. Namun hal yang harus diperhatikan untuk bagi kita yang akan mengunjungi tempat ini.  Dikarenakan pada tahun 2010 lalu terjadi letusan pada Gunung Berapi ini., maka tempat anak tangga  sekarang sebagian tertutup oleh pasir vulkanik dari letusan Gunung Bromo, dan pada area Puncak Gunung Bromo yang terdapat kawah pagar pembatas pengaman sudah rusak. Maka disarankan para pengunjung untuk lebih berhati-hati memikirkan keselamatan bersama.

Untuk menjadi perhatian kita semua, bila kita akan mengunjungi objek wisata Gunung Bromo dan akan melihat puncak kawah Gunung Bromo lebih dekat, penulis sangat menyarankan bahwa kita harus memilki stamina fisik yang cukup bagus. Karena kita akan melalui medan yang cukup berat. Walau pun di daerah tersebut terdapat anak tangga yang dapat digunakan menuju puncak, namun kita harus benar-benar dapat mengukur kemampuan diri kita sendiri. Jangan terlalu memaksakan diri  bila sudah tidak kuat.

Salah satu Puncak Gunung Bromo yang dapat kita kunjungi dan kita lihat adalah puncak kawah Gunung Bromo. Dimana ditempat ini menurut informasi masyarakat setempat, di  kawah Gunung Merapi ini selalu di berikan sesaji sebagai tumbalnya pada saat upacara adat di daerah tersebut. Upacara adat di daerah Gunung Bromo yang dilakukan oleh masyarakat Tengger bernama upacara Kasada.Upacara Kasada selalu diadakan pada tanggal pertengahan bulan kasada di daerah Tengger Gunung Bromo ini. Bagi masyarakat awam hal ini merupakan mitos. Dalam hal ini penulis tidak akan membahas lebih jauh  tentang Upacara Kasada tersebut.

Tips mengunjungi Objek Wisata Gunung Bromo :
  1. Datang pada saat musim kemarau, namun perlu di ingat bahwa pada musim kemarau di daerah Gunung Bromo suhu pada malam hari dan pagi hari sangatlah dingin sekali. Dan kita perlu menggunakan penutup kepala dan sarung tangan.
  2. Bawalah obat-obatan dan vitamin sebagai penambah suplemen tenaga Anda dalam menyeimbangi kebutuhan kalori yang akan  terpakai di daerah dingin dengan medan yang tidak mudah di taklukkan dengan keadaan stamina fisik yang lemah.
  3. Ikutilah saran instrukur yang berada di daerah tersebut, bila Anda menggunakan tour dan travel, pililah biro perjalanan yang memiliki Tour Leader (pemandu tour) yang berpengalaman yang pernah berkunjung di tempat tersebut. Karena Anda akan merasa yaman dalam menikmati fenomena alam yang terjadi di Objek Wisata Gunung Bromo.
Bagi para sahabat yang memerlukan penginapan di daerah pegunungan Bromo, di bawah ini penulis sertakan formulir pemesanan hotel atau pun penginapan yang akan mempermudah anda untuk mendapatkan penginapan secara online. Isilah formulir di bawah ini dengan benar, maka anda akan menemukan ketersediaan kamar penginapan dan penawaran harga relatif murah untuk anda pilih sesuai keperluan anda.

Semoga perjalanan penulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang akan melakukan atau pun berkunjung di objek wisata Gunung Bromo ini.

 Manusia bukan untuk menakluki alam, namun
Kitalah yang menyesuaikan alam, agar terjadi kesinambungan kehidupan yang indah.
Agar kita tidak ditaklukkan oleh alam itu sendiri.


Salam,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

12 komentar

Luar biasa ya keindahannya .. saya pernah sekali ke sana dan tentunya berharap bisa ke sana lagi.
Trims
Salam

masyaAllah
paling suka dengan sunrise-nya

belum tercapai nih pengen liat gnung Bromo. hiks..

asalamualaikum
saya belum pernah ke gunung bromo
subhanallah indah sekali foto puncak bromo.

subahanallah..sungguh indahnya semua cpiptaan allah swt di dunia ini

kaya lebih asik Gunung Rinjani deh,soalnya pemandangan bawah'a langsung bisa liat Gili Terawangan + Sunset yang timbul dari laut

kuasa Allah dengan terciptanya gunung2 yang begitu dahsyat..
dengan itu, menyadarkan bahwa kita, manusia tidak ada apa2nya.

waaah waaah kapan ya aku bisa kesana?
#sambil ngelamun :o

tunggangan kuda ya mas
upacara kasada konon kabarnya banyak menarik perhatian wisatawan

salam dari pamekasan madura

@ yayats38 >>> Semoga dapat mengingatkan keindahan panorama alamnya Sob dengan segala daya pikatnya. Sukses selalu


@ Nurmayanti Zain >>> Alhamdulillah dan terimakasih, semoga dapat menjadikan nasehat kebaikan untuk kita semua agar kita selalu mengingat dengan yang Maha Kuasa. Sukses selalu.

@ Sang Cerpenis bercerita >>> Suatu hari nanti pasti tercapai ko Mba. Sukses selalu.

@ measuring service >>> Alhamdulillah semoga hal ini dapat menjadikan nasehat untuk kita semua. Sukses selalu.


@ Andy >>> Setiap daerah memilki ciri khas tersendiri Sob, mana mungkin di Bromo ada pantai he....x9. Sukses selalu.

@ mabrurisirampog >>> Semoga ini dapat menjadi nasehat kebaikan untuk kita semuanya ya Sob, dan sukses selalu.

@ Retno Novitha S >>> Pasti bisa nati suatu saat, dan sukses selalu.

@ Citrosblog >>> Terimakasih Sob atas pengingatnya, dan benar sekali mengenai upacara di hari kasada di dareah tengger gunung bromo. Sukses selalu a Sob !

nikmati keindahan alam yang telah disediakan olehNYA, itu semua diciptakan untuk kita. mengapa kita merusaknya......... ????
saya yakin ANDA semua tau jawabannya.

salam kenal dan salam success bersama kami.
http://sentuhanajaibpasutri.blogspot.com/

@ firdaus >>> Salam kenal kembali dan sukses selalu.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus