MENGINTIP FASILITAS RSKO CIBUBUR

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengintip-fasilitas-rsko-cibubur.html
Mengintip Kegiatan RSKO Cibubur - Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur merupakan salah satu Rumah Sakit di Jakarta yang termasuk dalam daftar Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) dan mitra dari Badan Nasional Narkotika dalam hal menangani pasien yang terkena kasus narkoba. Lokasi RSKO Cibubur Jakarta ini berada di Jalan Lapangan Tembak No. 75. Cibubur, Jakarta Timur.

Rumah sakit ini kebetulan dekat lokasi di wilayah tempat saya tinggal, dan dulunya area yang dijadikan lokasi rumah sakit ini merupakan lapangan bloa yang di kenal oelh penduduk sekitarnya di sebut dengan lapangan merah.

Letak RSKO Cibubur ini tidak jauh dengan pasar tradisional Cibubur. Dan posisinya ada di pinggir jalan, pas jalan tanjakan atau pun turunan yang menikung. Jad bagi kita yang akan mengunjungi rumah sakit ini, sebaiknya berhati-hati dalam mengendari kendaraan pada saat akan masuk area rumah sakit ini dari posisi jalan raya.

Dari informasi yang saya terima dari pihak Rumah Sakit Ketergantungan Obat Cibubur, rumah sakit ini merupakan hasil pengembangan dari RSKO Fatmawati Jakarta yang telah lebih dulu beroperasi di kawasan daerah Jakarta Selatan. Dan salah satu negara ang membantu membarikan dana dalam pembangunan dan pengembangan RSKO ini adalah Jepang. Di mana Jepang telah memberikan bantuan dana sebesar Rp 12,4 miliar untuk pembangunan RSKO Jakarta di Cibubur ini.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengintip-fasilitas-rsko-cibubur.html

Melihat dari dekat segala bentuk aktifitas di RSKO Cibubur ini ternayata rumah sakit ini tidak hanya melayani pasien yang terkena kasus narkoba saja, karena dalam papan pengumuman yang dapat dilihat oleh siapa saja di depan area rumah sakit, RSKO Cibubur juga melayani pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum juga loh.....

Memasuki ruangan dalam RSKO Cibubur Jakarta, kita akan di sambut langsung dengan ruang informasi, di sana kita akan menapatkan segala bentuk informasi tentang pelayanan informasi RSKO Cibubur Jakarta dari petugas di sana.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengintip-fasilitas-rsko-cibubur.html

Setelah melakukan perbincaangan sedikit dengan salah saorang petus di sana, saya pun mendapatkan jawaban informasi dari beberapa pertanyaan dari hasil perbincangan saya dengan salah salah seorang petugas di sana.

Informasi lebih lanjut........
Melihat lebih jauh tentang falitas pelayanan kesehatan yang tersedia di RSKO Cibubur ini kita akan mengetahui lebih banyak falitas yang akan di dapatkan bagi masyarakat dari keberadaan RSKO Cibubur ini :
  1. Instalasi Gawat Darurat. Instanlasi ini terbagi untuk beberapa yaitu : gawat darurat napza, gawat darurat jiw, dan gawat darurat umum.
  2. Instalasi Rawat jalan yang terdiri dari polikinik napza, polikinik umum, dan poliklinik spesialis.
  3. Instalasi Rawat inap di rumah sakit ini jga terdapat bebapa ruangan seperti; ruang perawatan Napza (MPE / Rehabilitasi), ruang komplikasi medik, dan ruang high care unit.
  4. Dan yang terakhir adalah ruang penunjang seperti ; farmasi, laboratirium, radiologi, rehabilitasi medik, psikososial, gizi, pendidikan dan penelitian, dokumentasi, publikasi dan domumentasi, pemulasaraan jenazah.
Sedangkan untuk polikinik spesialis RSKO Cibubur Jakarta melayni untuk ; jiwa, penyakit dalam, saraf, kebidanan dan kandungan, kulit dan kelamin, gigi dan mulut, paru.

Lanjut........
RSKO Cibubur Jakarta Timur juga memberikan pelatihan dan pendidikan dari berbagai profesi bidang pelayanan ketergantungan napza akibat gangguan yang berhubungan dengan zat penyalagunaan narkoba. Dan menjadi bagian dari jaringan internasional melalui kaloborasi badan dunia (WHO, UNDOS, UNAIDS) dalam menyusun pedoman terapi dan pelatihan serta modulnya untuk kepentingan internasional, regional dan nasional.

Lanjut informasi yang saya dapatkan.......
Bahwa RSKO Cibubur Jakarta juga menjadi nara sumber bagi pelatihan, pelayanan dan penyususnan perencanaan terapi ketergantungan npza dan HIV/AIDS. Dan hal ini juga yang menjadikan RSKO Cibubur Jakarta menjadi bagian dari sebuah jaringan pelayanan kesehatan HIV/AIDS dalam sebuah promosi, prevensi, terapi dan penelitian.

Dari meja resepsonis di sebelah kanan kita akan menemukan sebuah loket pembayan di sana. Di mana di atas dinding atau tembok terlihat sangat jelas daftar harga dari jasa pelayanan yang terdapat di RSKO Cibubur Jakarta ini. Bagi teman-teman dan pembaca dapat melihat daftar harga pelayanan di RSKO Jakarta seperti dalam photo yang ada di bawah ini.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengintip-fasilitas-rsko-cibubur.html


Dari sumber photo yang saya peroleh di depan ruang pembayaran administrasi Rumash Sakit Ketergantungan Obat Cibubur Jakarta, bisa kita lihat bahwa biaya yang harus di keluarkan bagi penyembuhan dan rehabilitasi dari para pasien penyalahgunaan narkoba tidak lah sedikit. Namun hal ini merupakan langkah terbaik bagi para korabn penyalahgunaan narkoba untuk memulihkan keadaan kembali melalui jalan rehabilitasi melalui jalur Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) di daerah masing-masing propinsi yang ada di Indonesia.

Mengintip Falitias RSKO Cibubur Jakarta ini mebuat kita lebih banyak tahu akan sebuah pusat pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut secara garis besarnya. Namun, hal yang paling lebih berharga dari pada ini semua adalah mejaga kesehatan merupakan langkah lebih penting dari pada mengobati dari penyakit apa pun. semoga informasi ini dapat membantu para sahabat dan pembaca Ejawantah's Blog lebih mengenal dekat dengan RSKO Cibubur Jakarta ini. Untuk informasi lebih jelasnya dapat menghubungi langsung pihak rumah sakit RSKO Jakarta, sesuai alamat yang tercantum di atas.





Salam,

Sumber : RSKO Cibubur, Jakarta

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

3 komentar

banyak amat fotonya mas :D

Bisa jadi bahan rujukan untuk mereka yang ingin berobat di sana

selayaknya pembangunan RSKO Cibubur yang pembangunannya ngabisin 12, 4 m menjadi manfaat tidak hanya untuk penderita Napza, tapi terutama bagi para pasien miskin minimal sekitar rumah sakit dong....kan lapangan merah tempat anak anak muda maen bola udah hilang, dan saya mah yakin ngga dibikinin pengganti lapangan bola itu kan...?

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus