EKSOTISME DARI SEBUAH GAMELAN

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/04/eksotisme-dari-sebuah-gamelan.html
Gemalan yang merupakan hasil karya tradisi dan budaya asli bangsa Indonesia yang tumbuh dan berkembang sejak lama memiliki sebuah eksotisme  tersendiri dari sebuah nilai seni. Gamelan yang juga merupakan sebuah alat musik tradisional yang selalu disajikan berkelompok dengan alat musik lainnya.

Eksotisme dari gamelan ini bila di mainkan dengan benar akan mengeluarkan sebuah getaran-getaran pada nada dan irama gamelan dengan komposisi tertentu, dan akan menghasilkan getaran-getaran jiwa secara spiritual yang dapat dirasakan bagi yang membunyikan maupun yang mendengarkan bunyi pada nada dan irama gamelan tersebut.

Gamelan juga dapat disajikan berdasarkan nada dan irama tertentu dengan komposisi musik tertentu, baik secara cepat atau pun lambat, keras atau pun lunak. Komposisi musik pada gamelan dengan nada dan irama tertentu biasa di sebut dengan gending., dan dengan gending ini manusia dapat memanfaatkan untuk mengiringi apa pun dan dan dalam suasana apa pun, seperti sedih, haru, agung, khidmat, semangat, bahagian dan lain-lain.

Komposisi gending Jawa yang dapat dipergunakan untuk mengiringi hal-hal itu seperti lancaran, ketawang, ladrang, gending, ayak-ayak, srepeng dan sampak. Getaran-getaran spiritual pada jiwa manusia yang ditimbulkan oleh bunyi musik gamelan sangat tergantung dari pengalaman penghayatan manusia terhadap nada-nada dan irama pada alat-alat musik etnik tersebut.

Menelisik dalam perjalanan keberadaannya gamelan sering di pergunakan sebagai sara komunikasi kepada masayrakat melalui dunia seni tradisi dan budaya tradisonal yang digunakan sejak lama. Dan melalui media alat seni dan tradisional gamelan ini, para seniman dapat menyalurkan bakat mereka dan menggali lebih dalam makna dan pembelajran yang terdapat dalam sebuah alat seni gamelan ini.

Bukan hanya sebagai sarana penyampaian melalui seni. Gamelan ini bila di lestarikan dan di kembangkan melalui sarana pendidikan di sekolah-sekolah, maka ia akan dapat membantu anak-anak bukan hanya mencintai seni tradisi dan budaya bangsa Indonesia, namun lebih dari itu, para generasi muda Indonesia dapat mengisi kegiatan positif setelah jam belajar.

Bila sebuah tradisi dan budaya daerah yang ada di indonesia dapat di angkat dan diperknalkan dengan para generasi muda, akan berdampak positif yang bisa di hasilkan manfaatnya lebih banyak. Mereka bukan hanya dapat menyalurkan bakat seninya, namun lebih dari itu mereka dapat ikut andil melestarikan tradisi kesenian dan budaya bangsa Indoensia yang memiliki nilai seni yang tinggi ini.

Gamelan pun bisa menjadi sebuah sarana pencegahan dari sebuah kejahatan narkoba, karena secara otomatis waku mereka dapat diisi dengan sebuah kegiatan yang positif. Serta akan memicu sebuah pengembangan seni melalui alat seni tradisional ini sebagai kegiatan kampanye pencegahan dan penyalahgunaan narkoba.

Yang menjadi pertanyaan besar bagi kita yang awam mengenai hubungan alat seni tradisional gamelan ini sebagai pencegahan penyalahan narkoba tentu bertanda tanya bukan ? Baiklah mari kita kaji lebih jauh dari manfaatnya.

Pada setiap lantunan bunyi gamelan dengan komposisi gending tertentu, gamelan bagi seseorang dapat dipergunakan sebagai sarana pengembaraan cipta, rasa, dan karsa. Pengalaman seseorang terhadap penghayatan ini memang berbeda-beda. Namun, bagi yang telah mengenal, mengetahui, dan memahami sejak lama tentu akan cepat dalam menghayatinya pada tingkat kesadaran, dimana kita dapat mengalami segala hal termasuk kesadaran dan pemahaman tentang keagungan dan kebesaran Tuhan yang merupakan zat yang paling tinggi yang berada di luar dunia manusia.

Bila kita mau jujur dan melihat lebih jauh, bahwa dari gemelan alat seni tradisional Indonesia ini tentu sudah banyak melahirkan sebuah tembang yang di dalamnya memiliki arti untuk sebuah pembelajaran yang sangat berarti untuk para generasi bangsa ini. Untuk contoh kasus seperti ini kita bisa melihat arti dan makna dari sebuah tembang Macapat yang mengajarkan kita akan sebuah aspek filosofi pesan yang mendalam untuk di kaji dan dipalajari yang terkandung dalam struktur alur dan makna rangkaian tembang tersebut.

Di mana filosofi tembang macapat yang di iringi dengan gamelan tersebut memiliki makna yang menggambarkan siklus kehidupan dari kehidupan manusia dari sebelum lahir, hidup sampai kematian. Dimana rangkaian ini semua memiliki sifat multidimensi yang bisa dipandng dari segala sudut yang menitik beratkan kepada pedoman kehidupan bagi manusia agar hidup secara teratur, berhati-hati atau eling (ingat) dan waspada, tabah menjalani kehidupan di dalam dunia nyata. Pesan yang terpenting di dalam tembang ini adalah di mana kita dalam menjali kehidupan harus tabah dan kuat bila akan tercapai segala cita-citanya. yang dalam istilah jawa disebut tata, titi, dan tutug.

Di titk inilah kita bisa merasakanhubungan antara manusia dan Tuhan melalui sara bunyi musik gamelan secara spiritual dan religius, dan kesan ini tidak dapat dihindari dari kenyataan .Menurut para pelaku seni gamlean yang sudah para sepuh di dalam area Keraton Yogyakarta yang pernah saya temukan mengatakan di dalam bunyi-bunyi gamelan tersebut terdapat "Yang Maha Gaib" yang meberi kesadaran dan pemahaman tentang keindahan dan keagungan Tuhan kepada umat manusia.

Demikian penting dan fungsionalnya bunyi-bunyi dan agung pada nada-nada dan irama gamelan kiranya dapat dipergunakan pada sebagai sarana terapi bagi mereka yang sedang dilanda kemalangan seperti pikiran stres, kecanduan narkoba dan secara umum sebagai pengaplikasian pasca rehabilitasi penangan para pengguna narkoba. yang telah mengalami ketaghan pada candu dan lain-lain.

Melalui pelatihan dan penghayatan lantunan gending-gending dari sebuah gamelan musik tradisonal manusia dapat memujutkan sikap nrima, rila, legawa, dan sabar. Di mana bunyi musik gamelan yang mengandung daya-daya spiritual yang dapat berkembang menjadi sebuah kekuatan spiritual seseorang, sehingga terjalinlah sebuah hubungan komunikasi harmoni antara seorang hamba dengan Tuhan nya.

Bila kita kaji lebih jauh satu persatu dari efek tersebut diatas adalah Nrima yang menerima suatu kejaidan yang menimpa seseorang sebagai kehendak Tuhan; rila  sikap ikhlas dan setia secara tulus di hadapan Tuhan; legawa sikap tulus ikhlas lahir dan batin di hadapan Tuhan; dan sabar sikap longgar hti yang memandang sesuatu sebagai ketentuan yang datangnya dari Tuhan merupakan sikap-sikap yang dapat dibentuk melalui menghayati isi dan makna dari sebuah musik gamelan yang menjadi sebuah alat seni tradisional bangsa Indonesia ini.

Karena di dalam setiap lantunan bunyi gamelan terdapat pengendalian dan pengelolaan terhadap terhadap cepat atau lambat, serta keras lunaknya bunyi, hal ini dapat pula diimplementasikan di dalam olah rasa atau batin.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari salah seorang pemain gamelan dari Keraton Yogyakarta mengatakan, "Bahwa penghayatan terhadap lantunan bunyi-bunyi indah dan agung yang ditimbulkan oleh alat musik gamelan merupakan usaha seseorang untuk menjalani laku".

Sedangkan pengertian laku itu sendiri adalah sebuah proses terus-menerus yang dilakukan seseorang untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Penghayatan terhadap lantunan bunyi indah, agung dan magis pada nada dan irama gamelan bisa dipandang sebagai laku puja dan puji seseorang terhadap Tuhan. Di mana kesadaran dan pemahaman manusia terhadap eksistensi Tuhan dapat berkembang dan dibentuk melalui pengalaman penghayatan ini.

Memang tidak akan pernah sama hasil dari pendengaran seseorang ketika sama-sama mendengarkan musik gamelan ini, palagi di dalamnya terdapat musik talu/patalon atau sebuah rangkaian komposisi gending yang dilantunkan pada awal pertunjukan wayang dengan nada dasar slendro nem dan manyura. Di mana musik-musik ini dapat mengatrkan jiwa dan batin para penontonnya karena di dalamnya terdapat irama yang tadinya mengalun lembut, sedang dan kemudian cepat dan keras.

Inilah yang menjadi sebuah keunikan dari sebuah alat musik gamelan tradisional Indonesia. Di mana dalam sebuah nilai tradisi dan budaya di dalamnya terdapat sebuah pembelajaran yang berfungsi sebagai pesan moral ilmu pengetahuan yang dapat langsung di rasakan bagi setiap insan yang mau mempelajarinya dengan serius.




Salam,







Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

15 komentar

yang memprihatinkan adalah semakin sedikit masyarakat kita yang bisa memainkan alat tersebut, jangan-jangan suatu saat nanti kita harus mendatangkan pelatih dari barat...

wah kalau saya aneh loh mas.. saya itu sangat senang kalau saya memainkan gamelan. tapi saya tidak suka kalau ada orang yang main gamelan, maksudnya tidak suka mendengarkan, tapi kalau saya di suruh mainin gamelan itu sendiri senangnya minta ampun deh hehehehe

dan gamelan serta gending-gendingnya itu mengundang auro mistis pak, coba kalau malam malam dengar gamelan gitu pasti merinding.
khasanah budaya leluhur yang perlu di lestarikan

bener kata pak agus, kalau sempat denger malam malam bisa bisa malah lari ya pak

Alat musik tradisional yang harus dijaga kelestariannya mengingat jaman sekarang nie sudah jarang anak-anak yang mau memainkan alat musik gamelan nie justru malah orang asing yang sepertinya antusias dengan alat musik tradisional. memprihatinkan ya mas :)

Waktu saya masih tinggal di Jawa tengah sering saya memainkan gamelan
Itu Mas Indra namaun sekarang saya tinggal di Jabar jarang juga karena sekarang
Saya pegangnya Gameran electric sperti keyboard. makasih infonya :)

Simak dan baca kembali Mas Indra. tentang gamelanya
Saya rindu sekali pulang ke Jawa dan ingin mukul
Gamelan mengenang masa lalu baca artikel ini tersa terobati
Makasih ya Mas Indra :-bd

simak dan baca kembali Mas Indra tentang gamelanya
Salam mengenang masa indah dengan gamelan saya rindu sekali Mas

Dijogja saya sering lihat ini gamelan :D Ini yang perlu dibudayakan lagi ya!

belom pernah mainin alat musik gamelan ini. hehe..
tapi wajib dilestarikan nih gamelan, aset bangsa :)

Dulu waktu duduk di bangku smp ada pelajaran karawitan,, kebetulah aku dari sunda jadi dalam mengisi pelajaran karawitan itu belajar musik gamelan

gamelan memang alat musik yang unik hasil budaya bangsa ini...bahkan ada juga yang mengkaitkan dengan hal-hal yang mistis ya mas...

Gamelan memang sangat unik. harus dilestarikan , Salam #Follbacknya juga dong :)

saya suka sekali gamelan yang ada nyanyinya, seperti di film2 zaman, ada si mbah atau si mbok yang nembang tengah malam menjelang tidur. syahdu sekali dan terasa damai

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus