MANFAAT DAN PENGARUH MAKANAN

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/06/manfaat-dan-pengaruh-makanan.htmlManfaat Dan Pengaruh Makanan. - Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia, baik untuk pertumbuhan maupun untuk energi di dalam tubuhnya. Makanan dan minuman tidak hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan fisik saja. Namun, makanan memiliki arti manfaat dan pengaruhnya dalam tubuh manusia dalam kehidupan.

Untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan, makanan sangat diperlukan terutama oleh anak-anak, remaja, ibu hamil dan menyusui. Sedangkan makanan untuk untuk orang dewasa di perlukan sebgai energi untuk bekerja, berkarya dan beribadah. Semua itu tidak bisa di pisahkan satu dengan yang lainnya. Sedangkan makanan dan minuman untuk tingkatan lansia atau lanjut usia bisa ( baca : Mengungkap Rahasia Kebutuhan Gizi Lansia ).

Makanan umumnya berbentuk padat, dan minuman berbentuk cair. Makanan yang halal adalah makanan yang dizinkan untuk dikonsumsi menurut aturan dan hukum agama tertentu, contohnya ; seperti aturan dalam agama Islam. Karena pada hakekatnya semua makanan merupakan halal kecuali yang dilarang dalam aturan agama.

Lanjut.........
Sedangkan untuk jenis makanan yang baik terkait dengan kebutuhan fisik dan kesehatan manusia yang baik adalah makanan yang memberikan cukup energi atau yang dikenal dengan nama kalori, dan mampu menjaga kesehatan dan pertumbuhan serta tidak berdampak negatif kepada kesehatan yang dapat menimbulkan penyakit, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Konon menurut ajaran dan hukum agama, makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh kita akan mempengaruhi aspek turut andil dalam membentuk sifat atau pun moral kita dalam kehidupan sehari-hari. Dan kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram akan menjauhkan seseorang dari Tuhan, seperti malas beribadah dan semakin mendekati kemaksiatan.

Sedangkan bagi yang mengkonsumsi makanan yang halal dan bergizi akan mendapatkan efek kesehatan tubuh dan yang lebih nikmat adalah kesehatan jiwa yang selalu merasakan ketentraman  dalam hidup. Dari hasil makanan dan minuman yang halal dan bergizi akan mempengaruhi pembentukan karakter kesehatan jiwa kita yang positif.

Dari aspek sains atau ilmu pengetahuan makanan dan minuman mempunyai manfaat  dan pengaruh penting bagi kehidupan manusia yang meliputi ;
  1. Manfaat dan pengaruh makanan sebagai sumber energi, dimana makanan akan dicerna dalam usus dan dibakar oleh oksigen yang diserap oleh paru-paru yang menghasilkan panas energi utnuk gerak dan kegiatan dalam kehidupan kita sehari-hari.
  2. Manfaat dan pengaruh makanan untuk pertumbuhan. Di sinilah makanan sangat penting bagi anakanak dan bayi atau janin yang masih berada dalam proses pertumbuhan. sedangkan bagi orang dewasa, makanan sangat penting sebagai pengganti sel-sel yang rusak atau yang sudah mati.
  3. Manfaat dan pengaruh makanan untuk kesehatan. Dimana makanan yang baik dapat menjaga kesehatan dan membantu proses penyembuhan penyakit. Sebaliknya, makanan yang buruk akan mengakibatkan gangguan kesehatan, bahkan menimbulkan penyakit.
  4. Manfaat dan pengaruh makanan untuk ksehatan jiwa, yang artinya makanan yang halal dan sehat akan menjadikan jiwa yang tenang dan mudah bersyukur. Adpun makanan yang bersumber dari yang haram, baik ventuk zat maupun cara memperolehnya, akan berakibat buruk bagi jiwa maupun kehidupan spiritual seseorang.
  5. Manfaat dan pengaruh makanan untuk keturunan. Baik buruknya makanan dapat berpengaruh pada keturunan, hal ini dikarenakan makanan berpengaruh pada kualitas sperma dan sel telur bagi para calon orang tuan yang akan memiliki anak.

Manfaat dan pengaruh makanan bila kita lihat secara jujur ternyata elingkupi ilmu pengetahuan yang luas, bukan hanya pentingnya nilai gizi dari makanan tersebut, namun juga dari dampak bahaya makanan yang terlalu berlebihan bila dikonsumsi dalam kehidupan sehari-sahaari.[]



Salam ,



Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

13 komentar

kembali bertambah pengetahuan dan wawasan saya tentang manfaat dan pengaruhnya pada kesehatan atas makanan yang kita konsumsi.
keren kang..rumah barunya, moga makin bejibun dollarnya

Terimakasih Kang, semoga kita dapat mengambil manfaat dari makanan yang kita konsumsi bagi kesehatan lahir dan batin kita ya Kang, trims supportnya.

Salam

dari semua uraian diatas, intinya ya makan untuk bertahan hidup ya mas.. :)

Tergantung penafsirannya saja Mba, tapi sayang kalau makan hanya cukup bisa bertahan untuk hidup mah. ha,, ha, ha,,, :D

Salam

kalo soal makanan paling tertarik saya pak ,jadi maaf hidangan artikel ini saya makan habis he he
terlebih mengenai makanan yang halal dan yang haram

sepakat..makanan haram memang membuat kita jauh dari Tuhan....,
makanlah yang halal...dan makanlah sebelum lapar serta berhentilah makan sebelum kenyang...
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

wah jangan diabisin mas, saya gak kebagian jatah makannya dong :D

Silahkan Kang, karena sekarang jarang sekali orang yang peduli dengan hal haram dan yang halal. Dan itu bila sudah menjadi makanan dan di konsumsi malah jadi penyakit ya ? ha,,,, ha,, ha,,,,


Salam

Benar kang, jadi kalau ada yang malas ibdah harus koreksi diri juga ya ? he,, he,, he,,,

Salam

Makanan jangan hanya yang enak di lidah saja namun juga enak bagi kesehatan tubuh kita.

Fungsi utama makanan adalah untuk kesehatan, jadi tidwk melulu mengacu pada enak dan tak enak ya Pak Indra. Kalau anatara enak dan sehat harus bersiteru, sehatnya lah yang harus kita pilih

Baiasanya orang suka dengan yang enak-enak, palagi kalau makan. jarang sekali terpikirkan oleh kita dari sumber makanan itu sendiri kali ya ? :D

Salam

Benar Mba, makanan kalau tidak membuat kita sehat juga rasanya kurang sempurna deh. :D

Salam

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus