TOPENG MONYET KESEDERHANAAN DALAM TRADISIONAL


Topeng monyet merupakan hiburan sirkus masyarakat. Pertunjukan ini selalu  dimainkan dengan beberapa jenis binatang, yaitu : monyet, anjing dan ular. Pertunjukan topeng monyet merupakan hiburan sirkus keliling yang sering ditawarkan oleh para team pelatih binatang dengan membawa perlatan permainannya dan hewan yang akan di pertontonkannya.


Photo by Indra Kusuma
Dalam era modern sekarang ini. Pertunjukkan topeng monyet ala tradisional pun sudah mulai terkikis atau pun ditinggalkan, dengan hadirnya para penyaji pertunjukkan topeng monyet dengan menggunakan alat musik organ, maka semakin berkuranglah para penyaji pertunjukan topeng monyet gaya tradisional. Lihatlah salah satu atraksi pertunjukan monyet yang sedang memikul sambil bergaya di depan kamera penulis. (Photo Kiri).

Topeng monyet yang menjadi penghibur masyarakat untuk yang tersaji dalam suatu konsep pertunjukan sederhana, sekarang ini merupakan suatu pemandangan yang sangat langka di tengah-tengah kehidupan kita. Namun sekarang ini kita hanya dapat menemukan sajian topeng monyet di tempat objek wisata yang mau menampung segala aktifitas mereka, dan ikut mempertahankan kelestarian pertunjukan tradisional ini.


Salam,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

13 komentar

wah emang ada pertujukan topeng moyet dengan mengunakan alat musik organ Mas :music:

wah...seronok tengok persembahan macam ni..pasti kelakar

wah monyetnya keren amat hihihi

Kadang kasihan juga sama monyetnya, seharusnya mereka kan main-main di hutan bebas..

sekarang memang sangat langka topeng monyet ini, dulu di daerah saya hampir setiap minggu suka ada topeng monyet, tapi sekarang...entah kemana...

Salam perkenalan dari kami untuk sahabat.

Topeng monyet merupakan suatu hiburan masyarakat yang murah meriah. Dab hal ini hanya dapat kita nikmati pada objek-objek wisata tertentu saja Mas.

Sukses selu

Saya malah kasihan sama monyetnya. :(
Tapi kalo monyetnya ga mau show, yang punya juga ga makan. Ujung-ujungnya monyetnya ga makan juga. Kasihan...

kalaualat musiknya organ belum pernah liat pak

@ Sofyan >>> Saya pernah bertemu dengan pertunjukan topeng monyet dengan alat musik organ, namun hal in masih jarang Kang. Sukses selalu.


@ Yatie Awang >>> :D Benar Mba, ini merupakan hiburan rakyat murah meriah di tempat kami. Dan ini juga ada di tempat obyek wisata yang selalu menampilkan seni pertunjukan tradisional ini. Sukses selalu.


@ Sang Cerpenis bercerita >>>


@ giewahyudi >>> Bila kita melihat dari sudut kaca mata seperti itu maka sirkus besar pun juga demikian Sob. namun, hal ini kita dapat melihat sebagai hiburan untuk rakyat kecil yang murah meriah sebagai penghibur dunia anak-anak. Sukses selalu.

@ Dadan Darmawan >>> :D Benar Mas, kelangkaan dunia hiburan rakyat seperti ini sekarang sudah sulit sekali kita temui. Sukses selalu.


@ Masatours Anwarsejati >>> Salam kenal kembali Sob dan sukses selalu.


@ Harmony Magazine >>>> :) Untuk itulah perjuangan dari pada para pemain dalam mendapatkan uang dalam menghibur juga sangat diperlukan kreatifitas yang tinggi disini Sob. Sukses selalu.


@ Lidya - Mama Pascal >>> :) Saya pernah lihat beberapa kali ada yang menggunakan alat musik organ ko Mba, dan kelihatan lebih berinovasi dalam hal menghibur masyarakat. Sukses selalu.

tapi saya gak bisa ketawa kalo lihat topeng monyet, yang ada malah sedih..

kalau alatnya semakin modern, tentu tarifnya akan semakin mahal

lama tidak melihat topeng monyet di daerah saya mas

salam dari pamekasan madura

kalau di daerah saya namanya ronggeng monyet,, ini budaya hiburan sekaligus pekerjaan .

sekarang kayaknya topeng monyet sedang dikritik karena dicap menyiksa hewan.

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus