Mengenal Jenis Tanaman Ganja

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html
Mengenal Jenis Tanman Ganja - Tanaman ganja memiliki nama latin Cannabis Sativa atau Cannabis Indica. Tanaman ini merupakan tanaman perdu liar yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub tropis seperti ; Indonesia, India, Nepal. Thailand, Laos, Kamboja, Colombia, Jamaica, Rusia bagian selatan, dan Korea. (Baca : Mengenal Sejarah Ganja Dan Solusinya)

Tanaman ganja dikenal dengan nama lain mariyuana, atau sering di sebut dengan nama gele atau cimeng di kalangan anak-anak remaja dan dewasa. Dan tamana ini memiliki zat yang mengandung kadar THC tinggi yang bisa membuat orang mabok bagi yang mengkonsumsinya dan orang-orang yang berada di sekitarnya yang terhirup asap atau udara dari pembakaran ganja tersebut.

Semua bagian dari tanaman ganja ini mengandung kanabiod psikoaktif delta-9-tetra hyndrocannabinol atau Delta 9 THC.  Dan untuk kadar THC yang tertinggi pada tanaman ganja ini berada pada pucuk tanaman betinanya yang sedang berbunga. Tumbuhan ini diolah dengan cara mengeringkan daun, batang, dan bijinya. Ganja kering biasnya terdiri atas campuran daun (+/- 50 %), ranting (+/- 40%) dan bijinya (+/-10%).

Dari informasi Badan Narkotika Nasional tumbuhan ini memiliki kandungan zat narkotika yang memabukan, dari pengakuan para tersanga pengedar narkoba dan ganja ; tanaman ini biasanya dipotong, dikeringkan kemudian digulung menyerupai roko. Pemakaian ganja sebagain besar dengan cara dibakar lalu dishisap asapnya atau dicampur dengan roko.

Lanjut keterangan informasi yang saya terima dari Badan Narkotika Nasional......
Untuk beberapa wilayah daerah Indonesia seperti Aceh, Medan, dan Padang untuk kawasan daerah tersebut dikenal tanaman ganja ini sebagai bahan campuran makanan dan minuman sebagai bumbu tambahan pada masakan khas mereka.

Walaupun penyalahgunaan ganja tidak menyebabkan ketagihan secara signifikan akan tetapi ganja merupakan salah satu pintu gerbang menuju pemakaian narkoba lain yang jauh lebih berbahaya, dan hal ini telah di atur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dari informasi yang saya dapatkan dari pusat informasi Rumah Sakit Ketergantungan Obat di kawasan Cibubur Jalan Raya Lapangan Tembak, Jakarta Timur, bahwa bagi pemakai ganja akan mengalami efek yang akan dialami dirinya, baik itu dalam bentuk fisik dan kejiwaan.

Efek yang ditimbukan dari penyalahgunaan ganja atau cannabis kepada si pemakainya :
  1. Si pemakai ganja akan cendrung merasa lebih relax atau santai.
  2. Menimbulkan rasa euforia atau happy dan mudah tertawa tanap sebab akibat.
  3. Menimbulkan rasa perjalanan waktu yang sangat lama dia rasakan oleh pemakainnya.
  4. Menimbulkan persepsi jarak yang terganggu.
  5. Menimbulkan efek sering berfantasi kepada para penggunanya.
  6. Menimbulkan selera makan yang tinggi.
  7. Menimbulkan denyut nadi yang bertambah cepat dari yang normal.
  8. Menimbulkan suhu badan yang meningkat.
  9. Menimbulkan kering pada muliut dan tenggorokan.
  10. Dan bola mata akan terlihat memerah dan nampak turun.
 Sedangkan untuk penggunaan dosis tinggi dan tidak terkontrol pada ganja akan mengkibatkan efek ;
  1. Ilusi (Khayalan)
  2. Delusi (terlalu menekankan pada keyakinan yang tidak nyata)
  3. Depresi (mental tertekan)
  4. Kebingungan.
  5. Aliensi (keterasingan)
  6. Halusinasi.
  7. Adakalanya meninggalkan gejala psikotik yang ditandai oleh rasa ketakutan dan agresifitas.
Sedangkan dampak pada pengguna ganja akan mengalami gangguan fungsi fisik secara teratur dan berkepanjangan seperti ;
  1. Radang Paru-paru.
  2. Iritasi dan pembengkakan saluran nafas.
  3. Memperburuk aliran darah koroner dan menimbulkan serangan nyeri dada.
  4. Daya karsinogenik (zat penyebab kanker) yang lebih tinggi dari pada tembakau.
  5. Menekan produksi lekosit sehingga menurunkan daya kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.
  6. Menurunkan kadar hormon pertumbuhan, tiroksin (hormon kelenjar gondok) dan hormon kelamin baik pada laki-laki maupun perempuan.
Sedangkan untuk gangguan secara psikis bagi pengguna ganja secara teratur dan berkepanjangan akan mengakibatkan ;
  1. Menurunkan kemampuan berfikir.
  2. Menurunkan kemampuan membaca, berbicara, dan berhitung.
  3. Mengganggu fungsi psikomotor, gerakan menjadi lamban.
  4. Kecenderungan menghindari kesulitan dan menganggap enteng masalah.
  5. Tidak memikirkan masa depan.
  6. Sindrom amotivasional (tidak memiliki semangat juang).

Tanaman Ganja ini cukup hidup subur di sekitar daerah perbukitan yang memiliki ketinggian 1,000 meter di atas permukaan laut. Melihat kondisi letak geografis dan daerah Indonesia yang memiliki kawasan yang luas dengan dataran tinggi seperti ini, maka bagi teman-teman tidak ada salahnya untuk mengenal jenis tanaman ganja dengan bentuknya.

Hal ini agar kita dapat tercegah kena dampak akan aturan pemerintah Indonesia yang telah di tetapkan dalam Undang-Undang Nomor.35 Tahun 2009 ini tentang Narkotika yang di dalamnya mengatur bentuk pasal yang mengetahui keberadaan dari tanaman ganja ini bila tidak melapor kepada instansi pemerintah terkait dalam hal ini seperti POLRI dan Badan Nasional Narkotika.

Di bawah ini adalah beberapa bentuk jenis tanaman ganja yang bisa kita kenali dari bentuknya :

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html

Di atas terbuat adalah tanaman ganja yang tumbuh di kawasan daerah Sumatera. Tanaman ini tumbuh di kawasan perbukitan dan berada di luar atau di ladang tanpa di dalam ruangan.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html

Tanaman tersebut di atas memiliki nama Big Bud dan termasuk jenis tanaman ganja unggulan, dengan bunga yang indah dan dapat hidup di dalam ruangan.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html

Tanaman tersebut di atas merupaka tanaman ganja dari jenis Ice, Bentuk daunnya mirip daun yang mengkristal, dan termasuk jenis pohon ganja yang terkenal di dunia.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html

Tanaman tersebut di atas termasuk jenis tanaman ganja dengan nama "Nothern Light". Keunggulan dari tanaman ganja yang satu ini adalah mudah di tanam, dan mudah tumbuh di dalam ruangan. Saat ini tanaman ini sedang masuk dalam penelitian untuk kesehatan.

Gambar tersebut di atas merupakan jenis tanaman ganja dengan nama New Tork Diesel. Tanaman ganja ini tidak bisa hidup di lokasi daerah tropis, namun dai bisa hidup di dalam ruangan. Untuk pertumbuhannya tanaman ganja ini bisa tinggi +/- 4 kaki di dalam ruangan, sedangkan untuk di luar ruangan tanaman ini bisa mencapai +/- 12 kaki.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html

Jenis tanaman ganja di atas memiliki nama "Lowryder" dan termasuk jenis tanaman ganja yang berukuran mini atau kecil. Untuk jenis tanaman ini perkembangbiakannya hanya membutuhkan waktu 2-3 minggu, dan dapat menghasilkan bunga pada hitungan 30 - 45 hai. Tanaman ini dapat hidup di daerah mana saja.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html

Tanaman ganja tersebut di atas dikenal di kalangan dunia internet memiliki jenis nama "Blueberry", hal ini disebabkan tunaman ini bila di konsumsi rasanya sama dengan bluebarry. Untuk pertumbuhannya tanaman ganja ini akan bagus di luar rumah, namun sangat dibutuhkan perhatian khusus untuk merawatnya.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html


Tanaman ganja tersebut di atas dikenal dengan nama "AK-47", namun sampai saat ini mencari sebab musabab tanaman ini dinamakan Ak-47 saya belum menemukannya. Dan tanaman ganja ini sangat baik tumbuh di area luar dan di dalam ruangan.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html

Tanaman ganja tersebut di atas tidak rubahnya dengan jenis tanaman ganja lainnya yang dapat hidup di area luar ruangan. Nama jenis tanaman ganja ini adalah "Purpel Power". Tanaman ini membutuhkan matahari untuk pertumbuhannya yang cukup.

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-tanaman-ganja.html

Dan untuk tanaman ganja yang terakhir adalah "Afgan". Entahlah kenapa namanya seperti salah satu nama artis top Indonesia. Yang unik dari tanaman ganja jenis ini, pada saat akan di panen, tanaman ini mengeluarkan aroma bensin (bahan bakar yang biasa di pakai kendaraan) di sekitarnya.  Diluar efek memabukan tanaman ganja ini diketahui sebagai obat pereda penyakit insomia dan nyeri kronis.

Itulah beberapa jenis dari tanaman ganja yang bisa dita kenal dari bentuk pohonnya. Walau kita sering mendengar nama ganja, dan tahu tanaman tersebut merupakan tanaman terlarang dan di atur dalam Undang-Undang Pemerintah Indonesia.

Dengan mengenal jenis tanaman ganja walau hanya sebagian jenis saja, semoga hal ini dapat membantu teman-teman untuk dapat melakukan pencegahan kepada anak, keluarga dan kerabat untuk tidak menyalahgunakan tanaman ganja. ( Baca : Cegah Penyalahgunaan Narkoba Sedini Mungkin )

Mengenal jenis tanaman ganja dan efeknya sedini mungkin, hal ini dapat membantu diri kita untuk menghindari dari hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di dalam keluarga kita dan lingkungan terdekat. Bila hal kedapatan anggota keluarga kita terkena dan menjadi penyalahgunaan ganja, sebaiknya segera lakukan penyelamatan kepada mereka untuk melaporkan diri kepada Institusi Penerimaan Wajib Lapor bagi para pengguna narkoba. Hal ini berfungsi sebagai salah stau upaya kita menyelamatkan generasi bangsa Indonesia yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika seperti ganja, untuk menjadikan Indonesia Bebas Narkoba.






Salam,


Sumber :
1. Rumah Sakit Ketergantungan Obat, Cibubur, Jakarta.
2. Badan Narkotika Nasional.
3. id.Wikiepedia.org
3. http://www.didunia.net/2012/08/jenis-jenis-tanaman-ganja-di-dunia.html



Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

12 komentar

wah, cantik tanaman ini, ya? Tapi efeknya itu loh, ngeri banget, hehe...

perlu juga dikenal nih pak siapa tahu ada yang nanam dekat rumah maklum rumah masih dekat hutan pak

Berarti yang cantik belum tentu baik ya mas ? He,, he,, he,,,
Semoga bermanfaat ya mas. Minimal kita jadi tahu bentuk tanaman-tanaman ini. :D

Salam,

Benar Bang, karena efeknya bila sudah kena di badan itu yang tidak enak banget. Semoga bermanfaat ya Bang :D

Salam,

ternyata jenisnya banyak juga ya, saya kira cuma satu doang jenisnya, info nya menarik banget Mas :)

ngeri deh bahasannya bang hehe tapi sangat informatif sebagai ilmu agar menjadi satu langkah pencegahan bang hehe

kok agak mirip sama tanaman putri malu ya? Duh, nih tanaman subur banget tapi efeknya negatif :|

Waaah ngeri lihatnya... hehe

ternyata jenis tanaman ganja itu ada banyak ya pak.. semoga dengan mengetahui informasi ini kita menjadi enggan untuk dekat2 dengan tanaman ini.. :)

sebaiknya ganja tidak disalagunakan ya mas karena dampaknyaburuk bagi masa depan manusia

jenisnya bnayak banget
jangan sampe...megang lagi deh...

waw ada tanaman REGGAE nih :D

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus